Gara-gara streaming platform yang selalu saya putar dengan mode shuffle, membuat saya tak sadar bahwa lagu yang saya dengarkan adalah milik musisi Indonesia. Mulai dari irama, lirik, hingga musiknya, sama sekali berbeda dengan musik mainstream yang sering diputar di radio. Tentu hal ini menjadi salah satu langkah besar, bahwa musik lokal tak kalah dengan musik lainnya, bahkan siap untuk mengglobal.  

Maknanya pun tak hanya seragam, mulai dari soal cinta, hidup, isu sosial, hingga orangtua, semua tercatut indah dalam liriknya. Berikut ini deretan lagu yang mungkin bisa jadi playlist baru kamu rekomendasi Popbela.

1. Cinta Wirawan, "Kita Bersama"

Popbela's Playlist: Merapal Lirik dan Nada Musik LokalDok. Cinta Wirawan

Selepas merilis single debut-nya beberapa waktu yang lalu, Putu Cinta Wirawan telah siap memanjakan telinga penikmat musik di Indonesia lewat karya terbarunya yang berjudul "Kita Bersama".

Lagu yang ditulis oleh Krista Monica ini diciptakan dengan mengambil inspirasi dari situasi yang tengah dihadapi banyak orang di dunia saat ini. Cinta juga mengatakan bahwa lagu ini diciptakan karena banyak orang yang harus kehilangan orang tersayang bahkan diri mereka sendiri karena keadaan. Lewat lagu ini, Cinta ingin mengajak tiap orang yang terkena dampak pandemi untuk tetap bangkit dan tetap semangat dalam menjalani kehidupan.

“Semoga lagu ini masih bisa memberi kalian harapan untuk tetap menjalankan hari-hari penuh rintangan ini dengan senyuman dan sikap positif bahwa kita akan melewatinya,” kata Cinta.

https://www.youtube.com/embed/Di4rBM_ErXY

2. Chiki Fawzi, "Bandara"

Popbela's Playlist: Merapal Lirik dan Nada Musik LokalDok. Chiki Fawzi

Setelah banyak dikenal orang melalui lagu "Belukar Dunia" yang menjadi OST. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, kali ini Chiki merilis single barunya di tahun 2021 yang berjudul "Bandara". Lagu yang liriknya ditulis sendiri oleh Chiki ini mengambil genre pop syahdu dengan sentuhan nuansa tahun '80 dan '90-an.

"Bandara" diciptakan Chiki ketika ia terdampar berjam-jam di sebuah bandara dalam perjalanan yang ia lakukan di tahun 2019. Dalam pengamatannya, Chiki melihat bandara bagai miniatur kehidupan yang tengah dijalaninya saat ini.

Bandara hanyalah tempat persinggahan, bukan untuk menetap. Ada yang pulang, ada yang pergi, bahkan ada yang pergi tak untuk kembali. Lagu ini juga secara tidak langsung menceritakan tentang kekhawatiran dan ketakutan manusia akan dunia dan rencana kehidupan yang tak menentu. Tentu rasa tersebut pasti pernah kamu alami, kan?

https://www.youtube.com/embed/NT-cD7Kgilw

3. Irva Lestari, "Oh Honey"

Popbela's Playlist: Merapal Lirik dan Nada Musik LokalDok. Irva Lestari

Sudah sejak lama Irva Lestari bermimpi untuk menjadi penyanyi. Sejak berumur 5 tahun, dara asal Bandung ini sudah bercita-cita untuk bisa tampil sebagai seorang penyanyi. Niat inilah yang ditunjukan Irva dengan mengikuti ajang pencarian bakat anak-anak sejak usia belia hingga ikut aktif di vocal group dari bangku SMP hingga SMA. Kini, keinginan Irva selangkah terwujud dengan dirilisnya single debut miliknya berjudul "Oh Honey".

"Oh Honey" ditulis sendiri oleh Irva yang turut dibantu oleh Gege Gumilar. Ini merupakan satu hal baru dan menyenangkan bagi Irva karena baru pertama kali inilah dia ikut terlibat langsung dalam penulisan lirik, sehingga ia mampu menulis apa yang ingin disampaikan selama ini.

