Sedekah menjadi salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dengan bersedekah, kita dapat membantu meringankan beban orang lain yang sedang kesusahan. Di sisi lain, dengan bersedekah, kita bisa mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT.

Sedekah bukan hanya disunnahkan oleh Rasulullah SWT, sedekah juga merupakan perintah Allah SWT yang tercantum di beberapa ayat Alquran. Bahkan, sedekah juga memiliki keutamaan yang banyak. 

Supaya harta yang kita sedekahkan menjadi berkah, ada doa yang harus dibaca saat kita memberi sedekah. Apa saja doa yang dapat kita baca saat sedekah? Simak berikut ini.

Doa saat sedekah

Supaya Jadi Berkah, Ini Kumpulan Doa Saat Sedekah yang Perlu Kamu Tahufreepik.com

Ketika bersedekah, hendaklah diikuti dengan membaca doa semata-mata demi mendapatkan berkah dari Allah SWT. Berikut ini doa saat sedekah lengkap dengan artinya.

رَبَّنَاتَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

"Rabbana taqobbal minna innaka antas sami'ul alim."

Artinya: "Ya Tuhan kami, terimalah dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Doa sedekah saat di perjalanan

Supaya Jadi Berkah, Ini Kumpulan Doa Saat Sedekah yang Perlu Kamu Tahufreepik.com/Jcomp

Sedekah dapat kita lakukan kapan saja. Termasuk saat kita sedang dalam perjalanan. Tidak sedikit dari kita yang tergerak untuk membantu sesama saat sedang menempuh perjalanan. Bersedekah saat di perjalanan, doa yang harus dibaca adalah sebagai berikut.

اِشْتَرَيْتُ سَلاَمَتِي وَسَلاَمَةَ مَنْ مَعِيَ وَمَا مَعِيَ وَمُخَلِّفِيْ بِهَذَا مِنَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ

"Isytaraitu salamati wa salamata man ma'iya wa ma ma'iya wa mukhollifi bi hadza minallahi 'azza wa jalla."

Artinya: "Aku membeli keselamatanku dan keselamatan orang yang bersamaku dan barang yang ada bersamaku serta orang-orang yang aku tinggalkan dengan sedekah ini dari Allah."

Doa saat tidak bisa sedekah

Supaya Jadi Berkah, Ini Kumpulan Doa Saat Sedekah yang Perlu Kamu Tahufreepik.com/Jcomp

Mungkin ada kalanya kita sedang dilanda kesulitan ekonomi. Saat harta yang kita miliki pas-pasan atau bahkan kurang, namun kita ingin tetap sedekah, ada satu doa yang dapat kita baca. Doa tersebut berbunyi sebagai berikut.

"Allahumma sholli 'ala muhammadin 'abdika wa rasulika wa sholli 'alal mu'minina wal mu'minati wal muslimina wal muslimati."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, hamba-Mu dan utusan-Mu, dan limpahkanlah rahmat kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, orang-orang muslim laki-laki dan perempuan."

Bentuk-bentuk sedekah

Supaya Jadi Berkah, Ini Kumpulan Doa Saat Sedekah yang Perlu Kamu Tahufreepik.com

Sedekah memiliki beragam bentuk yang disesuaikan dengan kemampuan seorang muslimin untuk memberikannya. Beberapa bentuk sedekah yang dapat kita berikan kepada orang lain adalah sebagai berikut.

1. Uang

Uang menjadi bentuk umum dari sedekah. Sebab, dengan uang, seseorang dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya atau melunasi utang yang menjeratnya.

2. Senyum

Senyum kepada mereka yang kita temui di jalan juga menjadi salah satu bentuk sedekah yang dapat kita berikan. Dengan tersenyum, kita dapat menjalin silaturahmi dan hubungan baik kepada sesama.

3. Salam

Sama seperti senyum, memberi salam kepada orang yang kita temui juga menjadi salah satu bentuk sedekah yang mudah dan murah. Dengan memberi salam, kita mendoakan orang lain agar selalu mendapat berkah dan keselamatan dari Allah SWT.

4. Menyingkirkan sesuatu yang mengganggu di jalan

Ketika melihat ranting pohon yang melintang di jalan, batu yang menghalangi jalan, atau sampah, kita dapat menyingkirkannya ke tempat yang lain. Apa yang kita lakukan ini juga menjadi salah satu bentuk sedekah. Sebab, dengan menyingkirkan sesuatu yang mengganggu di jalan dapat menghindarkan orang lain dari hal-hal buruk.

5. Makanan dan minuman

Makanan dan minuman menjadi salah satu bentuk sedekah yang dapat kita lakukan. Bahkan Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk memberikan makanan dan minuman bagi mereka yang membutuhkan sebagai bentuk sedekah.

6. Ilmu

Ilmu juga menjadi sedekah yang dapat kita berikan kepada mereka yang membutuhkan. Bahkan sedekah ilmu menjadi amalan jariyah yang akan menolong kita di hari kiamat kelak. Amal jariyah adalah amal yang tidak terputus meskipun kita sudah meninggal dunia.

7. Membangun masjid

Sama seperti ilmu, membangun masjid adalah sedekah jariyah yang amalnya tidak akan terputus. Jika masjid tersebut terus digunakan sebagai rumah ibadah dan kegiatan positif lainnya, maka pahalanya akan terus mengalir bahkan ketika kita sudah meninggal dunia.

Itulah tadi bacaan doa saat sedekah yang dapat kita baca agar mendapat berkah dari Allah SWT. Semoga kita bisa selalu konsisten untuk sedekah berapa pun jumlah yang kita mampu.

Baca Juga: Bisa Membuka Pintu Rezeki, Ini Hadis Tentang Sedekah dan Keutamannya

Baca Juga: Tidak Akan Bikin Miskin, Ini 3 Janji Allah Bagi Kamu yang Bersedekah

Baca Juga: Cara Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan