Tahun 2018 menjadi tahun ke-21 bagi ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards). Malam penganugerahan ajang penghargaan tertinggi bagi insan musik Tanah Air yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia ini akan dilaksanakan pada 26 September 2018 mendatang dan akan disiarkan secara langsung di stasiun televisi RCTI.

Tahun 2018 ini menjadi tahun yang tepat bagi pelaku musik Indonesia untuk berefleksi. Munculnya istilah mainstream VS sidestream atau major VS indie menjadi topik pembicaraan para pelaku musik Indonesia. Melalui AMI Awards 2018 ini diharapkan perbedaan tersebut akan menipis karena kini mereka justru berkolaborasi dalam bentuk rekaman bersama atau tampil dalam satu panggung di festival musik.

Karena alasan tersebut pula, AMI di tahun 2018 mengusung tema #SatuMusikIndonesia yang menjadi seruan bahwa bukan saatnya lagi terbelah oleh perbedaan. Namun, justru para pelaku musik diminta untuk semakin bekerja sama demi kemajuan musik Indonesia.

AMI Awards 2018 berhasil mengumpulkan 1.917 karya yang diunggah oleh musisi Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Meski banyak di antaranya merupakan pendatang baru atau pun karya yang baru saja dirilis, namun mereka siap bersaing dengan karya musisi lainnya. Popbela mencatat, setidaknya ada lima karya musik yang baru rilis dan masuk ke dalam nominasi AMI Awards. Siapa saja?

1. Warna-Warna – Andien

https://www.youtube.com/embed/mzL-YQg8UsI

Single yang terdapat di dalam album Metamorfosa milik Andien ini baru saja rilis di awal Agustus 2018 lalu. Lagu Warna-Warna bercerita tentang perspektif dari seorang anak-anak yang melihat indahnya warna-warna pelangi. Lagu ini berhasil masuk sebagai nominasi Artis Jazz Vokal Terbaik di AMI Awards 2018.

2. Love Again – Afgan

https://www.youtube.com/embed/oM2bfwKswMM

Sebagai bentuk selebrasinya berkiprah di industri musik Indonesia selama sepuluh tahun, Afgan merilis album yang berjudul Dekade. Salah satu lagu favoritnya dalam album tersebut adalah Love Again yang bernuansa RnB 90-an. Lagu ini berhasil masuk sebagai nominasi Artis Solo Pria Pop Terbaik AMI Awards 2018.

3. Dengan Caraku – Arsy Widianto & Brisia Jodie

https://www.youtube.com/embed/IZJmH6pZOJU

Bukan hanya karyanya, dua musisi ini juga terhitung baru di dunia musik Indonesia. Arsy Widianto berhasil menciptakan sebuah karya manis yang dibawakan secara duet dengan salah satu finalis Indonesian Idol 2018, Brisia Jodie. Karya dari putra Yovie Widianto ini masuk ke dalam nominasi Duo/Grup/Vokal Grup/Kolaborasi Pop Terbaik AMI Awards 2018.

4. Fake Optics – Ardhito Pramono

https://www.youtube.com/embed/wx9mD4MWZ_g

Baru saja rilis di bulan April 2018, single milik Ardhito Pramono ini berhasil mengantarkan penyanyi yang lahir di tanggal 22 Mei 1995 ini masuk ke dalam jajaran nominasi AMI Awards 2018. Fake Optics berkisah tentang teman yang belum terlihat bagaimana sifat aslinya padahal telah berteman lumayan lama. Karya ini membuat Ardhito masuk ke dalam nominasi Artis Jazz Vokal Terbaik AMI Awards 2018.

5. Is It the Answer? – Reality Club

https://www.youtube.com/embed/-CuOwVTgpso

Satu lagi band yang terhitung baru adalah Reality Club. Band yang digawangi oleh Fathia Izzati, Faiz Novascotia Saripudin, Iqbal Anggakusumah, Nugi Wicaksono, dan Era Patigo ini punya lagu-lagu yang easy listening, salah satunya yang bisa kamu dengarkan di video di atas adalah Is It the Answer?. Berkat lagu tersebut Reality Club berhasil masuk ke dalam nominasi Pendatang Baru Terbaik Terbaik AMI Awards 2018.

BACA JUGA: 5 Genre Musik Supaya Fokus Belajar​