Indonesia Writers Festival 2019 dibuka dengan sesi pertama bertajuk “Millennials Harus Melek Jurnalistik”. Menanggapi tema ini, salah satu pembicara di sesi tersebut, Najwa Shihab mengatakan kalau saat ini Millennial sudah melek jurnalistik.

“Bukan melek, melek sudah kok. Sekarang bagaimana caranya memperkuat dan memberdayakan para Millennial, teman-teman dan adik-adik kita ini yang sudah sangat terpapar informasi,” kata Najwa. 

Najwa Shihab Akui Millennial Sudah Melek Jurnalistik IDN Media

Selain soal melek jurnalistik, Millennial juga harus tahu bahwa penting bagi suatu media untuk berpihak. Asalkan tidak salah dan tetap mempertahankan independensinya.

“Memangnya kenapa kalau berpihak? Millennial harus bisa membedakan antara berpihak dan independen,” ungkap Najwa.

Najwa Shihab Akui Millennial Sudah Melek Jurnalistik IDN Media

Menurut Najwa, sikap netral adalah sikap yang tak mendukung siapa-siapa. Sementara independen adalah tidak memiliki kepentingan apapun kecuali kebenaran untuk publik. Media harus menunjukan keberpihakan. Meski berpihak, ada dua hal yang harus dipegang oleh Millennial.

"Fakta dan verifikasi jadi kunci,” ujar Najwa.

Sebagai penutup, Najwa mengatakan kalau jadi anak muda jangan hanya berbicara soal netral. Tapi, tunjukanlah sikap kritis.

"Di sinilah, yang muda jangan tutup mata. Apalagi netral. Jadi anak muda jangan netral-netralan, tunjukkan keberpihakan. Anak muda jangan mau diam, kritis dan berbicara,” tutup Najwa.

#IndonesiaWritersFestival #EmpoweringThroughWriting

Baca Juga: Momen Penting di Acara Pembukaan Indonesia Writers Festival 2019