Setelah begitu banyak insiden terjadi selama gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022, Miguel Oliveira berhasil menjadi juara. Ia merupakan pembalap pertama yang menyabet gelar juara di MotoGP Mandalika.

Sepak terjang Miguel di dunia balap tak perlu diragukan lagi, Bela. Banyak prestasi telah ditorehkannya sepanjang 17 tahun kariernya. Penasaran dengan sosok Miguel Oliveira? Simak selengkapnya berikut ini.

Sejarah awal karier Miguel Oliveira

Jadi Juara MotoGP Mandalika Pertama, ini Profil Miguel OliveiraMotogp.com

Kesuksesan pertama Miguel Oliveira datang pada tahun 2005 dan 2006 silam, ketika ia memenangkan kejuaraan Portuguese MiniGP. Di tahun 2011 pembalap kelahiran 1995 ini mulai bersaing di kelas 125 cc, dan pada 2012 sampai 2014 ia sempat bergabung dengan beberapa tim balap di Moto3 seperti Estrela Gallicia 0,0 dan juga Mahindra Racing.

Barulah pada tahun 2015 Miguel Oliveira direkrut oleh Red Bull KTM Ajo. Setahun kemudian Miguel Oliveira pun naik kelas ke Moto2 bersama tim Leopard Racing, dan pada 2017-2018 ia kembali membela Red Bull KTM Ajo di Moto2. Sempat kurang menonjol di awal balapan Moto2, Miguel Oliveira pun terus membaik dan selalu berada di posisi tiga teratas saat balapan. Sampai pada akhirnya di tahun 2019, Miguel Oliveira mendapat promosi lagi untuk mengisi kelas tertinggi, MotoGP.

Karier Miguel di MotoGP

Jadi Juara MotoGP Mandalika Pertama, ini Profil Miguel OliveiraMotogp.com

Di musim pertamanya balapan kelas MotoGP, Miguel Oliveira memang bisa dibilang nggak terlalu mengesankan. Hasil terbaik yang bisa ia raih di musim pertama adalah posisi ke-8 di Austria. Dan karena kecelakaan parah di Phillip Island, Miguel Oliveira mengalami cedera dan harus absen di beberapa balapan terakhir MotoGP musim 2019.

Tetap bergabung di KTM Tech 3 pada tahun 2020, Miguel Oliveira berhasil mendapatkan podium pertama di dua balapan. Yaitu di MotoGP Styria 2020 dan Portugal 2020. Di tahun lalu pun pembalap dengan tinggi badan 170 cm itu juga berhasil mendapatkan juara pertama di MotoGP Catalunya.

Menolak tawaran Yamaha

Jadi Juara MotoGP Mandalika Pertama, ini Profil Miguel OliveiraMotogp.com

Penolakan tawaran yang dilakukan Miguel Oliveira terhadap Yamaha pabrikan untuk musim 2022 memang mengundang banyak komentar. Saat itu ia memang diminta untuk menggantikan posisi Maverick Vinales di Yamaha.

Tetapi bukannya jual mahal, Miguel Oliveira menolak tawaran Yamaha di MotoGP 2022 lantaran menghargai kontraknya bersama KTM sampai tahun 2022 ini. Miguel mengatakan bahwa KTM adalah tim yang hebat dan ia optimis bisa meraih gelar juara dunia bersama KTM.

Juara MotoGP Mandalika yang pertama

Miguel menjadi pembalap pertama yang juara di Sirkuit Mandalika. Dia mengikuti jejak Mick Doohan (1996) dan Tadayuki Okada (1997) yang memenangkan balapan kelas premier di Indonesia.

Mick Doohan dan Tadayuki Okada berhasil menang dalam kelas premier Indonesia saat mengaspal di Sirkuit Sentul.

Kemenangan keempat sepanjang karier di MotoGP

Jadi Juara MotoGP Mandalika Pertama, ini Profil Miguel OliveiraDok. Setpres

Ini menjadi kemenangan keempat Miguel sepanjang kariernya di MotoGP. Merupakan kemenangan Miguel terbaru, sejak terakhir mencatatkannya pada MotoGP Catalunya 2021 silam.

"Momen yang begitu emosional. Hasil ini begitu membahagiakan buat saya, mengingat beberapa bulan terakhir begitu berat," ujar Miguel usai balapan.

Kemenangan ke-16 dari semua kelas

Jadi Juara MotoGP Mandalika Pertama, ini Profil Miguel OliveiraMotogp.com

Total, Miguel kini sudah mencatatkan kemenangan sebanyak 16 kali di semua kelas, empat MotoGP, enam Moto2, dan enam lainnya di Moto3. Kemenangan Miguel juga membuat KTM setidaknya memenangkan satu balapan dalam tiga musim terakhir.

Dedikasikan kemenangannya untuk Risman

Miguel pada akhirnya tampil gemilang dalam MotoGP Indonesia yang digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika, Minggu (20/3/2022). Dia sukses menyabet gelar juara, usai mengasapi pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.

Ini menjadi kemenangan keempat Miguel sepanjang kariernya di MotoGP. Menariknya, kemenangan itu didedikasikan pria Portugal tersebut untuk seorang pegawai di hotelnya, Risman.

"Saya sudah berjanji kalau menang, akan mendedikasikannya buat seorang staf hotel, Risman. Dia benar-benar membantu saya. Dia tak ragu buat mendukung saya. Kemenangan ini buat dia," ujar Miguel usai balapan.

Itulah tadi fakta menarik sang juara MotoGP Mandalika pertama. Ada lagi fakta lainnya yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar, ya!

Disclaimer: artikel ini ditulis ulang berdasarkan artikel yang sudah tayang di IDNTimes.com dengan judul "Profil Miguel Oliveira, Pernah Tolak Tawaran Yamaha" ditulis oleh Fadhliansyah dan "3 Fakta Menarik Usai Miguel Oliveira Jadi Juara di MotoGP Mandalika" ditulis oleh Satria Permana

Baca Juga: Menarik Perhatian Dunia, Fakta Rara Pawang Hujan di MotoGP Mandalika

Baca Juga: Jatuh Cinta dengan Pantai Lombok, 7 Fakta Pembalap Fabio Quartararo

Baca Juga: Kondisi Terkini Marc Marquez Pasca Kecelakaan Hebat di Mandalika