Menerima penghargaan sebagai bentuk apresiasi menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu. Terlebih jika penghargaan yang didapat berasal dari ajang penghargaan yang besar dan menjadi sorotan dunia. Tidak heran, jika momen menerima penghargaan ini dimanfaatkan sebagian tokoh untuk menyampaikan aspirasinya kepada dunia. Tidak hanya ucapan syukur, pidato penerimaan penghargaan yang dibawakan oleh 5 seleb dunia ini juga membuat pendengarnya terharu dan merinding. Siapa saja?

1. Janelle Monae

Sebelum Ke$ha tampil di panggung Grammy Awards 2018, Janelle Monae terlebih dulu naik ke atas panggung dan berpidato, Bela. Dalam pidato yang berjudul "Time's Up", Janelle mengajak kepada seluruh wanita yang berkecimpung di dunia musik, apapun jabatannya, untuk berani melawan ketidakadilan dan berani bersuara.

2. Kendrick Lamar

Congrats for Kendrick Lamar! Kendrick baru saja memenangkan Best Rap Album di ajang penghargaan Grammy Awards 2018. Saat menerima penghargaan tersebut, Kendrick mengucapkan pidato singkat yang terinspirasi oleh Rapper Mozzy. "As my guy Mozzy say, you know, God up top, all the time, real talk, you know?" ujarnya.

3. Oprah Winfrey

Ketika mendapatkan penghargaan Cecil B. de Mille Award pada ajang Golden Globe 2018 lalu, Oprah Winfrey menyampaikan pidatonya dalam durasi sekitar 9 menit dan membuat siapa saja yang mendengarnya menangis terharu. Dalam pidatonya, Oprah mengajak seluruh wanita untuk berani bersuara jika di sekitarnya terjadi sesuatu yang merendahkan martabatnya. Oprah juga mengucapkan terima kasih dan sangat terinspirasi oleh wanita yang berani bersuara dan menceritakan kisah hidupnya seberat apapun itu.

4. Jared Leto

Di tahun 2014, Jared Leto mendapatkan predikat Best Supporting Actor di ajang penghargaan Academy Awards. Pada acara tersebut, Jared mengisahkan kisah hidup sang ibu yang selalu mendukung dan mengajarinya untuk tidak pernah lelah berjuang dan berani bermimpi besar. Pidatonya membuat siapapun terharu, termasuk ibu dan kakak kandung Jared yang turut hadir di acara tersebut.

5. Lupita Nyong'O

Tidak akan ada yang pernah lupa dengan pidato Lupita Nyong'O saat ia menerima penghargaan Best Supporting Actrees di ajang Academy Awards tahun 2014. Pidato Lupita dimulai dengan menceritakan penderitaan budak wanita yang diperankannya dalam film 12 Years a Slave. Pidato ditutup dengan kalimat yang sangat menyentuh yakni, "Mendapatkan piala emas ini membuatku tersadar bahwa siapapun boleh bermimpi setinggi-tingginya."

BACA JUGA: 5 Simbol Solidaritas di Malam Penghargaan Bergengsi Hollywood​