Berita pada tanggal (12/3) pagi cukup mengejutkan. Tom Hanks memberikan pernyataan sekaligus konfirmasi bahwa ia dan istrinya, Rita Wilson, positif tertular virus corona. Ia kini sedang diobservasi dan diisolasi di salah satu rumah sakit di Australia.

Tom Hanks dikenal sebagai aktor senior yang aktingnya tak perlu diragukan lagi. Puluhan judul film telah ia bintangi dan tak jarang film tersebut menjadi salah satu Box Office. Berikut ini deretan film Tom Hanks terlaris yang wajib kamu tonton. Apa saja, ya?

1. Toy Story (1995)

https://www.youtube.com/embed/rNk1Wi8SvNc

Toy Story seri pertama yang rilis tahun 1995, menduduki peringkat ke sepuluh film terlaris yang pernah dibintangi Tom Hanks. Dengan biaya produksi sebesar US$ 30 juta, box office film ini mencapai US$ 373,5 juta, lho.

Film ini berkisah tentang mainan Andy yang hidup saat tak ada manusia. Sang pemimpin mainan, Sheriff Woody (Tom Hanks) merasa tersaingi saat ada mainan baru yang lebih menarik perhatian Andy.

2. Cast Away (2000)

https://www.youtube.com/embed/qGuOZPwLayY

Film Cast Away arahan sutradara Robert Zemeckis adalah film terlaris Tom Hanks sepanjang kariernya. Dengan biaya produksi sekitar US$ 90 juta, jumlah pendapatan kotor yang berhasil diraih secara global senilai US$ 429,6 juta.

Film yang dibintangi Tom Hanks, Helen Hunt, dan Nick Searcy ini mengisahkan cerita Chuck Noland (Tom Hanks), yang berusaha bertahan hidup di sebuah pulau tak berpenghuni di kawasan Pasifik, akibat kecelakaan pesawat.

3. Cars (2006)

https://www.youtube.com/embed/WGByijP0Leo

Tom Hanks juga memberikan suaranya dalam film Cars, lho. Ayah dari empat anak ini, menjadi cameo dalam mengisi bagian suara Woody Car. Film animasi garapan Pixar tersebut merupakan salah satu film Tom Hanks terlaris dengan pendapatan sekitar US$ 462,2 juta.

4. Saving Private Ryan (1998)

https://www.youtube.com/embed/9CiW_DgxCnQ

rilis tahun 1998, Saving Private Ryan merupakan film terlaris pada masanya. Mengambil kisah nyata Perang Dunia II, film arahan sutradara Steven Spielberg ini meraih pendapatan sebesar US$ 481,8 juta.

5. Angels and Demons (2009)

https://www.youtube.com/embed/GPaAwbveFLg

Film yang menuntut Tom Hanks berperan sebagai profesor Universitas Harvard ini, sempat mendapat sorotan akibat ceritanya yang dinilai menyudutkan salah satu keyakinan. Bahkan, Angels and Demons dilarang diputar di Samoa.

Meski demikian, pendapatan yang berhasil diraih film ini terbilang tinggi, yakni US$ 485,9 juta, sementara biaya produksinya hanya US$ 150 juta.

6. Toy Story 2 (1999)

https://www.youtube.com/embed/xNWSGRD5CzU

Film produksi Pixar ini juga merupakan film terlaris pada masanya. Meski biaya produksinya hanya US$ 90 juta, namun pendapatan yang berhasil diperoleh, lebih dari lima kali lipatnya atau sebesar US$ 497,4 juta.

7. The Simpsons Movie (2007)

https://www.youtube.com/embed/HRV6tMR-SSs

Tom Hanks juga pernah menjadi cameo, dalam The Simpsons Movie. Berdurasi sekitar 87 menit, film ini meraih pendapatan sebesar US$ 527,1 juta.

8. Forest Gump (1994)

https://www.youtube.com/embed/XHhAG-YLdk8

Forest Gump merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Winston Groom. Keunikan plot film ini, membuat Forest Gump menjadi film klasik yang legendaris. Sehingga tidak heran jika berhasil meraih pendapatan sebesar US$ 677,9 juta atau 12 kali lebih besar dari biaya produksinya.

9. The Da Vinci Code (2006)

https://www.youtube.com/embed/lfqHb6INj3w

Bersama Audrey Tautou dan Ian McKellen, Tom Hanks mendapatkan peran utama dalam film yang diadaptasi dari novel karya Dan Brown. film yang dibuat menjadi trilogi ini, mendapat banyak sensor di berbagai negara. Namun, tampaknya justru membuat publik kian penasaran.

Buktinya, The Da Vinci Code menduduki peringkat pertama Box Office Amerika, seminggu pertama sejak pemutaran perdananya dengan pendapatan kotor US$111 juta. Untuk total pendapatan kotornya saja, secara global mencapai US$758,2 juta, lho!

10. Toy Story 3 (2010)

https://www.youtube.com/embed/JcpWXaA2qeg

Toy Story 3 adalah film terlaris pertama Tom Hanks, lho! Pendapatannya mencapai US$ 1,067 miliar. Jumlah ini lima kali lipat dari biaya produksinya. Toy Story 3 berkisah tentang Andy yang sudah beranjak kuliah. 

Dari semua film Tom Hanks di atas, yang mana yang ingin kamu tonton ulang, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dari artikel yang pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Aktingnya Selalu Keren, Ini 10 Film Terlaris Tom Hanks" .

Baca Juga: Tom Hanks dan Rita Wilson Positif Mengidap Virus Corona