Di penghujung tahun 2019 ini, terjadi fenomena alam langka yang dapat diamati dengan mata telanjang di wilayah Indonesia. Indonesia akan mengalami gerhana matahari parsial atau gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019 mulai pukul 10:34 WIB dan berakhir pada 14:00 WIB.

Menghadapi gerhana matahari ini, pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia secara khusus sudah mengeluarkan surat edaran untuk mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama menjalankan salat sunnah gerhana matahari secara berjamaah. Surat edaranya dapat kamu lihat pada gambar berikut ini.

Untuk menghadapi gerhana matahari parsial yang terjadi pada 26 Desember 2019 ini, berikut bacaan niat, tuntunan dan tata cara salat gerhana matahari yang harus kamu tahu.

Niat, Tuntunan Serta Tata Cara Salat Gerhana MatahariDok. Internet

Untuk menghadapi gerhana matahari parsial yang terjadi pada 26 Desember 2019 ini, berikut niat, tuntunan dan tata cara salat gerhana matahari yang harus kamu tahu.

1. Niat Salat Gerhana Matahari

Niat, Tuntunan Serta Tata Cara Salat Gerhana MatahariFreepik.com

Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan salat gerhana matahari secara berjamaah. Ada pun niat sebagai makmum saat melaksanakan salah gerhana matahari adalah sebagai berikut.

أُصَلِّي سُنَّةّ كسُوْفِ الشمس رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْماً لِلّه تعالى

Usholli sunnatan kusufis syamsi rak'ataini ma'muman lillahi ta'ala

Artinya:

“Sengaja aku salat sunah gerhana matahari dua rakaat mengikuti imam karena Allah ta'ala.”

2. Tata Cara Salat Gerhana Matahari

Niat, Tuntunan Serta Tata Cara Salat Gerhana MatahariFreepik.com/Rawpixel

Ada perbedaan tata cara salat gerhana matahari dengan salat fardu yang biasa kita kerjakan. Perbedaannya adalah terletak pada bacaan Surat Al-Fatihah, surat pendek dan rukuk.

Jika pada salat fardu kita hanya diwajibkan membaca satu kali Surat Al-Fatihah, surat pendek dan satu rukuk di setiap rakaatnya, maka di salat gerhana matahari sedikit berbeda. Pada setiap rakaat salat gerhana matahari diwajibkan membaca dua kali Surat Al-Fatihah dan surat pendek serta dua kali rukuk.

Setelah membaca dua kali Surat Al-Fatihah dan surat pendek serta dua kali rukuk, baru sujud dan melakukan tata cara salat seperti biasa sampai pada salam.

3. Dianjurkan Melakukan Secara Berjamaah

Niat, Tuntunan Serta Tata Cara Salat Gerhana MatahariFreepik.com

Salat gerhana matahari dianjurkan dilaksanakan secara berjamaah. Dengan begini, maka imam dapat melakukan khotbah terlebih dulu sebelum melakukan salat gerhana matahari.

Selain itu, dianjurkan pula untuk memperbanyak zikir, istigfar, sedekah dan berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara.

Itulah tadi niat, tuntunan dan tata cara salat gerhana matahari. Semoga kita selalu mendapat perlindungan Allah SWT dalam keadaan apapun.

Baca Juga: Niat, Doa dan Tata Cara Melaksanakan Salat Istikharah

Baca Juga: Niat, Tata Cara Pelaksanaan, serta Doa Salat Taubat 

Baca Juga: Salat Rawatib, Niat, Waktu Pelaksanaan dan Keutamaannya