Bukan hanya penuh berkah, bulan Ramadan juga menyimpan banyak peristiwa bersejarah. Salah satunya malam turunnya al-Quran atau yang dikenal dengan malam Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar.

Peringatan Nuzulul Quran setiap bulan Ramadan adalah peristiwa turunnya al-Quran atau diturunkan utuh dari Lauhul Mahfuzh di langit ketujuh menuju Baitul izzah. Nuzulul Quran biasanya diperingati di tanggal 17 Ramadan atau sepuluh hari kedua Ramadan.

Ada lima keutamaan pada malam Nuzulul Quran. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

Keutamaan Malam Nuzulul Quran

Malam Nuzulul Quran merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadr : 3)

Disebut lebih baik maksudnya adalah amalan dan ibadah yang kita lakukan selama satu malam di malam Nuzulul Quran lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan.

Keutamaan Malam Nuzulul Quran

Bagaikan bayi yang baru lahir ke dunia, seseorang yang menghidupkan malam Nuzulul Quran akan diampuni dosanya yang telah lalu. Hal ini sesuai dengan Hadits Rasulullah SAW.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari)

Keutamaan Malam Nuzulul Quran

Malam Nuzulul Quran juga menjadi salah satu malam yang penuh keberkahan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT.

إِنَّآ أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi.” (QS. Al-Dukhan : 3)

Disebut sebagai malam penuh berkah adalah karena di salah satu malam di bulan Ramadan, al-Quran diturunkan ke bumi dan malam tersebut menjadi malam yang penuh dengan keberkahan.

Keutamaan Malam Nuzulul Quran

Keberkahan malam Nuzulul Quran juga ditandai dengan banyaknya malaikat yang turun ke bumi termasuk malaikat Jibril.

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (QS. Al-Qadr : 4)

Keutamaan Malam Nuzulul Quran

Malam Nuzulul Quran juga menjadi malam dimana takdir tahunan dicatat. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT.

فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Al-Dukhan : 4)

Urusan yang dimaksud di sini meliputi rezeki, hidup, mati, untung, dan sebagainya. Jika pada malam Nuzulul Quran kita bisa menghidupkannya sepanjang malam, dijamin kita bukan hanya mendapatkan keberkahan sepanjang tahun tetapi juga takdir baik. Insya Allah.

Itulah tadi keutamaan malam Nuzulul Quran jika kita bisa menghidupkannya di bulan Ramadan ini. Semoga kita bisa menjadi salah satu umat yang beruntung yang dapat menikmati malam Nuzulul Quran.

Baca Juga: Arti dan Tanda Malam Lailatul Qadr