Oscar Septianus Lawalata mengumumkan bahwa dirinya telah memilih sebagai seorang perempuan pada bulan September 2020 lalu. Bukan hanya mengubah gender-nya, Oscar juga memilih nama baru untuk dirinya, yakni Asha Smara Darra yang memiliki makna mendalam baginya. Berikut ini rangkuman profil Asha Smara Darra yang perlu kamu tahu.

Memulai karier sebagai fashion designer saat krisis moneter 1998

Oscar Lawalata Pilih Nama Baru, Ini Profil  Asha Smara Darra

Asha memulai kariernya sebagai fashion designer pada tahun 1998 saat krisis moneter. Saat itu, Asha yang lulusan SMU Seruni Don Bosco dan sedang kuliah jurusan fashion di Esmod, memutuskan untuk berhenti kuliah dan memilih bekerja. Uang kuliah yang sebelumnya sudah disiapkan, kemudian ia alihkan untuk modal membuka usaha butik kecil di rumahnya.

Dari sudut rumahnya, kakak dari Mario Lawalata ini mulai merancang baju sendiri. Mulai dari membuat pola, menggunting, menjahit dan promosi, semua ia kerjakan sendiri. Usaha Asha ini berbuah manis. Dari hasil promosinya, Asha berhasil menarik Titi DJ sebagai klien pertamanya.

Mengembangkan karier di dunia mode dan film

Oscar Lawalata Pilih Nama Baru, Ini Profil  Asha Smara DarraInstagram.com/oscarlawalata

Sejak klien pertama tersebut, karier Asha di dunia moden semakin berkembang. Pada tahun 1999, Asha berhasil meraih juara dua dalam ajang Asian Young Fashion Designers Contest. Hasil rancanganya pun semakin dikenal di mancanegara. Ia menjadi salah satu desainer yang memiliki andil besar dalam memperkenalkan kain khas Indonesia di mata dunia.

Bukan hanya bersinar di dunia mode, Asha pun mengembangkan kariernya di dunia film. Ia turut membintangi film Banyu Biru pada tahun 2005 dan berperan sebagai Dimas. Dalam film tersebut, dirinya beradu akting dengan Dian Sastrowardoyo dan Tora Sudiro.

Memutuskan untuk menjadi transgender

Oscar Lawalata Pilih Nama Baru, Ini Profil  Asha Smara DarraInstagram.com/oscarlawalata

Dalam sebuah video di YouTube, Asha mengaku sudah menyukai penampilan feminin sejak berusia 17 tahun. Sejak saat itulah, ia banyak menggali informasi mengenai transgender dan mulai benar-benar serius mencari tahu lebih dalam sejak lima tahun terakhir.

Pada tahun 2020 lalu, Asha akhirnya memutuskan untuk mengubah gender-nya dan memilih menjadi seorang perempuan. Keputusannya ini didukung penuh oleh sang ibu, Reggy Lawalata setelah keduanya berbicara dari hati ke hati.

Memilih nama baru sebagai identitas barunya

Oscar Lawalata Pilih Nama Baru, Ini Profil  Asha Smara DarraInstagram.com/oscarlawalata

Bukan hanya mengubah gender-nya, Asha pun memilih nama baru untuk identitas barunya ini. Nama Asha Smara Darra sendiri bukan sembarang nama, sebab di baliknya tersimpan makna yang mendalam.

"Nama baru saya Asha, Asha Smara Darra. Asha itu artinya hope (harapan), Smara itu artinya cinta, Darra itu artinya pohon yang kuat," jelasnya melalui video di saluran YouTube The Lawalatas yang diunggah pada 30 Agustus 2020 lalu.

Kini, setelah mengumumkan identitas dan nama barunya, Asha merasa lebih tenang dan bebas menjadi dirinya sendiri. 

Terinspirasi dari Asha, sudahkan kamu jujur menjadi diri sendiri?

Baca Juga: Ini 7 Fakta Di Balik Keputusan Oscar Lawalata Jadi Transgender

Baca Juga: Saling Mendukung, Ini 9 Potret Hangatnya Oscar Lawalata dan Keluarga

Baca Juga: Akrab Banget! 5 Artis Ini Bersahabat dengan Transgender