Rezeki, jodoh, dan maut memang tak ada yang tahu selain Tuhan. Sebagai manusia, kita hanya bisa menjalankan kehidupan ini sebaik mungkin karena tak ada yang tahu kapan waktu akan memanggil kita pulang.

Seperti kabar duka dari sepuluh selebritas Tanah Air berikut ini. Kematian mereka bak petir di siang bolong yang mengagetkan semua orang. Bahkan beberapa dari mereka masih beraktivitas seperti biasa, namun di kemudian hari, kabar duka datang darinya.

Sebelum meninggal dunia, sepuluh selebritas ini sempat mengucapkan pesan terakhirnya kepada orang terdekat. Bagaimana pesan tersebut? Berikut Popbela rangkumkan untukmu.

1. Dylan Sada

Penuh Haru, Ini 10 Pesan Terakhir Seleb Tanah Air Sebelum MeninggalInstagram.com/dylan_sada

Kabar meninggalnya model Amerika Serikat asal Indonesia ini benar-benar mengejutkan warganet. Dylan Sada diketahui meninggal dunia pada 9 November 2020 di kediamannya. Sebelum meninggal dunia, Dylan sempat berkirim pesan kepada salah satu penggemarnya. Ia mengatakan kalau kini ia sedang dalam kondisi tidak memiliki pekerjaan dan tabungannya hampir habis.

“Kamu sangat manis. Pacarku mengajak pindah, namun di tengah pandemi seperti ini rasanya tidak mungkin. Aku kehilangan pekerjaanku dan tabungan yang aku miliki hampir habis. Tapi, aku mencoba untuk selalu berpikir positif,” tulis Dylan.

2. Glenn Fredly

Penuh Haru, Ini 10 Pesan Terakhir Seleb Tanah Air Sebelum MeninggalInstagram.com/glennfredly309

Pada 8 April 2020, dunia musik Indonesia kehilangan salah satu penyanyi terbaiknya. Glenn Fredly dikabarkan meninggal dunia pada tanggal tersebut karena penyakit meningitis dan ginjal yang dideritanya. Kepada orang-orang di sekitarnya, sebelum meninggal dunia Glenn sempat berpesan untuk selalu menjaga istri dan anaknya. Glenn juga menuliskan hal itu di caption foto Instagram terakhirnya. 

“Semesta menjagamu dan kita bersama selalu....” tulis Glenn. 

3. Didi Kempot

Penuh Haru, Ini 10 Pesan Terakhir Seleb Tanah Air Sebelum MeninggalDok. Internet

Satu bulan setelah kepergian Glenn Fredly, penyanyi campursari Didi Kempot juga dikabarkan meninggal dunia. Sosok yang dijuluki The Godfather of Broken Heart itu meninggal dunia pada 5 Mei 2020 karena serangan jantung. Diketahui sebelum meninggal dunia, Didi mengadakan konser amal di sebuah stasiun televisi. Lewat konser tersebut Didi sempat menyampaikan pesan terakhirnya.

“Saya hanya seorang seniman. Inilah yang mampu saya bantu dengan tenaga saya, talenta yang diberikan Allah kepada saya. Itulah sumbangsih dari saya, Didi Kempot sebagai seniman tradisional. Semoga apa yang telah kita perbuat sangat bermanfaat untuk penanggulangan Virus Corona.”

4. Ashraf Sinclair

Penuh Haru, Ini 10 Pesan Terakhir Seleb Tanah Air Sebelum MeninggalInstagram.com/ashrafsinclair

Masih di tahun 2020, suami dari Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair meninggal dunia pada 18 Februari 2020. Kepergian Ashraf secara mendadak ini membuat kaget banyak pihak. Sebab, diketahui satu hari sebelum meninggal dunia, Ashraf dalam kondisi sehat dan rutin berolahraga.

Sebelum meninggal dunia, tepatnya saat ia masih berada di pesawat menuju Jakarta selepas liburannya di New York, Ashraf sempat menitipkan pesan kepada sahabatnya yang bernama Yeni. Ia mengatakan kepada Yeni untuk menjaga istrinya.

“Titip ya, titip istri gua. Titip Unge, soalnya dia kebanyakan mikirin orang, sekarang kan dia lagi sibuk banget. Supaya dia bisa (taking care) jaga kesehatan, pekerjaan jangan semua diambil. Titip istri gua ya.”

