Salah satu tujuan kita menonton film adalah mencari hiburan. Hiburan yang kita tonton ini bisa pelepas lelah dan membuat kita fresh lagi untuk melakukan kegiatan di keesokan harinya.

Masih bingung mau menonton film apa yang benar-benar menghibur dengan komedi yang bersifat timeless? Kamu bisa memasukan 15 rekomendasi film komedi terbaik sepanjang masa ini ke dalam watchlist kamu. Apa saja?

1. Dumb & Dumber (1994)

https://www.youtube.com/embed/l13yPhimE3o

Film Dumb & Dumber menjadi film komedi terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Film dengan sutradara Peter Farrelly (yang juga menyutradarai Shallow Hal) ini bercerita tentang Llyod Natal (Jim Carrey) dan Herry Dune (Jeff Daniels) yang tinggal di satu apartemen sama dan mengalami masalahnya masing-masing.

Suatu hari, Llyod mengantarkan Mary Swanson (Lauren Holly) ke bandara. Karena suatu insiden, tas Mary tertinggal. Llyod berjanji akan mengantarkan tas tersebut ke Mary. Ia bersama Herry pun keliling dunia untuk mengantarkan tas tersebut. Film ini mengandalkan komedi slapstick yang akan membuatmu terpingkal sepanjang menontonnya.

2. Home Alone (1990)

https://www.youtube.com/embed/jEDaVHmw7r4

Film ini pasti melekat kuat di ingatan anak 90-an. Home Alone selalu tayang di televisi Indonesia tiap tahunnya untuk memeriahkan momen natal. Rilis tahun 1990, Home Alone berkisah tentang Kevin McCallister (Macaulay Culkin) yang tertinggal di rumah sendirian saat keluarganya berlibur ke Paris. Keadaan semakin memburuk ketika rumah Kevin menjadi incaran para pencuri. Kevin pun mengatur strategi agar rumahnya aman dari pencuri tersebut.

3. Rush Hour (1998, 2001, 2007)

https://www.youtube.com/embed/JMiFsFQcFLE

Berbicara mengenai film komedi, pantang sekali meninggalkan trilogi Rush Hour yang menyajikan aksi laga namun penuh canda antara Jackie Chan dan Chris Tucker. Film komedi klasik ini wajib ada di list kamu, ya, Bela.

Berkisah tentang hubungan kerja sama antara detektif kepolisian Hong Kong dengan detektif FBI Amerika, yang awalnya mau menyelamatkan nyawa anak konsulat Tiongkok yang diculik. Kesuksesan Rush Hour 1, membawa film ini menjadi trilogi yang tidak kalah mengocok perut. Bayangkan saja, aksi kung fu dan seni bela diri Jackie Chan yagn melegenda, bertemu dengan mulut yang terlalu banyak bicara milik Chris Tucker. Kocak banget, deh!

4. Guardians of The Galaxy (2014, 2017)

https://www.youtube.com/embed/d96cjJhvlMA

Salah satu film dari Marvel Cinematic Universe juga termasuk dalam film komedi yang wajib kamu tonton adalah Guardians of The Galaxy. Film arahan James Gunn ini bercerita tentang Peter Quil alias Star Lord (Chris Pratt) yang dikenal sebagai pengembara sekaligus pencuri luar angkasa.

Dalam petualangannya, Star Lord bertemu dengan Rocket Racoon (Bradley Cooper), Groot (Vin Diesel), dan Drax (Dave Bautista) yang membuat mereka justru bersekongkol untuk melakukan aksi lainnya. Musik latar pun turut membangkitkan memori para penonton generasi 90-an.

5. Mr. Bean’s Holiday (2007)

https://www.youtube.com/embed/LZfIzJ6XwPQ

Semua serial televisi Mr. Bean memang nggak pernah gagal membuat kita tertawa. Bahkan filmnya, Mr. Bean’s Holiday, yang rilis pada tahun 2007 menjadi salah satu film komedi terbaik dengan keuntungan mencapai US$232 juta.

