20 Nama Lain Hari Kiamat dalam Alquran, Umat Islam Wajib Tahu

Termasuk dalam Rukun Iman yang wajib kita yakini

20 Nama Lain Hari Kiamat dalam Alquran, Umat Islam Wajib Tahu

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk memercayai Rukun Iman. Sebab, Rukun Iman adalah landasan kepercayaan dan sebagai bentuk keimanan kita terhadap Allah SWT.

Salah satu Rukun Iman yang patut kita percaya adalah Iman kepada hari kiamat. Meskipun tidak ada yang pernah tahu kapan hari kiamat itu terjadi kecuali Allah SWT, namun kita diwajibkan untuk mengimaninya.

Allah SWT telah memberikan tanda-tanda datangnya hari kiamat melalui berbagai petunjuk di dunia. Untuk itu, sebagai manusia, hendaklah kita menyiapkan diri dengan bekal amal ibadah yang cukup sebagai pegangan kita di hari akhir nanti.

Berbicara soal hari kiamat, tahukah kamu kalau hari kiamat memilih dua puluh nama yang berbeda di dalam Alquran? Nama yang berbeda ini menjelaskan pula kejadian apa yang akan manusia lewati di hari kiamat kelak.

Apa saja nama tersebut? Berikut ini penjelasan mengenai nama lain hari kiamat yang tercantum di dalam Alquran.

1. Yaumul Ba'ats (Hari Kebangkitan)

Yaumul Ba'ats (Hari Kebangkitan) merupakan nama lain dari hari kiamat yang disebutkan oleh Allah. Dinamakan hari kebangkitan karena semua manusia akan dimatikan sebelum hari pembalasan. Kemudian, Allah bangkitkan seluruh manusia dari alam kubur.

Hal ini disebutkan dalam surat Ar-Rum ayat 56 yang berbunyi sebagai berikut.

وَقَالَ ٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ وَٱلۡإِيمَٰنَ لَقَدۡ لَبِثۡتُمۡ فِي كِتَٰبِ ٱللَّهِ إِلَىٰ يَوۡمِ ٱلۡبَعۡثِۖ فَهَٰذَا يَوۡمُ ٱلۡبَعۡثِ وَلَٰكِنَّكُمۡ كُنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ

Artinya: “Sungguh, kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit. Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi kamu tidak mengetahuinya." (QS. Ar-Rum: 56).

2. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan)

Yaumul Hisab (Hari Perhitungan) merupakan nama lain dari hari kiamat. Dikatakan sebagai hari perhitungan karena seluruh amal perbuatan manusia selama hidup di dunia yang telah dicatat oleh malaikat akan ditimbang dan dihitung di hari akhir.

Nama ini Allah menyebutnya dalam surat Shad ayat 53 yang berbunyi sebagai berikut.

هَٰذَا مَا تُوعَدُونَ لِيَوۡمِ ٱلۡحِسَابِ

Artinya: “Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari perhitungan." (QS. Shad: 53).

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here