5. Ria Irawan

Penuh Haru, Ini 10 Pesan Terakhir Seleb Tanah Air Sebelum Meninggal

Kanker kelenjar getah bening yang diderita Ria Irawan benar-benar merenggut nyawanya. Setelah berjuang melawan kanker dengan perawatan kemoterapi pada 2019 lalu, Ria akhirnya meninggal dunia. Sebelum meninggal dunia, Ria berpesan kepada suami sekaligus manajernya, Mayky Wongkar untuk mencari istri yang kaya dan tidak sakit seperti dirinya.

6. Agung Hercules

Penuh Haru, Ini 10 Pesan Terakhir Seleb Tanah Air Sebelum MeninggalDok. Internet

Agung Hercules meninggal dunia pada bulan Juni 2019. Ia menghembuskan napas terakhir setelah satu tahun berjuang melawan kanker glioblastoma selama satu tahun terakhir. Lewat istri yang selalu mendampingi di saat-saat terakhirnya, Agung sempat menitipkan pesan terakhir.

“Tolong sampaikan kepada semua pencinta Agung. Terima kasih dan Agung minta maaf untuk semuanya.”

7. Omas

Penuh Haru, Ini 10 Pesan Terakhir Seleb Tanah Air Sebelum MeninggalDok. Internet

Pada 16 Juli 2020, komedian Omas dikabarkan meninggal dunia akibat penyakit diabetes yang dideritanya. Kabar ini cukup mengejutkan sebab Omas diketahui dalam kondisi yang sehat dan selalu aktif dalam bidang kesenian, khususnya lenong. Sebelum meninggal dunia, Omas sempat berpesan kepada komedian muda agar selalu menjaga etika saat bercanda.

“Nggak semua orang suka sama yang kita bicarain misalnya lawakan juga, jadi hati-hati sama yang kita bicarain. Yang namanya ngelawak emang enak, tapi tetep ada etikanya yang mesti dijaga.”

8. Cecep Reza

Penuh Haru, Ini 10 Pesan Terakhir Seleb Tanah Air Sebelum MeninggalDok. Internet

Hampir setahun yang lalu, tepatnya pada 19 November 2020, aktor Cecep Reza mengembuskan napas terakhir. Padahal, diketahui dari unggahan InstaStory-nya, Cecep masih bekerja hingga malam hari. Lima hari sebelum meninggal, Cecep sempat mengunggah foto dengan caption romantis yang ditujukan untuk sang istri. Ia menulis, betapa beruntung dirinya mendapatkan istri seperti Retta Nanda yang membuatnya menjadi sosok pria yang lebih baik.

“I was given such a great gift. It's a miracle that never stops amazing me and reminding me to give thanks, every day. Having a wife and daughter gives me a lot more purpose. I was much more selfish before, but now I think about what kind of role model I'll be. I just want to be a better man.”

9. Arswendo Atmowiloto

Penuh Haru, Ini 10 Pesan Terakhir Seleb Tanah Air Sebelum MeninggalDok. Internet

Tahun 2019, tepatnya pada tanggal 19 Juli, Indonesia kehilangan sosok sastrawan terbaiknya, yakni Arswendo Atmowiloto. Mantan jurnalis ini meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker prostat yang dideritanya. Lewat putrinya, Caecilia Tiara, Arswendo berpesan agar selalu beryukur dalam kondisi apa pun.

"Saya selalu menganggap bukan pesan terakhir. Kami anggap pesan bermakna. Bapak mengajarkan ke kami selalu bersyukur, mau senang, sedih, bahagia, kecewa, semua harus syukur," ungkap Caecilia. 

10. Henky Solaiman

Penuh Haru, Ini 10 Pesan Terakhir Seleb Tanah Air Sebelum MeninggalDok. Internet

Setelah berjuang melawan kanker usus, aktor senior Henky Soelaiman akhirnya meninggal dunia pada 15 Mei 2020. Sebelum meninggal dunia, Henky masih terlihat begitu sibuk membintangi sinetron Dunia Terbalik. Kepada anak-anaknya, Henky menyampaikan pesan terakhirnya. Ia mengatakan kepada anak-anaknya untuk selalu hidup rukun dan bersyukur.

Itulah tadi sepuluh pesan terakhir dari artis Tanah Air sebelum mereka meninggal dunia. Sangat menyentuh dan membuat haru, ya, Bela.

Baca Juga: Kumpulan Doa untuk Orang yang Meninggal

Baca Juga: 7 Arti Mimpi Orang Meninggal Dunia, Tenang dan Jangan Panik Dulu

Baca Juga: Kelelahan, Didi Kempot Meninggal Dunia Pagi Ini