Banyak cara untuk mengenali suatu daerah atau negara. Kamu bisa mengenalinya dari ciri-ciri fisik masyarakatnya, bahasa yang digunakannya, hingga logat cara mereka berbicara. Karena tanpa disadari, setiap daerah maupun negara memiliki ciri khasnya masing-masing. Sehingga, selain mudah dikenali, juga membuat daerah tersebut menjadi unik.

Hal lain yang bisa kita lakukan untuk mengenali suatu daerah atau negara adalah dari bangunan ikonik yang terdapat di negara tersebut. Seperti pada beberapa negara di dunia berikut ini. Mereka memiliki bangunan yang sudah menjadi landmark atau ikon dari negara tersebut.

Gedung unik dimana saja yang menjadi ikon suatu negara? Berikut daftarnya.

1. Sydney Opera House

Ini Lho 10 Gedung Ikonik yang Menjadi Landmark di Berbagai NegaraDok. Internet

Gedung yang digunakan sebagai tempat pertunjukkan opera ini, sudah menjadi ikon dari negara kangguru, Australia. Bentuknya yang seperti setengah kubah sangat mudah diingat. Tidak heran, jika beberapa souvenir khas Australia menggunakan gedung ini sebagai gambarnya.

2. Eiffel Tower

Ini Lho 10 Gedung Ikonik yang Menjadi Landmark di Berbagai Negaranationalgeographic.com

Monumen yang dibangun pada tahun 1889 ini sudah menjadi ikon kota Paris, Prancis sejak lama. Menara Eiffel didesain oleh seorang arsitek bernama Gustave Eiffel. Dalam pembangunannya, monumen yang dikunjungi oleh lebih dari 7 juta wisatawan per tahun ini membutuhkan waktu selama 2 tahun, 2 bulan, dan 5 hari untuk pengerjaannya.

3. Empire State Building

Ini Lho 10 Gedung Ikonik yang Menjadi Landmark di Berbagai Negaraklook.com

Gedung pencakar langit yang menjadi ikon Kota Manhattan, Amerika Serikat ini memiliki 103 lantai. Dilansir dari berbagai sumber, lantai 102 dan 103 hanya bisa diakses menggunakan tangga. Dan hanya orang tertentu yang bisa masuk ke lantai tersebut. Kira-kira apa isinya ya?

4. Notre Dame de Paris

Ini Lho 10 Gedung Ikonik yang Menjadi Landmark di Berbagai Negaraeasyvoyage.co.uk

Dalam bahasa Indonesai, Notre Dame de Paris berarti wanita dari Paris. Bangunan yang juga berfungsi sebagai gereja katedral ini menjadi salah satu bangunan ikonik yang ada di Paris. Memiliki panjang 130 meter, lebar 48 meter, dan tinggi 35 meter, Notre Dame de Paris menjadi salah satu karya bangunan bergaya gothic yang paling menakjubkan.

5. Casa Mila

Ini Lho 10 Gedung Ikonik yang Menjadi Landmark di Berbagai NegaraDok. Internet

Spanyol juga punya gedung ikonik. Casa Mila namanya. Gedung berdesain unik ini membutuhkan waktu enam tahun untuk pengerjaannya. Gedung yang juga dikenal dengan nama La Pedrera ini sudah masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1984 lalu.

6. Cathedral of Brasilia

Ini Lho 10 Gedung Ikonik yang Menjadi Landmark di Berbagai NegaraDok. Internet

Cathedral of Brasilia ini merupakan bukti bahwa agama katolik di Brasil sudah berkembang sangat modern sejak dulu. Didesain oleh arsitek bernama Oscar Niemeyer, Cathedral of Brasilia membutuhkan waktu dua tahun untuk pengerjaannya. Kini, Cathedral of Brasilia sudah menjadi bangunan ikonik di Brasil. Kamu belum ke Brasil namanya kalau belum ke sini.

7. The Shard

Ini Lho 10 Gedung Ikonik yang Menjadi Landmark di Berbagai Negaratravelzom.com

Gedung pencakar langit dengan tinggi 309 meter yang berlokasi di London, Inggris ini juga sudah menjadi lokasi ikonik tersendiri di sana. Dibangun dalam kurun waktu dua tahun, The Shard diresmikan langsung oleh Perdana Menteri Qatar, Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thany pada tahun 2012 lalu.

8. Burj Khalifa

Ini Lho 10 Gedung Ikonik yang Menjadi Landmark di Berbagai Negaraburjkhalifa.ae

Gedung pencakar langit yang diklaim sebagai gedung tertinggi di dunia ini sudah menjadi ikon kemewahan Dubai sejak pertama kali diresmikan. Memiliki tinggi 829 meter dan didesain oleh arsitek bernama Adrian Smith, Burj Khalifa memulai pembangunannya pada tahun 2004 dan selesai di tahun 2005.

9. Taj Mahal

Ini Lho 10 Gedung Ikonik yang Menjadi Landmark di Berbagai Negaranationalgeographic.com

Belum ke India rasanya kalau belum mengunjungi lokasi yang satu ini. Didesain oleh arsitek bernama Ustad Ahmad Lahauri, Taj Mahal membutuhkan 22.000 pekerja dan 17 tahun untuk pembangunannya. Nggak heran, kalau Taj Mahal bisa secantik ini karena proses pengerjaannya pun membutuhkan waktu lama dan mendetil. Karena kecantikannya pula, Taj Mahal akhirnya dinobatkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO di tahun 1983.

10. Ka'bah

Ini Lho 10 Gedung Ikonik yang Menjadi Landmark di Berbagai NegaraDok. Internet

Tanpa perlu membaca sebuah artikel, ketika bangunan ini muncul pada halaman depan tulisan, kamu akan mengetahui dari mana berita tersebut berasal. Ka'bah sudah menjadi ikon Arab Saudi. Tempat bersejarah bagi umat muslim ini setiap tahunnya dikunjungi oleh jutaan orang untuk beribadah, baik haji maupun umroh.

Kamu pernah berkunjung ke bangunan ikonik yang mana nih?

BACA JUGA: 7 Peraturan Paling Aneh yang Pernah Ada di Seluruh Dunia​