Di masa pandemi seperti saat ini, salah satu perangkat yang paling banyak diburu adalah air purifier. Sebab, menurut hasil penelitian Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, air purifier memiliki high-efficiency particulate air (HEPA) yang dapat menyaring udara sekaligus membunuh virus. 

Apakah kamu sedang mencari air purifier atau penjernih udara? Berikut beberapa rekomendasi merk air purifier HEPA Filter dan harganya untuk rumahmu.

1. Samsung Air Purifier AX60R

Bisa Tangkal Virus di Udara, Ini 8 Rekomendasi Air PurifierDok. Samsung Indonesia

Samsung Air Purifier AX60R menjaga kualitas udara di rumah tetap bersih dan aman dengan sistem penyaringan berlapis. Dimulai dari penyaringan partikel debu berukuran besar, disusul filter Deo Karbon yang membuang gas berbahaya, lalu terakhir, filtrasi HEPA dengan filter debu yang dapat menyaring partikel hingga sekecil 0,3 mikron dan menangkap hingga 99,97 persen debu yang ekstra halus.

Kamu pun dapat mengontrol kualitas udara dalam ruangan dari bagian rumah lain dengan aplikasi SmartThings yang bisa kamu instal di smartphone. Sehingga, kamu memiliki udara segar dalam ruangan saat kamu kembali ke ruangan tersebut.

Harga: Rp3.599.000

2. Modena Air Purifier AP 6034 SKY

Bisa Tangkal Virus di Udara, Ini 8 Rekomendasi Air PurifierDok. MODENA

Air purifier Modena AP 6034 SKY memiliki clean air delivery rate 550 m3/h, sehingga dapat mencakup area seluas 60 m3. Perangkat ini cocok diletakkan di ruang tamu, dapur, atau kamar tidur untuk membersihkan udara dari virus dan polusi.

Canggihnya, Modena AP 6034 SKY merupakan perangkat Modena berbasis IoT (Internet of Things) yang dapat kamu kendalikan menggunakan aplikasi yang ter-install di smartphone. Sehingga, kamu tidak perlu repot menyalakannya secara manual dan dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Harga: Rp4.800.000

3. Mi Air Purifier 2H

Bisa Tangkal Virus di Udara, Ini 8 Rekomendasi Air PurifierDok. Xiaomi

Mi Air Purifier 2H dari Xiaomi, memiliki fitur-fitur yang dapat menjawab kebutuhan pengguna akan udara bersih di dalam ruangan. Terutama karena Mi Air Purifier 2H memiliki teknologi tiga tahap penyaringan udara dengan True HEPA filter yang dapat mengeliminasi 99.97% partikel halus hingga 0,3 mikron, termasuk PM2.5 (partikel yang sangat kecil, berukuran hanya 3 persen dari diameter rambut manusia), asap, debu rumah
tangga, bulu hewan peliharaan, jamur, serbuk dan partikel berbahaya lainnya.

Mi Air Purifier 2H juga memiliki peningkatan CADR (Clean Air Delivery Rate) lebih dari 260 m3 udara bersih per jam, untuk ruangan dengan luas hingga 31 m2. Perangkat ini cocok digunakan di ruang manapun, termasuk kamar tidur, karena memiliki fitur night mode yang menghasilkan suara sangat pelan sehingga tidak mengganggu kenyamanan tidur.

Mode otomatis pada Mi Air Purifier 2H berfungsi secara cerdas, yaitu mampu menyesuaikan kecepatan kipas secara otomatis berdasarkan kualitas udara secara real time, dengan dilengkapi sensor suhu dan kelembapan.

Para pengguna juga akan mendapatkan kemudahan dan kenyaman pengaturan jarak jauh dengan menggunakan smart assistance yang terkoneksi dengan Mi Air Purifier 2H melalui
aplikasi Mi Home yang juga mendukung Google Assistant dan Alexa. Hal ini memungkinkan pengguna langsung merasakan kualitas udara segar ketika memasuki ruangan, karena telah mengaktifkan Mi Air Purifier 2H.

Harga: Rp1.999.000

4. Dyson Air Purifier TP04

Bisa Tangkal Virus di Udara, Ini 8 Rekomendasi Air PurifierDok. Dyson

Mempunyai jangkauan osilasi yang luas, Dyson Air Purifier TP04 memiliki empat pilihan pengaturan jangkauan osilasi yaitu 45˚, 90˚, 180˚ dan 350˚ yang memungkinkan tower dapat bergerak dari samping ke samping untuk memperluas jangkauan distribusi udara bersih yang dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna.

