Bela, kini ponsel bukan hanya sebagai alat komunikasi. Lebih dari itu, smartphone telah 'naik' ke level berikutnya, yakni sebagai pelengkap OOTD kamu. Maka dari itu, ponsel dengan casing polos sudah mulai berganti dengan casing penuh motif dan tekstur. 

Tidak hanya casing, Bela, performa ponsel juga tak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, kini semua kegiatan mengandalkan smartphone sebagai penunjangnya. Mulai dari berbelanja, sekolah, hingga masuk ke dalam mall pun kini perlu menggunakan smartphone.

Menjawab kebutuhanmu akan smartphone yang tahan lama sekaligus stylish, realme C30 hadir di pasar Indonesia pada pertengahan tahun 2022 ini. Penasaran dengan ponsel ini, Bela? Simak review selengkapnya berikut ini.

Smartphone entry-level paling stylish dengan body vertical stripe

Review: Beraktivitas Digital Seharian dengan Baterai Kuat realme C30Popbela.com/Niken Ari

Satu hal yang langsung menarik perhatian Popbela adalah desain Vertical Stripe Design-nya. Dari semua ponsel flagship dengan harga satu jutaan, hanya realme C30 yang menawarkan desain super stylish ini.

Hadir dengan Vertical Stripe Design baru yang memiliki ketipisan 8.5mm, realme C30 menggabungkan pengalaman visual dengan rasa nyaman saat digenggam. Ponsel realme C30 tersedia dalam 3 warna menarik, yakni Lake Blue, Bamboo Green dan Denim Black. Popbela beruntung bisa mencoba warna Bamboo Green yang simple, tapi tetap terlihat elegan.

realme C30 menampilkan Vertical Stripe Design baru, tampilan halus dari tekstur yang tertata rapi yang mencerminkan keanggunan akan desain bergaris. Berkat desain bodi yang yang tipis dan desain bergaris di bagian belakang, realme C30 punya build quality yang baik.

Soal body, realme C30 adalah smartphone tertipis di segmen harganya. Karena ukurannya ini, realme C30 sangat halus dan nyaman untuk digenggam. Dengan mengoptimalkan struktur internal smartphone, bodi smartphone dibuat tipis hingga akhirnya mencapai ketebalan hanya 8.5mm.

Performa tangguh, kuat buka beberapa aplikasi sekaligus

Review: Beraktivitas Digital Seharian dengan Baterai Kuat realme C30

Coba cek ponselmu saat ini, Bela. Ada berapa aplikasi penting yang kamu gunakan setiap harinya? Mulai dari WhatsApp, Zoom, Google Meet, Calendar, Gmail, Spotify, Netflix, PeduliLindungi, hingga TikTok, semua menjadi aplikasi wajib yang setiap hari kamu buka. Dengan begitu banyaknya aplikasi yang kamu butuhkan, tentu kamu wajib memiliki ponsel dengan performa terbaik agar semuanya berjalan maksimal.

Smartphone realme C30 ditenagai Unisoc, anak perusahaan Unigroup yang berkinerja tinggi, telah muncul sebagai satu-satunya perusahaan Tiongkok yang memasok chip 5G. Dalam proses tender terbesar yang pernah dilakukan oleh operator seluler nasional pada awal Agustus, Unisoc juga menjadi pemenang terbesar kedua dalam proses tender modul 5G China Mobile, setelah Qualcomm. Berarti Unisoc telah memperoleh 10% pangsa pasar global sebagai empat vendor prosesor smartphone teratas dunia.

realme C30 membawa prosesor Unisoc T612 yang kuat, menjadikannya terbaik di segmennya, mencetak skor 224.233 pada benchmark AnTuTu. Prosesornya memiliki arsitektur octa-core 12nm yang memiliki clock speed hingga 1,82 GHz dan mengadopsi struktur Cortex A75 untuk performa dan Cortex A55 untuk efisiensi, menghadirkan kinerja yang kuat dan stabil untuk realme C30. Selain delapan inti CPU, SoC ini mengandung beberapa komponen. Di antaranya adalah GPU Mali-G57, ISP tiga inti, dan tentu modem 4G.

Review: Beraktivitas Digital Seharian dengan Baterai Kuat realme C30Crast.net

Smartphone realme C30 juga dibekali dengan UFS 2.2, yakni teknologi memori flash terbaru yang dapat memberikan kecepatan baca dan tulis data 3 kali lebih cepat daripada eMMC 5.1. Sebagian besar kompetitor hanya menggunakan memori UFS 2.2 pada model kelas menengah ke atas, sementara realme menggunakannya dalam segmen harga entry-level di realme C30.  