Mr. Bean’s Holiday berkisah tentang Mr. Bean (Rowan Atkinson) yang beruntung mendapat hadiah undian liburan ke Cannes, Prancis, lengkap dengan uang saku dan kamera. Dalam perjalanannya menuju Cannes, Mr. Bean membuat banyak kekacauan. Mulai dari kekacauan di restoran, hingga menggagalkan proses syuting sebuah film karena ia meledakkan lokasi syuting.

6. The Hangover (2009, 2011, 2013)

https://www.youtube.com/embed/tlize92ffnY

Khusus untuk film ini, kamu wajib menonton ketiga serinya, jika butuh bahan tertawa seharian! Berkisah tentang pesta bujang yang diselenggarakan para sahabat yang kemudian berakhir dengan banyak pertanyaan. Hal itulah yang dilakukan oleh Phil (Bradley Cooper), Stu (Ed Helms), dan Alan (Zach Galifianakis) saat mengetahui bahwa Doug (Justin Bartha) akan menikah.

Keempat sahabat tersebut memutuskan untuk berpesta dan mabuk-mabukan. Celakanya, mereka mabuk dengan sangat berlebihan. Sampai-sampai saat mereka mabuk, banyak kejadian tak terduga terjadi yang dijamin membuatmu terpingkal saat menontonnya.

7. We’re the Millers (2013)

https://www.youtube.com/embed/0Vsy5KzsieQ

Saking suksesnya, meme dari film We’re The Millers ini banyak kamu temukan di media sosial. Film ini bercerita tentang seorang pengedar ganja bernama David (Jason Sudeikis) yang akan menyelundupkan barang haram tersebut dari Meksiko ke Amerika. Sialnya, aksi David nyaris diketahui pihak berwajib. Ia pun menyelamatkan diri dengan membuat keluarga bohongan bersama orang-orang yang ditemuinya di sepanjang perjalanan.

8. The Farewell (2019)

https://www.youtube.com/embed/RofpAjqwMa8

Kamu pasti pernah mendengar istilah ‘kebohongan akan diikuti kebohongan lain’, bukan? Itulah yang menjadi benang merah dalam film The Farewell. Film yang dibintangi oleh Awkwafina ini bercerita tentang keluarga Billi (Awkwafina) yang kerap kali berbohong demi kebaikan.

Suatu hari, keluarga Billi harus berbohong kepada nenek mereka yang mengidap penyakit kanker. Penyakit ini harus disembunyikan dari sang nenek karena takut kondisinya memburuk jika mengetahui kenyataan yang sebenarnya. Alhasil, mereka pun terus berbohong untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

9. Dolittle (2020)

https://www.youtube.com/embed/FEf412bSPLs

Meski tokoh utama manusianya cuma satu, film Dolittle menggandeng banyak aktor papan atas sebagai pengisi suara para hewan. Sebut saja Emma Thompson sebagai Polynesia si burung kakatua, Rami Malek sebagai Chee-Chee si gorila, John Cena sebagai Yoshi si beruang kutub, Kumail Nanjiani sebagai Plimpton si burung unta, Tom Holland sebagai Jip si anjing yang bijak, dan masih banyak lagi.

Film yang rilis pada tahun 2020 ini berkisah tentang Dr. Dolittle (Robert Downey Jr.) yang enggan lagi menolong hewan dan memilih menutup diri karena trauma dengan masa lalunya. Ia harus melawan ketakutan traumanya ini, saat Sang Ratu memintanya datang untuk menyembuhkan dirinya dari penyakit misterius.

10. Knives Out (2019)

https://www.youtube.com/embed/qOg3AoRc4nI

Knives Out adalah tontonan komedi cerdas yang menyingkirkan metode slapstick dan mengalir secara elegan. Film satu ini benar-benar di luar dugaan dengan plot twist yang bikin kamu tercengang.

Knives Out bercerita tentang keluarga Harlan Thrombey (Christopher Plummer) yang kaget dengan kematian Harlan yang begitu mendadak. Sehari sebelum Harlan meninggal dunia, semua anak, cucu dan menantunya berada di rumahnya untuk merayakan ulang tahun Harlan. Semua orang yang ada di sana diduga menjadi pembunuh Harlan. Kira-kira, siapa pembunuh Harlan sebenarnya?