Backward mode merupakan salah satu keunggulan dari Air Purifier TP04, teknologi ini dapat menjernihkan udara tanpa harus menghembuskan angin ke arah depan. Cocok untuk di cuaca atau di ruangan yang dingin karena pengguna dapat menikmati udara bersih tanpa harus khawatir suhu terasa lebih dingin.

Menggunakan 2 filter penyaringan udara yaitu HEPA Filter dan Filter Karbon Aktif, Dyson Air Purifier TP04 mampu menjernihkan udara yang dapat menyaring dan menghilangkan
99.97% racun dan bau di udara, sehingga kamu dapat merasakan hasilnya dengan menghirup udara yang bersih dan segar.

Harga: Rp2.499.000

5. Mi Air Purifier 3C

Bisa Tangkal Virus di Udara, Ini 8 Rekomendasi Air PurifierDok. Xiaomi

Secara spesifikasi, Mi Air Purifier 3C memang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, Mi Air Purifier 2H. Namun, secara spesifikasi ada perbedaan mencolok yang membuatnya lebih unggul meskipun harganya lebih murah.

Mi Air Purifier 3C memiliki kipas di bagian atasnya yang memungkinkan perangkat menyaring udara 360 derajat. Di bagian depannya, terdapat layar yang menjadi indikator kualitas udara di ruangan tempat perangkat diletakan. Jika lampu indikator berwarna merah, maka kualitas di ruangan sangat buruk. Perlahan lampu akan berubah menjadi hijau seiring dengan dinyalakannya air purifier yang menandakan kualitas udara sudah jauh lebih bersih.

Harga: Rp1.799.000

6. LG PuriCare 360° Air Purifier

Bisa Tangkal Virus di Udara, Ini 8 Rekomendasi Air PurifierTrendtech.id

LG PuriCare 360° Air Purifier memiliki sistem penyaringan udara Safe Plus Filter dan Ionizer. Lewat fitur ini, memungkinkan perangkat membersihkan partikel debu mikro dan allergen. Bukan cuma itu, LG PuriCare 360° Air Purifier juga memiliki deodorization filter yang dapat menghilangkan bau tak sedap.

LG PuriCare 360° Air Purifier juga dibekali dengan indikator lampu yang dapat memberikan informasi mengenai kualitas udara dalam ruangan.

Harga: Rp16.990.000

7. Sharp Air Purifier KI-L80Y-T

Bisa Tangkal Virus di Udara, Ini 8 Rekomendasi Air PurifierSharp.id

Rekomendasi air purifier terakhir adalah Sharp Air Purifier KI-L80Y-T. Perangkat ini memiliki fitur Deodorizing Filtration yang digunakan bersama dengan filter HEPA. Sehingga, dapat menyaring partikel debu sekaligus menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan.

Kamu yang sering menggunakan AC di ruangan, Sharp Air Purifier KI-L80Y-T bisa menyeimbangkan kelembapan. Hal ini membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan sejuk.

Harga: Rp8.090.000

8. Amway Athmosphere Sky

Bisa Tangkal Virus di Udara, Ini 8 Rekomendasi Air Purifieramway.sg

Mengklaim telah dilengkapi dengan filter tingkat HEPA yang lebih baik, Amway Atmosphere Sky Air Purifier dapat menghilangkan partikel sekecil 0,0024 mikron dengan efisiensi satu lintasan 99,99 persen. Muncul dengan filter 3 in 1 yang mencakup lapisan pra-filter untuk menangkap serat dan rambut yang lebih besar di udara, filter partikulat mampu menangkap partikel yang lebih kecil, seperti PM2.5, PM 0.1, bakteri dan virus umum. Lapisan filter karbonnya mampu menghilangkan bau dan gas rumah tangga. Atmosphere Sky memiliki CADR 220 m3/jam dan dapat dikontrol menggunakan aplikasi pendamping - Atmosphere Connect.

Harga: Rp19.000.000

Itulah tadi rekomendasi merk air purifier pintar HEPA filter yang bisa jadi pilihan kamu. Kira-kira kamu tertarik membeli yang mana, nih?

Baca Juga: Bikin Semakin Canggih, 10 Rekomendasi Produk Smart Home dan Harganya

Baca Juga: Menjadi Merek Terbaik 2021, 7 Mesin Cuci Ini Awet dan Hemat Listrik

Baca Juga: 11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesia