Jadi Pengingat Kita Kepada Allah SWT, Ini 8 Tanda-Tanda Kiamat Kubra

Bantu kita terhindar dari hal-hal buruk akhir zaman

Jadi Pengingat Kita Kepada Allah SWT, Ini 8 Tanda-Tanda Kiamat Kubra

Tanda-tanda kiamat kubra berupa kerusakan dan kebinasaan merupakan hal yang sangat mengerikan. Mengimani kiamat kubra adalah bagian dari rukun iman yang harus kita ketahui sebagai umat Islam.

Kiamat atau hari akhir dibagi menjadi dua, kiamat sugra dan kiamat kubra. Kiamat sugra bisa dirasakan oleh manusia sejak dini dalam bentuk bencana alam atau kematian. 

Sedangkan kiamat kubra belum tahu kapan hari akhir akan datang. Namun, ada beberapa tanda-tanda kiamat kubra yang bisa diketahui melalui kitab suci Al-Quran dan hadis. 

Rasulullah SAW pernah bersabda, 

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya: "Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya, asap, dajjal, binatang besar, matahari yang terbit dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam Alaihisalam, adanya Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi yang ada di timur, barat, dan Semenanjung Arab, serta api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan membuat manusia ke Padang Mahsyar mereka." (HR. Muslim).

Kemudian, apa saja tanda-tanda kiamat kubra? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Munculnya dukhan atau asap di Timur dan Barat

Salah satu tanda kiamat kubra yaitu dengan munculnya asap yang menyelimuti bumi selama 40 hari. Jika asap tersebut mengenai orang yang beriman, maka ia akan merasakan sakit, seperti pilek. Namun, jika asap tersebut mengenai orang kafir, maka ia akan merasakan sesak dan keluar cairan pada bagian kuping. 

إنَّ ربَّكم أنذرُكم ثلاثًا : الدُّخانُ يأخذُ المؤمِنُ كالزُّكْمَةِ ، ويأخذُ الكافرُ فينتفخُ حتَّى يخرُجَ من كلِّ مَسْمَعٍ منهُ ، والثَّانيةُ الدابَّةُ ، والثَّالثةُ الدَّجَّالُ

Artinya: Dari Abu Malik Al Asy’ari radhiallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Rabb kalian memperingatkan kalian dari tiga hal: asap yang jika mengenai orang Muslim maka mereka merasakan seperti pilek, sedangkan jika mengenai orang kafir maka mereka akan sesak nafas dan keluar cairan dari kuping mereka, kemudian yang kedua munculnya dabbah dan yang ketiga munculnya dajjal." (HR. Thabrani, dihasankan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya, 7/235).

Adapun firman Allah SWT yang menjelaskan tentang dukhan.

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ

Artinya: "Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut/asap yang nyata." (QS. Ad-Dukhan: 10) 

2. Munculnya dajjal ​​​​​​​

Tanda-tanda kiamat kubra lainnya adalah di hari akhir dajjal akan turun ke muka bumi. Ia hadir membawa fitnah besar yang akan merenggut keimanan seseorang, sehingga banyak orang akan mendengar suaranya, menjadi pengikutnya dan berpaling dari Allah SWT. 

Turunnya dajjal ditandai dengan beberapa tanda-tanda. Yakni, dengan ujian musim kemarau yang mengakibatkan kelaparan, serta tidak turunnya hujan selama tiga tahun berturut-turut yang membuat pepohonan musnah dan hewan ternak mati. 

Adapun ciri-ciri dajjal yang telah diberitahu Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yakni sebagai berikut.

إِنِّى قَدْ حَدَّثْتُكُمْ عَنِ الدَّجَّالِ حَتَّى خَشِيتُ أَنْ لاَ تَعْقِلُوا إِنَّ مَسِيحَ الدَّجَّالِ رَجُلٌ قَصِيرٌ أَفْحَجُ جَعْدٌ أَعْوَرُ مَطْمُوسُ الْعَيْنِ لَيْسَ بِنَاتِئَةٍ وَلاَ جَحْرَاءَ فَإِنْ أُلْبِسَ عَلَيْكُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ

Artinya: “Sesungguhnya dajjal adalah seorang laki-laki, pendek, jarak antara kedua betisnya berjauhan, keriting, buta sebelah, mata yang terhapus tidak terlalu menonjol, tidak pula terlalu ke dalam, maka jika dia melakukan kerancuan (mengaku sebagai Rabb) kepadamu, maka ketahuilah sesungguhnya Rabb kalian tidak buta sebelah.” (HR. Abu Dawud)

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here