Di paruh kedua tahun 2021 ini, akan ada dua lagi film Disney Marvel yang akan tayang di bioskop, Bela. Salah satu yang paling ditunggu adalah film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings, yang mengisahkan tentang awal mula lahirnya superhero Shang-Chi.

Bagi penggemar Disney Marvel di Asia, film ini sangat ditunggu dan spesial. Sebab, Shang-Chi menjadi superhero Marvel pertama yang berasal dari Asia. 

Akan tayang mulai 22 September 2021 di bioskop Indonesia, berikut deretan fakta menarik tentang Shang-Chi yang wajib kamu tahu. Apa saja?

Shang-Chi diangkat dari karakter Marvel yang rilis di tahun 1970-an

Superhero Asia Pertama, 7 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Shang-ChiMarvel.fandom.com

Shang-Chi merupakan salah satu karakter terbaru yang masuk ke dalam MCU di fase ke-4 ini. Karakter Shang-Chi sendiri, dibuat oleh Marvel Comics pada tahun 1973 di komik Marvel Special Edition.

Munculnya tokoh Shang-Chi terinspirasi oleh masuknya komunitas Tiongkok ke Amerika Serikat pada tahun 70-an. Saat itu, hadirnya Bruce Lee dalam beberapa film yang menampilkan banyak adegan bela diri menggunakan Kung Fu, menjadi dasar munculnya karakter Shang-Chi.

Tim kreatif Marvel yang dipimpin oleh Kevin Feige dan Jonathan Schwartz merasa tertarik sekaligus tertantang saat melihat kisah dan karakter yang ada dalam komik tersebut. Keduanya lalu memutuskan untuk mengangkat kisah dari karakter Shang-Chi dengan sentuhan baru yang segar, agar tetap relevan dengan keadaan masa kini.

Shang-Chi terhubung dengan Iron Man

Superhero Asia Pertama, 7 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Shang-ChiDok. Disney Marvel

Bukan Marvel namanya jika tidak menghubungkan satu superhero dengan superhero lainnya dalam sebuah kisah yang saling berkaitan. Maka dari itu, munculah Marvel Cinematic Universe (MCU) yang memungkinkan semua superhero memiliki hubungan tertentu.

Dalam film ini, karakter Shang-Chi digambarkan sebagai sosok yang memiliki hubungan langsung dengan organisasi Ten Rings, sebuah organisasi misterius yang dahulu terlibat dalam penculikan Tony Stark di film Iron Man pertama.

Sosok di balik organisasi tersebut akhirnya terungkap dan dikenal sebagai The Mandarin dalam film Iron Man 3, yang dirilis pada tahun 2013. Akan tetapi, di akhir film tersebut para penggemar dikejutkan dengan fakta bahwa The Mandarin hanyalah tokoh palsu yang diperankan oleh seorang aktor bayaran bernama Trevor Slattery.

Melalui film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings ini, para penonton akan diajak untuk melihat kembali sejarah serta tokoh di balik organisasi Ten Rings sebenarnya, yaitu Xu Wenwu, yang ternyata merupakan ayah Shang-Chi. 

Wah, semakin rumit, ya!

Suguhkan berbagai elemen unik yang terinspirasi dari budaya Asia

Superhero Asia Pertama, 7 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Shang-ChiDok. Disney Marvel

Selain memperkenalkan superhero terbaru dari MCU, Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings juga menyuguhkan berbagai elemen unik yang terinspirasi dari berbagai budaya khas Asia. Seperti seni bela diri Kung Fu, Wushu, Hong Quan, Muay Thai, Silat, Krav Maga dan Jiu-Jitsu.

“Tujuan kami adalah untuk menghormati betapa besarnya seni bela diri di dalam dunia perfilman. Semua orang di balik film ini memiliki rasa hormat yang mendalam terhadap seni bela diri tersebut. Maka, setiap adegan pertarungan, menceritakan sebuah kisah yang unik tentang karakternya masing-masing," ungkap sang sutradara Destin Daniel Cretton seperti dikutip dari rilis yang diterima Popbela.

Petualangan penuh aksi Shang-Chi dalam menghadapi masa lalunya ini menyuguhkan sebuah kisah yang autentik dengan karakter yang multi-dimensional. Selain itu, film ini juga menampilkan perpaduan unik antara budaya seni bela diri yang melegenda dan kehidupan modern masyarakat Asia-Amerika.

Karena hal inilah yang menjadikan Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings sebuah sajian spesial yang tak terduga, inspiratif dan terasa dekat dengan nilai-nilai masyarakat
Asia.

