Adanya ponsel pintar dan internet memang diharapkan bisa mempermudah aktivitas kita sehari-hari. Sesuatu yang tradisional seperti mencatat di atas kertas dan merekam menggunakan perekam suara, kini bisa digantikan oleh satu perangkat saja yang mudah kita bawa kemana-mana. 

Berkirim pesan pun kita juga semakin dimudahkan dengan aplikasi saja. Salah satu aplikasi percakapan yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia adalah WhatsApp.

Kini WhatsApp terus berinovasi untuk memanjakan para penggunanya. Salah satu inovasinya yang terbaru adalah kita memungkinkan mengirim pesan WhatsApp tanpa mengetik. Simak cara mengirim dan membalas chat Whatsapp tanpa mengetik berikut ini.

1. Pertama, pastikan aplikasi Google Assistant sudah terpasang di ponsel kamu. Jika belum ada, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di PlayStore atau AppStore

Mengirim Chat Whatsapp Tanpa Perlu Mengetik, Ini Caranya!

2. Kalau sudah terpasang, ubah pengaturan bahasa menjadi Bahasa Indonesia. Kemudian buka aplikasi dan katakan "Ok Google, kirim WhatsApp" di Google Assistant. Maka, secara otomatis, Google Assistant akan membalas ucapanmu dengan kalimat berikut ini

Mengirim Chat Whatsapp Tanpa Perlu Mengetik, Ini Caranya!

3. Sebutkan nama kontak yang ingin kamu kirimkan pesan. Lalu sebutkan lagi pesan apa yang ingin kamu kirimkan. Jika sudah, Google Assistant akan mengonfirmasi kembali apakah pesannya sudah benar sebelum ia mengirimkan pesan tersebut

Mengirim Chat Whatsapp Tanpa Perlu Mengetik, Ini Caranya!

Meski memudahkanmu dan memungkinkanmu untuk nggak lagi mengetik pesan di WhatsApp yang ingin kamu kirimkan, namun kelemahan fitur ini adalah kita harus benar-benar menyebutkan setiap kata dengan sangat jelas. 

Sebab, jika salah sedikit atau ada gangguan sedikit saja, Google Assistant akan memberikan nomor kontak yang salah atau pesan yang salah pula. Untuk menggunakan fitur ini pastikan kamu berada di lokasi yang sepi dan Google Assistant bisa mendengar suaramu dengan jelas.

Itulah cara mengirim atau membalas pesan Whatsapp tanpa harus mengetik menggunakan Google Assistant. Penasaran untuk segera mencobanya bukan?

Baca Juga: WhatsApp Web Akan Bisa Diakses Tanpa Harus Tersambung ke Ponsel