Tepat satu minggu yang lalu, atau pada tanggal 19 Mei 2020, girlband Kpop Secret Number debut dan merilis video musik pertamanya yang berjudul "Who Dis?" . Namun, yang membuat girlband ini semakin menarik adalah adanya member asal Indonesia dan langsung mencuri perhatian.

Dia adalah Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang atau yang dikenal dengan nama Dita Karang. Dita menjadi perempuan Indonesia pertama yang berhasil debut menjadi girlband Kpop. Apa yang Dita capai hingga akhirnya bisa debut tak lepas dari perjalanan panjangnya selama ini.

Penasaran dengan perjalanan karier Dita Karang hingga bisa debut? Popbela telah merangkum perjalanan karier yang Dita ceritakan lewat live Instagram bersama Dian Sastrowardoyo pada Minggu (24/5) lalu. Simak, yuk!

1. Suka menari sejak SD

Kpop Idol Asal Indonesia Pertama, Ini Perjalanan Karier Dita KarangInstagram.com/ditakarang

Sejak mengumumkan bahwa Dian Sastrowardoyo akan live Instagram bersama Dita Karang, tentu banyak yang bertanya sejak kapan dan bagaimana keduanya bisa saling kenal. Dian menceritakan bahwa dirinya sudah mengenal Dita sejak Dita masih duduk di bangku sekolah dasar.

Di tahun 2007, Dian sempat menginap beberapa minggu di rumah orangtua Dita di Yogyakarta untuk keperluan syuting film. Selama itu pula, Dian mengenal Dita sebagai sosok anak perempuan yang sehari-harinya disibukan dengan beragam les. Mulai dari les balet hingga tari Bali.

2. Memutuskan untuk menjadi seorang performer sejak SMA

Kpop Idol Asal Indonesia Pertama, Ini Perjalanan Karier Dita KarangInstagram.com/ditakarang

Dekat dengan dunia tari membuat Dita sangat ingin menjadi seorang performer. Bahkan saat berkenalan dengan dunia Kpop, di masa SMP, Dita seringkali membuat video dance cover bersama teman-temannya. Tak jarang, ia mengikuti lomba dance cover untuk menyalurkan hobinya tersebut.

Semakin menyukai dunia tari, Dita memutuskan untuk menjadikan performer sebagai pekerjaannya setelah lulus nanti. Ia pun mendaftar ke American Musical and Dramatic Academy di New York selepas lulus SMA.

3. Sering gagal saat audisi

Kpop Idol Asal Indonesia Pertama, Ini Perjalanan Karier Dita KarangInstagram.com/ditakarang

Setelah lulus dari American Musical and Dramatic Academy, persaingan yang begitu ketat mulai dirasakan oleh Dita. Ia seringkali gagal saat mengikuti banyak audisi untuk pertunjukan broadway dan musikal.

Memang beberapa kali ia lolos audisi untuk peran-peran kecil. Namun hal tersebut nggak membuatnya cepat puas. Karena masih memiliki minat di dunia Kpop, sembari terus mengikuti audisi, Dita mendaftar kelas dance Kpop di New York. Kelas dance Kpop yang ia ikuti seringkali mengadakan audisi untuk menjadi trainee di Korea.

Kegagalan demi kegagalan yang ia rasakan akhirnya berbuah manis saat salah satu agensi mengatakan bahwa mereka tertarik dengan Dita. Sayangnya, setelah itu nggak ada kabar lagi dari agensi tersebut.

4. Pindah ke Korea Selatan dan masuk club dance 1Million

Kpop Idol Asal Indonesia Pertama, Ini Perjalanan Karier Dita KarangInstagram.com/ditakarang

Akhirnya Dita memutuskan untuk kembali ke Indonesia, kemudian selanjutnya ia pindah ke Korea Selatan dan bergabung dengan club dance 1Million. Di club dance tersebut, kemampuan Dita berkembang pesat. Sambil terus berlatih, ia juga mengasah kemampuan berbahasa Korea dengan ikut kursus dan menonton drama Korea.

Tak lama setelahnya, Dita akhirnya diterima di Vine Entertainment, manajemen yang menaunginya saat ini. Ia pun menjalani training kurang lebih dua tahun di manajemen tersebut.

5. Debut setelah dua tahun training

Kpop Idol Asal Indonesia Pertama, Ini Perjalanan Karier Dita KarangInstagram.com/ditakarang

Setelah masuk ke dalam manajamen, ternyata perjalanan Dita nggak mulus begitu saja. Ia bahkan harus menunggu selama dua tahun untuk sampai bisa debut seperti saat ini. Kini, Dita dan member Secret Number lainnya sedang mulai mendaki ke puncak popularitas karena debutnya mendapat sambutan luar biasa dari para penggemar Kpop di seluruh dunia.

Ternyata perjalanan karier Dita hingga menjadi Kpop Idol nggak semudah yang kita kira ya, Bela. Banyak perjuangan dan penolakan sampai akhirnya berbuah manis seperti saat ini.

Baca Juga: Intip Pesona Dita Karang, Kpop Idol Pertama Asal Indonesia 

Baca Juga: Gaya Dita Karang, Member Grup Kpop Secret Number Asal Indonesia 

Baca Juga: Transformasi Penampilan 12 Idol Kpop Paling Pangling