Semalam, 6 Desember 2021, Lyodra Ginting berhasil membawa pulang satu penghargaan dari Indonesian Music Awards 2021 pada kategori Album of the Year. Penghargaan ini menambah panjang daftar prestasi yang pernah diraih oleh perempuan kelahiran Medan, 21 Juni 2003 tersebut.

Terkenal lewat ajang pencarian bakat, ternyata Indonesian Idol bukanlah kompetisi besar pertama yang diikuti Lyodra, lho. Sebelumnya, ia pernah berkompetisi di ajang pencarian bakat lainnya, namun kurang mengangkat namanya. Penasaran dengan perjalanan karier Lyodra hingga saat ini? Simak selengkapnya berikut ini.

Memulai karier lewat berbagai kompetisi menyanyi

Patahkan Kutukan Juara 1 Idol, Ini Deretan Prestasi Lyodra GintingTwitter.com

Bakat menyanyi Lyodra sudah terlihat sejak kecil, Bela. Untuk menyalurkan bakatnya tersebut, Lyodra rajin mengikuti berbagai ajang kompetisi menyanyi, baik dalam lingkup daerah, maupun nasional.

Di tahun 2014, Lyodra mengikuti lomba menyanyi Kirana Semen Indonesia 2014 yang diadakan oleh PT Semen Indonesia Tbk. Saat itu, ia berhasil menjadi juara regional dan mewakili Medan untuk kemudian berkompetisi kembali di Jakarta. Lyodra pun berhasil menduduki peringkat empat setelah berkompetisi dengan finalis dari seluruh Indonesia.

Masuk ke dalam enam besar Indonesia Mencari Bakat

https://www.youtube.com/embed/cCF0_F4-EeU

Jika kamu berpikir pertama kali Lyodra muncul di televisi nasional adalah saat ia mengikuti Indonesian Idol, kamu salah, Bela. Di tahun 2014, Lyodra tampil di televisi sebagai finalis ajang pencarian bakat Indonesia Mencari Bakat 2014.

Di ajang tersebut, Lyodra menampilkan bakat menyanyinya dan memukau para juri dengan suara merdunya. Namun, langkahnya terhenti di babak enam besar. Setelah acara tersebut berakhir, nama Lyodra seolah hilang begitu saja dan tak pernah lagi tampil di televisi.

Bergabung dengan proyek Erwin Gutawa, Di Atas Rata-Rata

https://www.youtube.com/embed/peQiZwAILKk

Selepas Indonesia Mencari Bakat, Lyodra terus mengasah kemampuan menyanyinya dan bergabung dengan proyek dan manajemen milik Erwin Gutawa, Di Atas Rata-Rata. Di manajemen tersebut, Lyodra melatih kemampuan menyanyinya langsung di bawah arahan Erwin Gutawa.

Output dari proyek ini adalah konser yang bertajuk 'Di Atas Rata-Rata' yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada 2 April 2016.

Raih juara pertama Indonesian Idol 2019

Patahkan Kutukan Juara 1 Idol, Ini Deretan Prestasi Lyodra GintingInstagram.com/Lyodraofficial

Tahun 2019, Lyodra mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol dan berhasil masuk menjadi 14 finalis untuk tampil di televisi. Sejak awal kemunculannya, Lyodra langsung menarik perhatian penonton dan dalam sekejap, ia berhasil memiliki banyak penggemar yang setia mendukungnya.

Dukungan penggemar ini mengantarkan Lyodra meraih juara pertama Indonesian Idol, mengalahkan Tiara Andini di posisi kedua dan Ziva Magnolya di posisi ketiga. Dari sanalah, karier Lyodra terbuka lebar. Mulai dari banyaknya kolaborasi bersama musisi lain yang ia lakukan, hingga melebarkan sayapnya ke dunia akting.

Lyodra, musisi pertama yang patahkan kutukan juara satu Indonesian Idol

Patahkan Kutukan Juara 1 Idol, Ini Deretan Prestasi Lyodra GintingInstagram.com/Lyodraofficial

Sejak musim pertama, juara satu Indonesian Idol memang selalu kalah tenar dengan juara lainnya. Hal ini sering disebut sebagai kutukan juara pertama. Dalam wawancaranya bersama Raffi Ahmad, Lyodra mengatakan tidak takut dengan mitos tersebut. 

Dalam pernyataannya, Lyodra menjelaskan kalau dia tidak takut dengan mitos tersebut. Sebab, menurutnya, ada kok, juara pertama Indonesian Idol yang tetap eksis sejak mereka 'lulus' hingga saat ini, yakni Judika dan Rinni Wulandari. Selanjutnya, Lyodra bisa menjadi salah satu juara pertama Indonesian Idol yang akan terus bersinar, mengingat kariernya masih meningkat sampai saat ini.

Melebarkan sayap ke dunia akting

https://www.youtube.com/embed/4WqIfP0B4XM

Di balik kemampuan bernyanyinya, Lyodra ternyata memiliki bakat akting. Ia pun mengasah bakat terpendamnya tersebut dengan turut berakting di web series berjudul 7 Hari sebelum 17 Tahun. Dalam serial tersebut, Lyodra berperan sebagai tokoh antagonis bernama Gina, dan beradu akting dengan Tissa Biani, Endy Arfian, serta Marcell Darwin.

Itulah tadi perjalanan karier dan prestasi Lyodra sejak dulu hingga saat ini. Ada lagi fakta lain yang kamu ketahui? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Gaya Andalan Lyodra Ginting, Perwakilan Indonesia di MTV EMA 2021

Baca Juga: Intip Gaya OOTD Lyodra Ginting yang Baru Rilis Video Klip Terbaru

Baca Juga: 8 Fakta Lyodra Ginting, Gadis Medan Peraih Juara Indonesian Idol X