Berolahraga saat puasa memang diperbolehkan dan bahkan disarankan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Namun, apa jadinya kalau olahraga yang kamu suka adalah berenang? Apakah berenang tetap diperbolehkan saat puasa? Sebenarnya bagaimana hukum berenang saat puasa?

Hukum Berenang Saat Puasa

Hukum Berenang Saat PuasaUnsplash.com/Capturer Le moment

Sebetulnya berenang dan menyelam saat puasa diperbolehkan. Asalkan, kamu dapat memastikan tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh. Bukan hanya masuk melalui mulut, air yang masuk melalui telinga dan hidung juga bisa membuat puasamu batal.

Namun soal hukumnya, merangkum NU.or.id, hukum berenang saat puasa adalah makruh. Sebab kegiatan berenang sangat berisiko membatalkan puasa. Saat berenang, air bisa saja masuk ke dalam tubuh melalui berbagai lubang, yakni melalui mulut, hidung, telinga, kemaluan, dubur, dan luka yang terbuka.

Ingat Selalu Syaratnya Jika Ingin Berenang Saat Puasa

Hukum Berenang Saat PuasaUnsplash.com/Chris Blonk

Jika kamu memang ingin tetap berenang saat puasa, ada baiknya jika kamu ingat selalu syaratnya. Syarat berenang saat puasa hanya satu, yakni jangan sampai ada air yang masuk ke dalam tubuh, baik itu melalui mulut, hidung dan telinga. Pastikan juga kalau kamu tidak buang angin saat berenang. Sebab, jika kamu buang angin saat berenang, air dapat masuk ke dalam tubuhmu melalui dubur dan itu membuat puasamu batal.

Tapi, akan lebih bijak jika kita berenang saat sudah berbuka puasa untuk menghindari batalnya puasa. Kita bisa berenang di malam hari dan mengganti olahraga di sore hari dengan kegiatan yang lebih ‘aman’ dari batalnya puasa, misalnya jogging atau senam.

Itulah tadi hukum berenang saat puasa yang harus selalu kamu perhatikan supaya puasamu lancar dan tidak batal. Selamat berpuasa! 

Baca Juga: Hukum Mencicipi Makanan Saat Puasa