Saat ini dengan kemudahan teknologi kita bisa melakukan apapun hanya dalam genggaman dan ketukan jari. Termasuk menonton film. Melalui aplikasi video on demand, kita bisa menikmati film-film terbaru yang tak sempat kita tonton saat masih tayang di bioskop. Atau biasanya, aplikasi video on demand akan menyajikan serial yang sedang tayang di TV kabel atau memang eksklusif hanya ada di aplikasi tersebut.

Kini, di Indonesia sudah banyak berbagai pilihan aplikasi video on demand yang bisa kita gunakan untuk menikmati tontonan, baik film maupun serial. Jenis dan genre filmnya pun beragam, ada film drama, action, hingga horor serta film lokal maupun dari luar negeri.

Berikut ini perbandingan dan perbedaan aplikasi video on demand GoPlay, Netflix, iflix, dan Viu beserta harga berlangganannya.

1. GoPlay

Makin Banyak Pilihan, Ini Bedanya GoPlay, Netflix, iflix, dan ViuPopbela.com/GoJek

Gojek, belum lama ini resmi meluncurkan GoPlay, platform video-on-demand. Berbeda dengan platform lainnya, GoPlay memberikan akses lebih luas untuk konten unik dan berkualitas, yang sejalan dengan misi mengoptimalkan industri film di Indonesia. Kehadiran GoPlay memberikan kemudahan bagi para pecinta film dan serial menikmati beragam konten di mana pun, kapan pun.

GoPlay menawarkan konten lokal berkualitas yang seru dan memikat para pecinta film dan serial di Indonesia melalui konten GoPlay Originals dan konten eksklusif lainnya. Buah kerja sama dengan berbagai rumah produksi Tanah Air, konten GoPlay Originals meliputi Filosofi Kopi The Series, drama persahabatan yang juga mempopulerkan kekayaaan kopi Tanah Air, variety show Kata Bocah The Show yang dibintangi Nirina Zubir dan Boy William; dan serial stand-up Haha Club yang menampilkan komedian berbakat Tanah Air Ge Pamungkas, Mo Sidik, dan Arie Kriting.

Makin Banyak Pilihan, Ini Bedanya GoPlay, Netflix, iflix, dan ViuPopbela.com/GoJek

Tidak hanya itu, GoPlay Originals juga menampilkan mahakarya sineas Indonesia yang telah mendapat sambutan baik pecinta film Indonesia, antara lain Aruna dan Lidahnya, drama komedi romantis berbalut wisata kuliner, Kulari ke Pantai, drama keluarga dengan latar belakang petualangan melintasi pulau Jawa; Buffalo Boys, film fiksi sejarah Indonesia; serta 27 Steps of May, film yang mengangkat isu perempuan.

Untuk berlangganan GoPlay, kita harus memiliki akun GoPay karena GoPlay hanya menerima pembayaran dari aplikasi tersebut. Harga berlangganan GoPlay cukup terjangkau yakni Rp89 ribu per bulan dan kamu bisa mengakses semua film dan serial yang tersedia di aplikasi tersebut.

2. Netflix

Makin Banyak Pilihan, Ini Bedanya GoPlay, Netflix, iflix, dan ViuDok. Internet

Netflix menjadi salah satu pelopor video on demand di dunia. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 1997 dan berkantor pusat di Los Gatos, California. Tak hanya menghadirkan film-film box office dan block boster yang bisa kita akses kapan pun dan di mana pun.

Meski kini banyak pesaingnya, Netflix tetap menjadi favorit. Sebab, Netflix secara rutin merilis film dan serial original tiap bulannya. Film dan serial ini pun eksklusif dan hanya bisa diakses di aplikasi tersebut.

Melalui aplikasi Netflix kita tak hanya bisa mengakses film lokal, tapi juga bisa menyaksikan film Hollywood, Bollywood, Asia dan Korea. Semakin banyaknya pilihan, membuat penonton semakin dimanjakan dengan tontonan yang berkualitas.

Harga berlangganan Netflix terhitung lebih tinggi dibanding dengan aplikasi serupa, yakni Rp109 ribu per bulan.

3. iflix

Makin Banyak Pilihan, Ini Bedanya GoPlay, Netflix, iflix, dan ViuDok. Internet

iflix didirikan pada tahun 2014 dan berkantor pusat di Malaysia. Aplikasi ini sempat menuai kontroversi karena logo dan warnanya hampir mirip dengan pendahulunya, Netflix.

iflix menyediakan hiburan yang kamu inginkan semudah sentuhan jarimu untuk ditonton melalui streaming. Dengan beragam pilihan Hollywood, original iflix series & film, Indonesia, komedi, drama, drama Korea, drama Turki, Bollywood, kartun, film favorit, siaran langsung olahraga, dan masih banyak lagi.

Selain di Indonesia iflix tersedia juga di Malaysia, Filipina, Thailand, Sri Lanka, Brunei Darussalam, Maladewa, Pakistan, Vietnam, Myanmar, Saudi Arabia, Jordan, Iraq, Kuwait, Bahrain, Lebanon, Egypt, Sudan, Kamboja, Nigeria, Kenya, Ghana, Nepal, dan Bangladesh.

Harga berlangganan iflix Rp39 ribu per bulan. Atau jika kamu menggunakan provider XL, kamu bisa mengakses iflix secara gratis dan hanya menggunakan kuota internet biasa.

4. Viu

Makin Banyak Pilihan, Ini Bedanya GoPlay, Netflix, iflix, dan ViuDok. Internet

Kalau kamu suka dengan serial dan film Asia, khususnya China, Jepang, Taiwan, Korea dan Indonesia, aplikasi video on demand Viu menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu unduh. Melalui aplikasi ini, kita akan dengan mudah streaming beragam film dan serial yang sedang tayang bersamaan dengan channel HBO Asia atau bahkan yang sudah lewat.

Tak hanya di Indonesia, Viu adalah layanan video streaming pan-regional over-the-top (OTT) terkemuka yang dioperasikan oleh PCCW Media Group. Viu tersedia di 17 pasar termasuk Hong Kong, Singapura, Malaysia, India, Indonesia, Filipina, Thailand, Myanmar di Asia, dan negara-negara Timur Tengah seperti Bahrain, Mesir, Yordania, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, UEA dan Afrika Selatan yang baru diluncurkan.

Harga berlangganan Viu menjadi yang termurah dibandingkan empat aplikasi serupa yang disebutkan dalam artikel ini, yakni Rp30 ribu per bulan. Dengan harga tersebut kamu bisa mengakses beragam serial dan film favorit kamu.

Itulah perbandingan dan perbedaan GoPlay, Netflix, iflix, dan Viu. Apapun aplikasi yang kamu pilih untuk menikmati layanan video streaming, memang terserah padamu. Tapi yang jelas, gunakan aplikasi legal untuk menonton streaming film dan serial ya. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Serial Netflix yang Wajib Kamu Tonton

Baca Juga: Ini 9 Rekomendasi Film Horor Netflix yang Wajib Kamu Tonton

Baca Juga: 10 Rekomendasi Serial Komedi Terbaik Netflix