Berbicara soal teknologi memang tidak akan ada habisnya. Setiap hari selalu ada saja inovasi baru yang muncul dan bisa memudahkan kegiatan dan pekerjaan kita. Nah, salah satu teknologi mutakhir yang bisa kita nikmati adalah eSIM yang akan menggantikan SIM Card tradisional saat ini.

Sebenarnya apa itu eSIM dan manfaatnya untuk pengguna seperti kita? Simak penjelasannya berikut ini ya.

Apa Itu eSIM?

Mengenal eSIM, SIM Card Masa Depan yang Sudah Mulai DirilisDok. Internet

Pengertian eSIM sendiri adalah embedded-SIM atau SIM Card yang tertanam langsung di smartphone yang kita gunakan. Dengan adanya eSIM ini kita nggak perlu lagi memotong dan menyesuaikan ukuran SIM Card dengan ruang yang ada di dalam smartphone. Selain itu, kita juga tak perlu lagi membuka perangkat ponsel hanya demi memasukan atau mengganti SIM Card untuk mengaktifkan nomor ponsel. Praktis bukan?

Manfaat eSIM Bagi Pengguna Smartphone

Mengenal eSIM, SIM Card Masa Depan yang Sudah Mulai DirilisUnsplash.com/Brett Jordan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bagi pengguna smartphone, eSIM sangat berguna saat kita mengganti perangkat. Kita nggak perlu lagi membuka perangkat untuk memasukan dan mengeluarkan SIM Card. Kita hanya perlu membuka menu SIM Card yang sudah tersedia di dalam perangkat tersebut untuk mengaktifkan nomor ponsel yang kita gunakan.

Selain itu, untuk kamu yang sering bepergian ke luar negeri, dengan adanya eSIM kita tak perlu lagi sulit mencari nomor lokal baru hanya supaya ponsel kita tetap bisa digunakan di negara tujuan. Kita hanya perlu mendaftarkannya ke provider yang menyediakan layanan eSIM untuk mendapatkan nomor lokal baru tanpa harus membuka perangkat dan menukar SIM Card lama ke SIM Card baru.

Cukup memudahkan bukan?

Perangkat yang Mendukung eSIM

Mengenal eSIM, SIM Card Masa Depan yang Sudah Mulai DirilisDok. Internet

Meski teknologi eSIM ini sangat memudahkan pengguna smartphone, namun belum semua perangkat bisa menggunakan eSIM. Tercatat, saat ini baru iPhone Seri X saja yang bisa menggunakan eSIM. Namun, tak menutup kemungkinan produsen ponsel lain mengeluarkan produk serupa dalam waktu dekat bukan?

Provider Lokal yang Menyediakan Layanan eSIM

Mengenal eSIM, SIM Card Masa Depan yang Sudah Mulai DirilisUnsplash.com/Ron McClenny

Selain memudahkan dan menguntungkan pengguna, eSIM ternyata juga memberikan keuntungan bagi provider yang menyediakan layanan tersebut. Keuntungan bagi provider adalah mereka bisa menghemat biaya produksi hingga Rp15 ribu per SIM Card. Jika ada seribu orang saja yang menggunakan eSIM maka ia sudah menghemat sekitar Rp15 juta biaya produksi.

Namun, belum semua provider memiliki eSIM. Di Indonesia sendiri tercatat baru dua provider yang menyediakan layanan eSIM, yakni Smartfren dan XL Axita. Sedikitnya provider yang menyediakan layanan ini bukan tanpa alasan, Bela. Belum adanya regulasi yang jelas dari pihak berwenang serta terbatasnya perangkat yang mendukung eSIM menjadi salah satu alasan mengapa eSIM belum banyak diproduksi.

Kamu sendiri bagaimana, Bela, siap beralih ke eSIM?

Baca Juga: Ini Trik WhatsApp yang Bisa Kamu Gunakan Saat Memori Ponselmu Penuh