11. Spy (2015)

https://www.youtube.com/embed/ltijEmlyqlg

Bukannya bikin tegang, aksi mata-mata dalam film Spy justru mengundang gelak tawa. Film ini berkisah tentang agen rahasia CIA, Susan Cooper (Melissa McCarthy) yang menawarkan diri untuk menyelidiki sebuah kasus. Dalam investigasi kasus ini, Susan dihadapkan dengan berbagai insiden tak terduga yang membuat kasus ini semakin rumit.

12. Pixels (2015)

https://www.youtube.com/embed/XAHprLW48no

Di tahun 1982, pemerintah Amerika Serikat mengirimkan roket kapsul ke luar angkasa untuk membuktikan bahwa ada kehidupan di sana. Mereka juga mengirimkan video berisi permainan-permainan komputer untuk menunjukan kebudayaan di Bumi yang sudah maju.

Namun, 30 tahun berlalu, pemerintah Amerika Serikat mendapat 'surat balasan' dari penghuni luar angkasa. Sayangnya, balasan tersebut malah mengancam kehidupan Bumi karena menurut alien, video yang dikirimkan pemerintah itu merupakan bentuk ancaman bagi mereka.

Para alien pun mengadopsi cara kerja video game tersebut dan menyerang Bumi seperti mereka sedang bermain game. Bisa nggakya, mereka menangani serangan alien tersebut?

13. Night at the Museum (2006)

https://www.youtube.com/embed/iRbNamFdGog

Bekerja di museum memang sangat menyenangkan. Secara tidak langsung, sambil bekerja kita juga bisa belajar mengenai sejarah dari museum tersebut. Larry Daley (Ben Stiller) mendapatkan kesempatan itu dengan menjadi petugas keamanan khusus untuk berjaga di malam hari di American Museum of Natural History, New York.

Awalnya, tak ada yang aneh dengan pekerjaannya. Semua berjalan lancar dan Larry tidak menemukan kesulitan apapun. Sampai akhirnya, ia menemukan kenyataan bahwa semua koleksi di museum tersebut hidup dan mengganggu pekerjaannya. Bisakah Larry mengatasi itu semua?

14. Jumanji (2017)

https://www.youtube.com/embed/2QKg5SZ_35I

Diangkat dari film animasi dengan judul sama, Jumanji versi live action pertama kali rilis di tahun 2017 dan dibintangi oleh Dwayne Johnson, Alex Wolff, Kevin Hart, Ser'Darius Blain, Jack Black, Madison Iseman dan Nick Jonnas.

Sama seperti film animasinya, Jumanji: Welcome to the Jungle bercerita tentang petualangan empat sahabat yang secara tak sengaja masuk ke dalam dunia video game. Untuk dapat keluar dari sana, mereka harus menyelesaikan permainan dan tidak boleh kalah. Sebab, jika kalah, mereka akan terjebak di sana sampai ada yang bisa menyelamatkan mereka.

15. Shaun of the Dead (2004)

https://www.youtube.com/embed/LIfcaZ4pC-4

Bukannya menyeramkan dan bikin deg-degan, film zombie Shaun of the Dead yang rilis di tahun 2004 ini justru membuat kita terpingkal. Film ini bercerita tentang Shaun (Simon Pegg) yang selalu merasakan kesialan dalam hidupnya. Mulai dari kisah cinta yang kandas, tak dihargai di tempatnya bekerja, hingga tidak pernah akur oleh ayah tirinya.

Kesialan Shaun bertambah saat sekelompok zombie menyerang kota. Tanpa Shaun sadari, salah satu teman di apartemennya, Pete (Peter Serafinowicz) juga menjadi zombie karena mengalami gigitan misterius. Shaun pun harus menyelamatkan diri dan ibunya dari serangan itu.

Aksi kocak dan jenaka mewarnai pertarungan Shaun dengan zombie. Berhasilkah Shaun keluar dari zombie apocalypse ini?

Itulah deretan film komedi terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Mau mulai dari mana, nih, Bela?

Baca Juga: Miliki Rating Tinggi, Ini 10 Film Terbaik Sepanjang Masa 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Netflix Berlatar Zaman Kerajaan

Baca Juga: Keren! Ini 7 Film Kungfu yang Bikin Kamu Ingin Belajar Bela Diri