Dibintangi oleh deretan aktor-aktris Asia berbakat

Superhero Asia Pertama, 7 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Shang-ChiDok. Disney Marvel

Dalam film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings, hampir mayoritas tokoh utamanya dibintangi oleh aktor-aktris keturunan Asia. Bahkan, demi menampilkan kesan Asia yang nyata, Disney Marvel juga menyoroti komunitas Asia yang tinggal di San Fransisco. Seperti menampilkan kawasan pecinan, bagaimana orang Asia bertahan hidup di tengah gempuran modernitas Amerika, hingga status sosial warga Asia di Amerika Serikat yang bisa begitu berbeda satu dengan lainnya.

Film ini dibintangi oleh Simu Liu (Shang-Chi), Awkwafina (Katy), Michelle Yeoh Jiang Nan, Tony Leung (Xu Wenwu), Fala Chen (Leiko Wu) dan Meng'er Zhang (Xu Xialing). 

Didominasi bahasa Mandarin

Superhero Asia Pertama, 7 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Shang-ChiDok. Disney Marvel

Satu hal yang sangat membuat Popbela terkesan oleh film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings ini adalah usaha Disney Marvel untuk benar-benar menghadirkan budaya Asia dalam film. Bukan hanya dari pemilihan aktor yang didominasi keturunan Asia, namun bahasa yang digunakan dalam film pun didominasi oleh Bahasa Mandarin.

Bahasa Mandarin dipilih karena mengacu pada lokasi kejadian yang kebanyakan dilakukan di kawasan Asia. Maka dari itu, bahasa ini digunakan agar kesan Asia lebih terasa.

Sebelum filmnya rilis, Simu Liu sempat viral karena menjadi model stok foto berbayar

Awal September 2021, menjelang film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings rilis, beredar foto-foto lama dari sang pemeran utama, Simu Liu. Bukan sembarang foto, Bela. Simu Liu langsung menjadi bulan-bulanan warganet dan sosoknya viral karena pernah menjadi model untuk foto-foto di foto stok berbayar.

Dalam wawancara yang dilakukan Simu Liu dengan Petapixels.com, aktor kelahiran 19 April 1989 ini mengatakan saat itu dirinya terjebak utang yang cukup banyak, sehingga pekerjaan apapun akan ia lakukan demi melunasinya. Salah satu pekerjaan yang ia ambil saat itu adalah menjadi model untuk foto-foto di stok foto berbayar, dengan bayaran hanya US$120 (setara dengan Rp1,7 juta) tanpa royalti. Itu artinya, setiap satu foto dengan model Simu Liu terjual, ia tak mendapatkan bayaran apapun lagi.

Simu Liu mengatakan saat itu yang ia pikirkan hanyalah mendapatkan uang dengan cepat dan langsung menanda tangani kontrak tanpa membacanya dengan jelas. Sampai saat ini, jika kamu mencari foto di Getty Images dengan kata kunci "Asia person", kamu akan mendapati foto-foto dengan wajah Simu Liu di dalamnya.

Siapa sangka, dari model foto di Getty Images, kini Simu Liu telah bertransformasi menjadi aktor besar dengan bayaran yang fantastis. Di tahun 2020 saja, Simu Liu telah memiliki pendapatan bersih sebesar US$150 juta (setara dengan Rp2,13 miliar). 

Sinopsis Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings

https://www.youtube.com/embed/8YjFbMbfXaQ

Kisah Shang-Chi (Simu Liu) dalam film ini dimulai saat hidupnya di San Fransisco yang tenang diusik oleh sekelompok pembunuh bayaran yang berusaha merampas liontin pemberian mendiang ibunya.

Serangan tersebut membuat Shang-Chi dan sahabatnya, Katy (Awkwafina), harus meninggalkan hidup mereka di San Fransisco dan pergi menuju Macau untuk menemui adik Shang-Chi, Xialing (Meng'er Zhang), untuk memperingatkannya tentang ancaman yang akan datang tersebut.

Seiring perjalanannya, Shang-Chi harus kembali menghadapi masa lalu yang telah lama ia tinggalkan. Ketika ia kembali masuk dalam lingkaran organisasi Ten Rings yang misterius, ia menyadari bahwa ia harus segera menghentikan ayahnya.

Itulah tadi fakta menarik tentang Shang-Chi and The Legends of The Ten Rings. Film ini sudah bisa kamu saksikan di bioskop mulai Rabu ini, 22 September 2021. Catat tanggalnya, ya!

Baca Juga: Pesona Para Pemeran Film 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings'

Baca Juga: Serial Marvel 'Hawkeye': Pemeran, Tanggal Rilis, Hingga Plot Cerita

Baca Juga: Marvel Rilis Jadwal 10 Film Baru di Trailer Fase 4 yang Keren!