Di akhir minggu ini, menonton film bisa menjadi salah satu kegiatan rutin yang kamu lakukan. Selain dapat melepas penat, dari film kita juga bisa mengambil pelajaran hidup yang disajikan di dalam film tersebut. Untuk minggu ini, Popbela merekomendasikan kamu untuk nonton 12 Strong. Apa alasannya? Baca terus ya!

Film besutan sutradara Nicolai Fuglsig ini merupakan film yang diadaptasi dari novel yang berjudul Horse Soldiers. Buku yang ditulis berdasarkan kejadian nyata ini mengambil setting kejadian runtuhnya gedung World Trade Center pada 9 September 2001.

Setelah gedung pencakar langit tersebut runtuh karena ditabrak pesawat yang telah diambil alih oleh gerombolan teroris, tentara Amerika Serikat memutuskan berangkat ke Afghanistan untuk melawan kelompok Taliban yang menjadi penyebab kerusuhan tersebut. Ada 12 orang terpilih yang diberangkatkan ke Afghanistan untuk merebut Kota Mazar-i-Sharif yang telah dikuasai oleh kelompok teroris yang kejam. Perjalanan menuju lokasi tersebut nggak semudah yang dikira. Persediaan makanan yang terbatas, serta hanya mengandalkan kuda sebagai alat transportasi untuk melintasi pegunungan terjal berbatu menjadi tantangan bagi 12 tentara tersebut.

Nggak cuma menyajikan pemandangan khas Timur Tengah, film yang dibintangi oleh Chris Hemsworth, Michael Shannon, Michael Pena, dan Trevante Rhodes ini juga sarat akan nilai sejarah. Berikut fakta menarik yang diangkat ke dalam film 12 Strong yang harus kamu tahu.

Chris Hemsworth Ucapkan Salam

Dari Chris Hemsworth Ucap Assalamulaikum Hingga Fakta Menarik Lainnya Dalam Film 12 Strong WCNC.com

Mengambil setting lokasi di Timur Tengah, tepatnya di Afghanistan tentu tak lepas juga dengan budaya di negara tersebut. Afghanistan yang sebagian besar masyarakatnya beragama muslim, membuat para tentara Amerika mau tak mau harus berbaur dan mengikuti budaya di sana agar bisa diterima dengan baik. Begitu pun ketika bertemu dengan warga sekitar, hal pertama yang harus diucapkan adalah "Assalamualaikum", salam a la masyarakat Muslim. Satu hal yang unik dalam film ini, kamu bisa melihat Chris Hemsworth mengucapkan "Assalamualaikum" lho! Penasaran?

Tim ODA 595

Dari Chris Hemsworth Ucap Assalamulaikum Hingga Fakta Menarik Lainnya Dalam Film 12 Strong IMDB.com

Film 12 Strong menceritakan tentang 12 tentara Amerika Serikat yang dikirim langsung ke Afghanistan untuk merebut Kota Mazar-i-Sharif. Siapa sangka, tim ini ternyata benar-benar ada. ODA 595 atau Operational Dteachment Alpha 595 dipimpin oleh Kapten Mark Nutsch (dalam film nama tokoh menjadi Mitch Nelson dan diperankan oleh Chris Hemsworth), berhasil membawa kembali seluruh anggotanya pulang setelah merebut Kota Mazar-i-Sharif. Meski ada satu anggotanya yang terluka akibat bom bunuh diri, namun kemenangan mereka di Afghanistan merupakan kemenangan tentara Amerika pertama setelah penyerangan 9/11.

Penasaran bagaimana aslinya tentara ODA 595? Kamu bisa lihat di foto yang satu ini, Bela.

Dari Chris Hemsworth Ucap Assalamulaikum Hingga Fakta Menarik Lainnya Dalam Film 12 Strong Armytimes.com

Patung Tentara Berkuda di Lokasi Bekas Gedung World Trade Center

Dari Chris Hemsworth Ucap Assalamulaikum Hingga Fakta Menarik Lainnya Dalam Film 12 Strong Exceptionalwarriors.org

Ketika berada di Afghanistan, satu-satunya alat transportasi yang dimiliki oleh pasukan tentara Amerika Serikat adalah kuda. Dengan kuda, mereka nggak perlu memikirkan pasokan bahan bakar serta aman melintasi medan yang cukup terjal. Karena hal inilah, Pemerintah Amerika Serikat membangun patung kuda yang diberi nama Horse Soldier yang dipajang di lokasi bekas reruntuhan gedung World Trade Center sebagai penghormatan kepada para tentara yang telah berjuang. Sampai saat ini, patung tersebut masih dapat kita kunjungi lho!

Tokoh Dostum

Dari Chris Hemsworth Ucap Assalamulaikum Hingga Fakta Menarik Lainnya Dalam Film 12 Strong Filmisnow.com

Kemenangan tentara Amerika Serikat nggak lepas dari bantuan seorang tokoh Afghanistan yang bernama Abdul Rashid Dostum. Siapa sangka, tokoh yang satu ini benar-benar ada dan sampai saat ini masih menjabat sebagai Wakil Presiden Afghanistan sejak tahun 2014 lalu.

Buat kamu yang suka dengan film-film sejarah, film yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan. Jadi, kapan mau nonton?

BACA JUGA: Yuk, Ketahui Kepribadianmu Lewat 9 Jenis Film Favorit Ini​