Setelah berdamai dan sepakat untuk bekerja sama membuat kembali sekuel Spider-Man, rumah produksi Disney berencana akan membeli hak cipta Spider-Man dari Sony Pictures. Tak tanggung-tanggung, Disney bahkan rela mengeluarkan uang hingga Rp70 triliun!

Bagaimana kesepakatannya? Simak beritanya berikut ini ya.

Disney Tak Puas dengan Sistem Bagi Hasil

Kerja Sama Lagi, Disney Akan Beli Hak Cipta Spider-Man Rp70 TriliunIMDB.com

Kesepakatan terakhir yang dibuat oleh Sony Pictures dan Disney yang membuat mereka mau bekerja sama lagi adalah pembagian keuntungan yang dinilai lebih adil. Dalam kesepakatan terakhir yang dibuat di akhir September 2019 lalu, Disney akan mendapatkan 25% keuntungan dari pendapatan kotor dan penjualan merchandise Spider-Man dengan hak cipta merchandise ada di tangan Disney.

Di awal kesepakatan, Disney setuju dengan pembagian keuntungan ini. Namun belakangan, beredar kabar kalau Disney nggak puas dengan kesepakatan tersebut dan berniat untuk membeli seluruh hak cipta dari film Spider-Man ini.

Siap Keluarkan Rp70 Triliun demi ‘Membeli’ Spider-Man

Kerja Sama Lagi, Disney Akan Beli Hak Cipta Spider-Man Rp70 TriliunIMDB.com

Karena dinilai keuntungan yang diterimanya masih kurang memuaskan, Disney berencana akan membeli seluruh hak cipta Spider-Man. Disney pun siap menggelontorkan dana hingga $5 miliar atau setara dengan Rp70 triliun untuk membeli seluruh hak cipta Spider-Man.

Namun hal ini, melansir Screenrant.com, masih rumor semata. Sebab, Sony Pictures diketahui tak mudah melepas hak ciptanya begitu saja. Terlebih karakter Spider-Man dinilai sangat menguntungkan pihak Sony Pictures dan menjadi karakter paling sukses yang pernah dimilikinya.

Jika Kesepakatan Ini Berhasil, Spider-Man akan Menjadi Hak Cipta Termahal yang Pernah Dibeli Disney

Kerja Sama Lagi, Disney Akan Beli Hak Cipta Spider-Man Rp70 TriliunIMDB.com

Meski hanya rumor, banyak pihak setuju jika hak Spider-Man. Termasuk para penggemar superhero ini. Menurut mereka, Disney sangat kreatif dalam hal publikasi yang membuat Spider-Man bisa semakin disukai oleh banyak orang. Jika kesepakatan ini berhasil, maka Spider-Man akan menjadi hak cipta termahal yang pernah dibeli Disney setelah Star Wars.

Pada tahun 2012, Disney mengakuisisi hak cipta Star Wars dan membelinya dengan harga $4 miliar atau setara dengan Rp56 triliun dari Lucas Film. Sejak saat itu, Star Wars berkembang pesat dan menghasilkan keuntungan bersih sekitar $6 miliar atau setara dengan Rp80 triliun.

Well, mau siapapun pemegang hak cipta Spider-Man, semoga saja hal ini tidak menghambat proses produksi film Spider-Man selanjutnya ya!

Baca Juga: Gabung Lagi dengan Marvel, Jadwal Film Spider-Man Terbaru Diumumkan