Lagu ini bercerita tentang dua orang yang sudah saling menyukai satu sama lain, namun belum ada yang berani untuk mengungkapkan perasaannya. Di lagu ini, Irva ingin menegaskan bahwa mengungkapkan perasaan yang kita rasakan ke orang lain adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama jika kita tahu kalau kita sama-sama saling suka. Siap mengutarakan perasaan kepada orang yang kamu suka, Bela?

https://www.youtube.com/embed/4Ok4XKFVOIY

4. Kaleb J, "It's Only Me" & "Now I Know"

Popbela's Playlist: Merapal Lirik dan Nada Musik LokalDok. Kaleb J

Sebenarnya, lagu "It's Only Me" sudah rilis sejak delapan bulan yang lalu, atau tepatnya pada Januari 2021 silam. Namun, belakangan ini, lagu yang ditulis sendiri oleh Kaleb J di tahun 2019 ini kembali booming, terutama di aplikasi TikTok, karena begitu banyak user yang menggunakan "It's Only Me" sebagai latar video mereka.

Bukan hanya itu, lagu teranyar Kaleb, "Now I Know" juga ikut viral. Di YouTube, lagu yang dirilis pada 17 Agustus 2021 ini bahkan sudah ditonton lebih dari 1,4 juta kali. 

https://www.youtube.com/embed/76ptEG7WxSA

"It’s Only Me" dan "Now I Know" merupakan dua lagu yang akan masuk ke dalam EP debut milik Kaleb berjudul Melancholy. EP tersebut rencananya akan dirilis akhir tahun ini. Kedua lagu ini memiliki nuansa R&B yang kental karena genre musik itulah yang berusaha ditampilkan Kaleb sebagai jati dirinya dalam bermusik.

Sedikit membahas tentang kedua lagu tersebut, "It’s Only Me" bercerita tentang pengalaman pribadi Kaleb yang merasakan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Walau begitu, di lagu tersebut menceritakan Kaleb yang terus berusaha untuk bertahan karena cinta yang dia rasakan untuk orang tersebut merupakan cinta yang tulus.

Sementara itu, single kedua "Now I Know" juga didasarkan pada pengalaman pribadinya yang menyesal telah terlambat menyadari ada seseorang yang tulus mencintainya. 

Dua lagu Kaleb ini sepertinya cocok didengarkan saat sedang ingin menggalau, nih!

https://www.youtube.com/embed/Y2ciL0Vqe5Q

5. Dai Ramadhani, "Selayaknya"

Popbela's Playlist: Merapal Lirik dan Nada Musik LokalDok. MD Music

Setelah cukup produktif dengan beberapa single bersama Rebelsuns, kini Dai Ramadhani merilis single solo perdananya yang berjudul "Selayaknya". Berbeda dengan Rebelsuns yang mengusung genre pop-punk, Dai memiliki pendekatan yang berbeda untuk lagu ini.

Nuansa rock-up beat dalam lagu ini dibuka oleh vokal Dai yang penuh semangat seakan mencoba membius pendengarnya. Menurutnya ini hal unik ketika lagu yang memberikan hawa energetik kepada lirik yang sedih, sehingga semacam menolak untuk terpuruk.

“Selayaknya”, digarap langsung oleh Dai bersama Dimas Wibisana dan Barsena Bestandhi. Dai merasa bangga bisa berkolaborasi dengan musisi-musisi hebat untuk project single ini.

“Senang dan bangga bisa berkolaborasi dengan orang-orang keren yang dibantu banget sama bapak Dimas Wibisana selaku produser dan banyak banget masukan untuk lagu ini. Terus seru banget soalnya saat take vocal juga dibantu sama vocal director yaitu Barsena yang direct dengan sangat nyaman dan keren banget hasilnya,” ungkap Dai. 

"Selayaknya" bercerita tentang perasaan gelisah seseorang dalam menghadapi beratnya masa lalu dengan ekspektasi masa depan. Keadaan tersebut membuat seorang manusia biasa merasa lebih lemah dari seharusnya. Ditambah keraguan dan kesepian membuat seseorang merasa tidak seperti manusia selayaknya. 

https://www.youtube.com/embed/2mjNSq0rBg0

Dari deretan lagu di atas, mana yang ingin kamu dengerin duluan, Bela?

Baca Juga: Popbela's Playlist: Hype Up the Day

Baca Juga: Popbela's Playlist: Irama-Irama Teduh Penyejuk Batin

Baca Juga: Popbela's Playlist: Musik Segar Dari Musisi Baru & Muda Tanah Air