Setiap awal tahun atau setiap membeli kalender di tahun baru, hal pertama yang kita lihat adalah tanggal merah di setiap bulannya. Tanggal merah atau hari libur yang ada di setiap bulan membantu kita untuk menyusun jadwal liburan dari jauh-jauh hari supaya kita bisa membeli tiket transportasi dan memesan kamar hotel lebih murah.

Untuk libur lebaran hingga akhir tahun 2019 ini, pemerintah sudah menetapkan jadwal libur secara resmi lho. Kapan saja tanggal liburnya? Catat ya!

Cuti Bersama Terpanjang 2019

Siap-Siap Liburan! Ini Jadwal Libur Resmi 2019 dari PemerintahUnsplash.com/Katerina Kerdi

Tahun 2019 ini, Hari Raya Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada tanggal 5-6 Juni 2019. Itu artinya, dua hari sebelum dan dua hari sesudah Hari Raya Idul Fitri menjadi hari cuti bersama. Namun, sebelum tanggal 5-6 Juni, ada dua tanggal merah yang berdekatan, yakni tanggal 30 Mei (libur karena memperingati Kenaikan Yesus Kristus) dan tanggal 1 Juni (libur karena memperingati Hari Lahirnya Pancasila. Karena pertimbangan dua tanggal merah yang berdekatan tersebut, akhirnya pemerintah menetapkan bahwa tanggal 31 Mei 2019 merupakan hari cuti bersama.

Jika dirincikan lebih lanjut, maka jadwal libur lebaran tahun 2019 ini akan sangat panjang, yakni sebanyak 11 hari. Tanggal berapa saja jadwal libur lebaran 2019 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah? Simak daftarnya berikut ini.

30 Mei: Libur memperingati kenaikan Yesus Kristus

31 Mei: Cuti bersama

1 Juni: Libur memperingati Hari Lahir Pancasila

3-4 Juni: Cuti bersama

5-6 Juni: Hari Raya Idul Fitri

7 Juni: Cuti bersama

Untuk kantor, khususnya kantor pemerintahan, akan aktif beroperasi kembali pada tanggal 10 Juni 2019.

Jadwal Hari Libur 2019

Siap-Siap Liburan! Ini Jadwal Libur Resmi 2019 dari PemerintahInstagram.com/kemenko_pmk

Selain jadwal libur lebaran 2019, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan juga sudah menerbitkan jadwal libur sepanjang tahun 2019. Tanggal berapa saja liburnya? Simak berikut ini.

Agustus

11 Agustus: Hari Raya Idul Adha 1440 H

17 Agustus: Hari Kemerdekaan Indonesia

September

1 September: Tahun Baru Islam 1441 H

November

9 November: Maulid Nabi Muhammad SAW

Desember

24 Desember: Cuti Bersama Hari Raya Natal

25 Desember: Hari Raya Natal

Setelah melihat jadwal hari libur di atas, langsung rencanakan liburanmu yuk!

Baca Juga: Paket Wisata Bandung Murah Bikin Liburanmu Lebih Terencana