Indonesia kembali kehilangan salah satu aktor terbaiknya. Ade Firman Hakim dikabarkan meninggal dunia, Senin (14/9). Aktor kelahiran 20 Oktober 1988 ini meninggal dunia diduga karena terinfeksi COVID-19. Hal ini belum dapat dipastikan, sebab hasil swab test Ade belum keluar.

Mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai finalis Abang-None Jakarta 2008, Ade menjadi salah satu aktor yang namanya patut diperhitungkan. Hingga saat ini, sudah 14 film yang ia bintangi sejak debutnya di layar lebar pada tahun 2010.

Mengenang Ade Firman Hakim, berikut tujuh film yang pernah dibintanginya.

1. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Mengenang Ade Firman Hakim, Ini 7 Film yang Pernah DibintanginyaInstagram.com/AdeFirmanHakim

Pada tahun 2019, Ade turut serta dalam film remake besutan sutradara Kimo Stamboel Ratu Ilmu Hitam. Ade berperan sebagai Maman, pengurus panti asuhan tempat dirinya bersama Hanif (Ario Bayu), Jefri (Miller Khan), dan Anton (Tanta Ginting) dibesarkan.

Ratu Ilmu Hitam bercerita tentang pertemuan kembali antara Hanif, Jefri, dan Anton. Mereka bertiga memutuskan untuk menghabiskan akhir pekan di panti asuhan tempat mereka dibesarkan untuk bertemu dengan Pak Bandi (Yayu Unru) pengasuh panti yang sedang sakit keras. Keceriaan berubah karena ada penghuni panti yang ingin membalaskan dendam masa lalunya.

https://www.youtube.com/embed/594PxKASQfg

2. Malam Jumat: The Movie (2019)

Mengenang Ade Firman Hakim, Ini 7 Film yang Pernah DibintanginyaInstagram.com/adefirmanhakim

Masih di tahun 2019, Ade terlibat pula dalam Malam Jumat: The Movie dan berperan sebagai Tyo. Film ini diangkat dari salah satu konten YouTube milik YouTuber Ewing HD yang membahas soal tempat-tempat horor.

Film yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu ini bercerita tentang Ewing dan teman-temannya yang sangat suka mengeksplorasi lokasi angker untuk dijadikan konten video. Suatu hari, Ewing bersama teman-temannya mencoba mengeksplorasi Wonder Park, taman bermain yang sudah lama terbengkalai. Di sana mereka menemukan topi dan jaket yang diduga milik seseorang yang pernah melakukan bunuh diri di lokasi tersebut. Penasaran, mereka mencari tahu lebih lanjut. Sayangnya, keingintahuan mereka malah menimbulkan bencana yang mengerikan. 

https://www.youtube.com/embed/a8jmrEIin7Q

3. 22 Menit (2018)

Mengenang Ade Firman Hakim, Ini 7 Film yang Pernah DibintanginyaInstagram.com/AdeFirmanHakim

Bela, masih ingat nggak, dengan insiden bom di Jalan M.H. Thamrin pada bulan Januari 2016 lalu? Insiden bom yang menghancurkan pos polisi di seberang Gedung Sarinah itu sempat menghebohkan warga sekitar karena ada pria bersenjata lengkap dan membawa bom.

Kejadian tersebut diangkat ke layar lebar lewat film 22 Menit yang tayang pada Juli 2018 lalu. Dalam film ini, Ade berperan sebagai Firman, polisi lalu lintas yang mengamankan situasi Jalan M.H Thamrin ketika kekacauan terjadi. Berkat kerja sama yang baik antara Firman dan Ardi (Ario Bayu) dari unit antiterorisme, sang teroris dapat dibekuk dalam waktu 22 menit saja.

https://www.youtube.com/embed/dkBLjP5vjao

4. Night Bus (2017)

Mengenang Ade Firman Hakim, Ini 7 Film yang Pernah DibintanginyaIMDB.com

Ade juga muncul dalam film Night Bus. Film yang rilis pada tahun 2017 ini, merupakan film pertama yang diproduseri oleh Darius Sinathrya dan Teuku Rifnu Wikana. Night Bus bercerita tentang perjalanan menuju Sampar menggunakan bus. Perjalanan terasa sangat menegangkan karena rute bus ini harus melewati daerah konflik. Tak ada yang tahu kalau di dalam bus tersebut ada seorang penyusup yang membawa pesan penting untuk mengakhiri konflik di Sampar.

https://www.youtube.com/embed/VO9hVH6k3F0

5. Midnight Show (2016)

Mengenang Ade Firman Hakim, Ini 7 Film yang Pernah DibintanginyaDok. Internet

Mundur lagi ke tahun 2016, Ade terlibat dalam film Midnight Show. Dalam film yang juga dibintangi oleh Acha Septriasa ini, Ade berperan sebagai Guntur, si pembajak film di dalam bioskop.

Midnight Show berkisah tentang kejadian pembunuhan di dalam sebuah bioskop dan penonton di dalam bioskop tersebut terlibat dalam kasus tersebut. Pembunuhan di dalam bioskop itu terjadi saat studio tengah menayangkan film kontroversial. Yakni tentang anak kecil yang membunuh dan memutilasi seluruh anggota keluarganya.

https://www.youtube.com/embed/GsSQNOc3ZYs

6. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Mengenang Ade Firman Hakim, Ini 7 Film yang Pernah DibintanginyaInstagram.com/adefirmanhakim

Ade pernah ikut serta bermain dalam film biopik Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Ia berperan sebagai Musso, salah satu murid Tjokroaminoto dalam film yang rilis pada tahun 2015 tersebut. Guru Bangsa: Tjokroaminoto berkisah tentang perjalanan hidup pahlawan nasional Raden Haji Oemar Said Tjokroaminoto.

https://www.youtube.com/embed/ubpILMZ9yLs

7. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Mengenang Ade Firman Hakim, Ini 7 Film yang Pernah DibintanginyaInstagram.com/adefirmanhakim

Dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka, Ade berperan sebagai tokoh Chaerul Saleh, salah satu tokoh penting di balik peristiwa proklamasi Indonesia yang bersejarah. Chaerul Saleh menjadi salah satu pemuda yang menculik Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

https://www.youtube.com/embed/UuhB8EZhPxg

Itu tadi deretan film yang pernah dibintangi oleh Ade Firman Hakim semasa hidupnya. Kini kita bisa mengenang Ade dengan cara menonton semua film dan karyanya.

Selamat jalan Ade, selamat istirahat dengan tenang di sisi-Nya...

Baca Juga: Ini Deretan Film yang Pernah Dibintangi oleh Fero Walandouw

Baca Juga: 8 Film Keren yang Dibintangi Chadwick Boseman Hingga Akhir Hayatnya

Baca Juga: Mengenang Ashraf Sinclair, Ini 8 Sinetron yang Pernah Ia bintangi