Secara teori di atas, realme C30 lebih dari cukup untuk menjalankan tugas-tugas harian seperti seperti browsing, membuka aplikasi media sosial, berkirim pesan di aplikasi WhatsApp, hingga memutar lagu atau video. Jarang banget, kan, ada ponsel dengan harga sejutaan tapi begitu powerful dan nggak mudah nge-lag?

Layar luas bikin puas

Review: Beraktivitas Digital Seharian dengan Baterai Kuat realme C30Techradar.com

realme C30 menghadirkan layar full-screen mini-drop berukuran 16,5 cm/6,5 inci, yang mampu memberikan pengalaman lebih baik dalam menonton video di layar besar. Rasio screen-to-body juga mencapai 88,7%. Semakin tinggi rasio screen-to-body, semakin luas tampilan di bagian depan smartphone, semakin imersif juga ketika menonton film minim gangguan visual. Tampilan layar realme C30 masih cukup tajam, terutama pada menu dan saat digunakan untuk browsing

Resolusi HD+ malah mempunyai sisi positif pada konsumsi daya yang irit, ditambah dengan kecerahan yang cukup walau digunakan di bawah sinar matahari. Touch sampling rate realme C30 bisa mencapai hingga 120Hz sehingga responsivitasnya cukup baik, walau harganya sejutaan.

Dengan layar yang luas ini, beragam kegiatan bisa kita lakukan dengan maksimal. Mulai dari nonton serial drama favorit, main game, hingga mengikuti kelas online, semuanya bisa dilakukan dengan minim gangguan.

Kapasitas baterai besar dan awet

Review: Beraktivitas Digital Seharian dengan Baterai Kuat realme C30Choosyourmobile.com

realme C30 memiliki baterai besar 5000mAh yang dapat terus memutar audio selama 102 jam. Menurut pengujian realme Lab, realme C30 bisa bertahan selama 45 hari dalam keadaan siaga.

Dengan mode Ultra Saving, realme C30 akan mengaktifkan pengaturan hemat daya yang lebih agresif. Bahkan pada daya rendah, memungkinkan kamu untuk mempertahankan fungsionalitas dasar smartphone dengan menjalankan enam aplikasi yang paling kamu butuhkan.

Melalui modulasi frekuensi CPU, penyesuaian backlight, dan pengaturan lainnya, serta pengaturan penghematan daya yang ditargetkan untuk aplikasi tertentu, konsumsi daya sistem dapat dikurangi, dan masa pakai baterai ponsel dapat diperpanjang. Ultra-Saving Mode dapat mendukung standby hingga 45,37 jam dengan daya hanya 5%. Jadi, masih ada waktu sampai kamu mencari colokan untuk mengisi dayanya.

Berdasarkan hasil lab realme, Ultra Saving Mode memungkinkan realme C30 dapat digunakan selama 1,55 jam untuk chatting melalui WhatsApp, 2,35 jam menelepon dan 4,03 jam mendengarkan Spotify hanya dengan baterai 5%.

Kapasitas baterai yang besar ini, tentu cukup untuk berkegiatan digital seharian, tanpa repot membawa powerbank atau mencari colokan. Praktis banget, kan, Bela?

Kamera 8MP dengan AI, bikin konten jadi semakin mudah

Review: Beraktivitas Digital Seharian dengan Baterai Kuat realme C30Dok. realme

Berbicara soal smartphone tak lengkap rasanya jika tak membahas kamera. realme C30 membawa kamera utama beresolusi 8MP dengan tambahan kemampuan AI dan lampu flash yang dapat menyajikan akses mudah bagi pengguna untuk mengambil gambar yang cukup baik. Tambahan filter pada kamera realme C30 memudahkan kamu dalam berkreasi memotret keseharian dan membagikannya melalui pesan instan.

Untuk kamu yang senang membuat konten, ponsel realme C30 cukup mumpuni untuk mendampingi kamu. Mulai dari membuat video pendek, hingga Instagram Story, semuanya bisa kamu lakukan dengan ponsel ini.

Harga realme C30

Review: Beraktivitas Digital Seharian dengan Baterai Kuat realme C30Dok. realme

Dengan spesifikasi yang cukup powerful dan baterai yang tahan lama ini, smartphone realme C30 nggak akan bikin kantong jebol. Untuk seri 2GB + 32GB dibanderol dengan harga Rp1.449.000 dan 4GB + 64GB dengan harga Rp1.749.000.

Siap memilikinya, Bela?

Baca Juga: Review: Ubah TV LED Biasa Jadi Smart TV dengan realme Smart TV Stick

Baca Juga: Review: Maksimalkan Momen Ramadan dengan Performa Terbaik realme C35

Baca Juga: 5 Hal Keren dari realme 9 Pro Series x HELIOT EMIL di Pekan Mode Paris