Bekerja dari rumah atau work from home kini menjadi gaya hidup yang baru semenjak pandemi melanda. Itu artinya, rumah yang awalnya digunakan sebagai istirahat dan berkumpul bersama keluarga, bertambah satu lagi fungsinya. Yakni, sebagai tempat bekerja.

Supaya lebih produktif, ruang kerja harus dibuat senyaman mungkin karena kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di sana. Mulai dari mebel hingga cat dinding, pemilihannya harus dipikirkan matang-matang agar tercipta ruang kerja yang nyaman.

Jika kamu ingin merenovasi ruang kerja agar lebih fresh, berikut rekomendasi warna cat dinding yang bisa kamu pilih. 

1. Abu-abu

Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang KerjaDecoist.com

Abu-abu pada ruang kerja dapat menghadirkan kesan profesional. Sehingga, saat kamu melakukan virtual meeting, tampilan background ruanganmu dapat mendukung penampilan kamu.

Bukan hanya abu-abu, kamu bisa menggunakan warna turunannya sebagai cat dinding ruang kerja. Misalnya, abu-abu muda yang dipadankan dengan merah bata atau oranye, akan menghasilkan kesan semangat. Atau, abu-abu kebiruan yang menghadirkan kesan dingin akan membuatmu lebih produktif.

2. Ungu

Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang KerjaHGTV.com

Pilihan selanjutnya untuk warna ruang kerja adalah ungu. Warna ini merupakan warna meditatif yang dapat memberikan kesan menenangkan. Selain membuat tenang, warna ungu juga dapat meningkatkan kreativitas kamu, lho.

Jika mungkin ungu terlalu gelap untukmu, kamu bisa mengombinasikannya dengan warna lain. Seperti, abu-abu atau putih. Gabungan warna tersebut dapat membuat ruangan terkesan luas dan lega.

3. Biru tua

Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang KerjaHouseandhome.com

Sama seperti abu-abu, warna biru tua (navy) juga dapat memberikan kesan profesional yang hangat pada ruangan. Selain itu, dari sisi psikologis, biru tua dapat memacu kreativitasmu, sehingga kamu menjadi lebih produktif dan tenang saat menyelesaikan masalah pekerjaan kantor.

Warna biru tua ini dapat kamu aplikasikan secara keseluruhan di ruang kerja. Atau, kamu bisa memilih biru tua hanya pada aksen furnitur saja.

4. Hijau

Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang KerjaBlog.bloglovin.com

Selanjutnya, warna yang cocok untuk ruang kerjamu adalah hijau. Warna hijau di sini bukanlah hijau terang, melainkan yang lebih kalem, atau sage. Warna natural ini sangat cocok diaplikasikan pada ruang kerja karena dapat memberikan kesan menenangkan. Sehingga, sepadat apa pun pekerjaanmu, warna hijau ini dapat menetralisir rasa penatmu.

Supaya lebih mendapat kesan natural, padukan warna hijau dengan perabotan bermaterial kayu atau lantai parkit.

5. Biru teal

Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang Kerjahousebeautiful.com

Biru teal merupakan perpaduan antara warna biru dan hijau. Atau biasa disebut dengan warna laut. Meskipun sedikit gelap, warna biru teal ini tetap menghadirkan kesan profesional untuk ruangan.

Jika kamu adalah sosok yang santai, warna ini cocok dengan kepribadianmu. Sebab, meskipun santai, warna biru teal juga dapat meningkatkan produktivitas karena kesan menenangkan.

6. Kuning

Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang KerjaHouzz.com

Warna kuning menjadi salah satu warna yang dapat mendatangkan energi positif. Energi ini tentu dibutuhkan saat bekerja karena dapat meningkatkan produktivitas.

Namun, untuk ruang kerja, jangan memilih warna kuning terang. Sebab, warna tersebut cukup silau, sehingga dapat membuat mata lelah. Pilih kuning muda yang kalem, atau mendekati putih. Warna tersebut lebih menenangkan 

7. Putih gading

Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang KerjaBettaliving.co.uk

Jika putih terlalu mainstream untukmu, kenapa tidak mencoba putih gading sebagai warna cat untuk ruang kerjamu? Putih gading tetap memberikan kesan bersih dan lembut, sekaligus penetral rasa stres yang melanda saat pekerjaan sedang padat.

Selain itu, putih gading juga cocok diaplikasikan pada ruang kerja dengan ukuran minimalis. Sehingga, menghasilkan kesan lebih luas pada ruangan.

8. Merah

Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang KerjaDecoist.com

Kesan powerful dan hangat akan kamu dapatkan dari ruangan berwarna merah. Kamu juga akan mendapatkan semangat tambahan dengan warna ini jika diaplikasikan di ruang kerjamu.

Namun, supaya nggak terlalu berlebihan, warna merah dapat kamu aplikasikan pada satu dinding saja. Kombinasikan dengan putih agar seimbang. Jika tidak ingin menggunakan warna merah pada dinding, kamu bisa memasukan warna merah pada perabotan atau lukisan.

9. Cokelat kopi susu

Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang KerjaDuitang.com

Warna cokelat kayu memang dapat menghadirkan kesan natural dan netral pada ruangan. Namun, warna tersebut seringkali terlihat kuno dan gelap. Jika kamu menyukai warna cokelat dan ingin mengaplikasikan pada ruang kerja, pilih warna cokelat kopi susu atau tan.

Warna netral ini akan menghadirkan kesan minimalis dan modern pada ruangan. Selain itu, warna ini juga termasuk universal yang dapat kamu kombinasikan dengan beragam material furnitur.

10. Hitam

Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang KerjaDigsdigs.com

Meski terkesan suram, namun hitam banyak dipilih sebagai warna cat dinding pada ruang kerja. Coba saja perhatikan kantor-kantor start-up, kebanyakan dari kantor tersebut memilih hitam sebagai dominasi ruangan. 

Warna ini dipilih karena terkesan modern, artistik dan clean. Namun, kamu harus pintar memilih paduan warna lainnya dan material furniturnya. Sebab, jika salah memilih, ruangan hitammu akan terlihat suram.

Itulah tadi rekomendasi warna cat dinding yang cocok untuk ruang kerja. Kira-kira, kamu akan menggantinya dengan warna apa, nih?

Baca Juga: 8 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Hadirkan Aura Positif

Baca Juga: Menurut Feng Shui, 7 Warna Kamar Tidur Ini Membawa Energi Positif

Baca Juga: 10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!