Mengisi waktu luang bisa dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari membaca buku, melakukan hobi, hingga menonton film atau serial. Berbicara soal menonton film, saat ini sudah banyak platform menonton yang bisa kamu pilih. Tema film yang dihadirkan pun beragam, mulai dari action, horor, drama, hingga anime.

Untuk kamu yang memang sedang mencari referensi tontonan baru, anime bisa kamu pilih sebagai tontonanmu di waktu luang. Sama dengan film pada umumnya, anime juga memiliki genre beragam, salah satunya bergenre romantis.

Anime romantis dipilih karena selain kisahnya yang ringan, kamu pun juga akan terbawa suasana dengan jalan ceritanya. Mau mencoba menonton anime? Berikut Popbela punya tujuh rekomendasi film anime romance yang wajib kamu tonton.

1. Clannad

7 Rekomendasi Anime Romantis yang Wajib Kamu TontonIMDB.com

Anime yang satu ini mengisahkan kehidupan remaja SMA bandel bernama Tomoya. Perlahan kehidupan Tomoya yang berantakan menjadi lebih baik ketika ia bertemu dengan Nagisa, gadis manis anak dari penjual roti. Melihat kelembutan Nagisa dan Tomoya selalu diterima baik di tengah keluarganya, Tomoya pun akhirnya jatuh hati dan melakukan apa saja untuk mendekati Nagisa. Termasuk nggak melanjutkan sekolah saat lulus dan mencari pekerjaan demi menikahi Nagisa.

2. Kimi No Na Wa

7 Rekomendasi Anime Romantis yang Wajib Kamu TontonIMDB.com

Anime romantis yang satu ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Mitsuha Miyamizu bosan dengan kehidupannya sendiri dan berharap dapat berubah menjadi laki-laki di kehidupan selanjutnya. Entah bagaimana ceritanya, suatu hari Mitsuha terbangun dan mendapati dirinya telah bertukar tubuh dengan seorang laki-laki bernama Taki Tachibana. Mitsuha dan Taki pun selalu berinteraksi dengan banyak cara, mulai dari SMS hingga surat. Sampai suatu hari, Mitsuha menghilang bersamaan dengan komet yang diramalkan akan melewati desanya.

3. Shigatsu wa Kimi no Uso

7 Rekomendasi Anime Romantis yang Wajib Kamu TontonIMDB.com

Sejak ibunya meninggal dunia, Kousei Arima secara perlahan kehilangan kemampuan bermain pianonya. Ia tidak lagi dapat mendengar denting piano meskipun secara medis, pendengarannya normal dan baik-baik saja. Kousei mulai meninggalkan pianonya karena hal itu mengingatkannya pada sang ibu. Sampai akhirnya ia bertemu dengan Kaori, pemain biola yang sangat ekspresif. Hadirnya Kaori membawa semangat baru bagi Kousei. Ia mulai berlatih pianonya kembali tanpa menyadari ada maksud lain di balik kebaikan Kaori.

4. 5 Centimeters per Seconds

7 Rekomendasi Anime Romantis yang Wajib Kamu TontonIMDB.com

Anime romantis yang satu ini memiliki beberapa season yang setiap season-nya berkisah di latar waktu yang berbeda. 5 Centimeters per Seconds berkisah tentang perjuangan sepasang sahabat yang saling jatuh cinta untuk bertemu kembali setelah berpisah sekian lama. Takaki Tōno dan Akari Shinohara sadar bahwa keduanya saling jatuh cinta namun karena keadaan, keduanya harus sama-sama memendam perasaan agar mereka tidak tersakiti satu sama lain.

5. Ao Haru Ride

7 Rekomendasi Anime Romantis yang Wajib Kamu TontonIMDB.com

Anime romantis selanjutnya berjudul Ao Haru Ride. Anime ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Yoshioka Futaba. Saat SMP, Futaba secara tidak sengaja bertemu dengan Tanaka Kou di sebuah kuil saat sedang berteduh. Di sanalah Futaba dan Tanaka berkenalan sampai akhirnya mereka memutuskan untuk berjumpa di festival musim panas. Sayangnya, Tanaka tidak pernah datang dan menghilang entah kemana. Sampai akhirnya, tiga tahun kemudian, secara tidak sengaja Futaba mengulang kejadian serupa. Ia berteduh di sebuah kuil dan bertemu kembali dengan Tanaka.

6. Sukitte Ii Na Yo

7 Rekomendasi Anime Romantis yang Wajib Kamu TontonIMDB.com

Mei Tachibana, seorang gadis SMA yang biasa saja dan tidak pernah punya teman dekat atau pacar selama 16 tahun hidupnya. Karena masa lalunya yang kelam, ia pernah secara tidak sengaja menyakiti Yamato Kurosawa, anak laki-laki paling keren dan populer di sekolahnya. Entah mengapa Mei sering bertemu dengan Yamato secara nggak sengaja beberapa kali. Hal ini membuat Yamato tertarik dengan Mei dan berusaha menjalin persahabatan dengan perempuan itu. Yamato semakin jatuh cinta dan dengan beragam cara ia berusaha melindungi Mei dari para penguntit, termasuk berpura-pura menciumnya.

7. Anohana

7 Rekomendasi Anime Romantis yang Wajib Kamu TontonIMDB.com

Anime romantis yang terakhir berjudul Anohana. Anime ini menceritakan seorang hantu bernama Menma yang ingin sekali permohonannya terwujud. Untuk mewujudkan permohonannya tersebut, Menma meminta bantuan teman lamanya sekaligus laki-laki yang dulu disukainya, bernama Jintan. Kepada Jintan, Menma meminta tolong untuk mengumpulkan teman-teman lamanya agar keinginannya cepat terwujud. Masalah datang saat Jintan mengakui bahwa kini ia dan teman-temannya sudah tidak lagi akrab layaknya masa sekolah dulu.

Itulah beberapa rekomendasi film anime romance terbaik pilihan Popbela. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: 10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masa