Asian Games 2018 dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya sudah di depan mata. Hanya tinggal menunggu hitungan hari, pesta olahraga terbesar se-Asia ini akan digelar di dua kota besar di Indonesia, yakni Jakarta dan Palembang.

Banyak hal dipersiapkan untuk menyambut kedatangan para atlet yang akan bertanding di ajang olahraga ini. Selain persiapan infrastruktur seperti venue, akses jalan, penginapan dan transportasi, hal pendukung lainnya juga turut dipersiapkan, seperti lagu resminya.

Seperti yang diketahui, Asian Games 2018 menunjuk Via Vallen sebagai penyanyi lagu resminya. Lagu yang berjudul Meraih Bintang ini diciptakan oleh Pay dan Rastamanis ini memiliki makna bahwa jika kita fokus dengan apa yang akan kita inginkan, pasti dengan mudah akan tercapai.

Meski sudah mendapat banyak penonton, yakni sebanyak 8 juta penonton, namun banyak netizen menilai bahwa lagu ini kurang cocok dipakai sebagai lagu untuk tema olahraga. Alasannya karena kurang bersemangat. Tapi, lagu ini sudah menjadi lagu resmi Asian Games 2018 dan di-cover di banyak negara untuk menyemangati para atlet yang akan mewakili negaranya.

Kamu belum mendengar lagunya? Klik video di bawah ini ya!

Selain lagu resmi untuk ajang olahraga Asian Games 2018 di atas, berikut ini ada lima lagu resmi ajang olahraga di dunia yang sempat trending dan memeriahkan kompetisi tersebut. Apa saja? Cek Daftarnya berikut ini ya!

1. La Copa de La Vida - Ricky Martin

Lagu yang merupakan lagu resmi dari FIFA World Cup 1998 ini pasti nggak asing lagi di telingamu kan? Lagunya yang bersemangat dengan hentakan yang membuat siapa saja ikut bergoyang saat mendengarnya ini sangat tenar pada masanya dan berhasil membuat nama Ricky Martin terkenal hingga ke seluruh dunia. Lagu yang ditulis oleh Luis Gómez Escolar, Desmond Child, dan Draco Rosa ini berhasil masuk ke dalam 100 besar chart Billboard di tahun 1998.

2. Waka-Waka (This Time For Africa) - Shakira

Masih dari ajang olahraga FIFA World Cup 2010, lagu yang satu ini sempat terus terngiang di telinga lantaran lagunya yang easy listening dan punya lirik yang unik. Meski sempat terjadi kontroversi lantaran Shakira yang terpilih membawakan lagu tersebut, namun nyatanya lagu ini sangat diterima dan diputar hampir setiap jam di radio di Afrika.

3. Ayo Indonesia Bisa - Ello dan Sandra Dewi

Indonesia juga punya lagu untuk ajang olahraga yang sempat viral dan dinyanyikan dimana-mana, yakni Ayo Indonesia Bisa yang dinyanyikan oleh Ello dan Sandra Dewi. Lagu ini dibuat khusus untuk SEA GAMES 2011 lalu. Pasti tanpa sadar kamu sering menyanyikan lagu ini saat mendukung Indoneia di ajang olahraga tersebut kan?

4. Survival - Muse

Dihiasi oleh banyak atlet dari seluruh dunia sebagai cameo dalam video klip ini, lagu resmi untuk Olimpiade 2012 London bukan hanya membuat semangat tetapi juga membangkitkan jiwa nasionalisme pendengarnya untuk mendukung wakil dari negaranya. Lagu ini bercerita tentang semangat untuk nggak mudah menyerah mencapai apa yang kita inginkan.

5. Rise - Katy Perry

Ditulis sendiri oleh Katy Perry bersama dengan Max Martin, Ali Payami, dan Savan Kotecha, Rise menjadi lagu resmi Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brazil. Lagu ini berkisah tentang semangat untuk mencapai kejayaan dan pesan untuk nggak gampang menyerah saat kita gagal mencapai sesuatu.

Dari semua lagu untuk ajang olahraga tersebut, mana nih yang jadi favorit kamu?

BACA JUGA: Lagu Legendaris yang Masih Eksis Hingga Saat Ini​