Tanggal 17 Agustus setiap tahunnya selalu ditunggu. Pada momen inilah, masyarakat Indonesia kembali mengenang peristiwa proklamasi yang menandai merdekanya Tanah Air setelah sekian lama dijajah.

Pada tanggal ini, upacara pengibaran bendera di Istana Negara selalu menjadi sorotan. Pasalnya, untuk menjadi pasukan pengibar bendera (paskibra), siswa-siswi SMA se-Indonesia harus bersaing ketat. Sebab, hanya ada dua orang di tiap provinsi yang terpilih untuk mengibarkan Sang Saka langsung di hadapan Presiden Republik Indonesia.

Pembawa baki dan tiga orang pasukan pengibar bendera menjadi yang paling banyak menerima atensi. Karena tidak setiap anggota paskibra mendapatkan kesempatan itu. Lantas siapa sosok pembawa baki dan pasukan pengibar bendera dalam upacara pengibaran bendera 17 Agustus 2022 pagi? Simak profilnya berikut ini.

1. I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, pembawa baki

Profil Pembawa Baki & Pengibar Bendera Upacara 17 Agustus 2022Dok. Internet

Pelajar asal SMA Negeri 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi atau yang biasa disapa Dewa Ayu mendapat kehormatan sebagai pembawa baki. Posisi ini selalu menjadi incaran para anggota paskibra karena bisa berhadapan langsung dengan Presiden Republik Indonesia untuk mengambil duplikat bendera merah putih.

Perempuan kelahiran tahun 2006 ini juga menjabat sebagai Bu Lurah--penanggung jawab paskibraka--saat mengikuti proses karantina di Semarang. Setelah beberapa minggu menjalani karantina di Semarang, pada pertengahan Juli 2022 lalu, Dewa Ayu pun terbang ke Jakarta untuk menjalani karantina sebagai paskibraka nasional.

2. Rafly Tri Aditama, komandan kelompok delapan

Profil Pembawa Baki & Pengibar Bendera Upacara 17 Agustus 2022Dok. Internet

Kelompok delapan dalam upacara 17 Agustus menjadi tim inti yang di dalamnya terdapat pula petugas pengibar bendera. Pada tahun ini, Rafly Tri Aditama dipercaya untuk menjadi komandan kelompok delapan.

Rafly merupakan pelajar kelas 10 SMA Negeri 3 Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Ia bersama dengan Hairunisa Nurtaza Dewantari (SMA Negeri 1 Palangka Raya), mewakili Kalimantan Tengah untuk menjadi paskibraka nasional.

3. Mario Adhiyaksa Sihombing, pembentang bendera

Profil Pembawa Baki & Pengibar Bendera Upacara 17 Agustus 2022Metro-online.co

Bertugas sebagai pembentang bendera, yakni Mario Adhiyaksa Sihombing yang berasal dari Padang Sidempuan, Sumatera Utara. Mario merupakan siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Padang Sidempuan dan mewakili Sumatera Utara bersama dengan Marfah Ronaito Batubara sebagai anggota paskibraka nasional.

4. Bramantya Rizky Wiratama

Profil Pembawa Baki & Pengibar Bendera Upacara 17 Agustus 2022YouTube.com/SMA Presiden

Selanjutnya, bertugas sebagai pengerek bendera, yakni Bramantya Rizky Wiratama yang mewakili provinsi Jawa Barat. Saat ini, Bramantya masih duduk di kelas 10 SMA Presiden, Bekasi, Jawa Barat.

Itulah tadi profil singkat pembawa baki dan pengibar bendera upacara pengibaran bendera 17 Agustus 2022. Kira-kira, siapa pembawa baki di upacara penurunan sore nanti, ya?

Baca Juga: Susunan Upacara 17 Agustus HUT RI ke-77 Sesuai SE Kemendikbud 

Baca Juga: 25 Puisi Kemerdekaan 17 Agustus yang Menyentuh dan Bermakna

Baca Juga: Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Indonesia