Semenjak pandemi melanda dunia, tempat-tempat yang berpotensi menyebabkan kerumunan banyak orang terpaksa ditutup. Sebab, COVID-19 dapat dengan mudah menular dari seseorang ke orang lainnya. Salah satu tempat yang ditutup tersebut adalah bioskop.

Jika melihat kembali ke belakang, bioskop telah tutup selama lebih dari delapan bulan. Selama itu pula, banyak film Indonesia yang tertunda penayangannya. Tak ingin kehilangan momen dan menemani penonton dalam masa karantina di rumah, beberapa judul film Indonesia ini memilih untuk rilis di aplikasi streaming.

Apa saja film Indonesia yang rilis di aplikasi streaming? Simak daftarnya berikut ini.

1. Benyamin Biang Kerok 2

https://www.youtube.com/embed/8eEyzjKX5q0

Benyamin Biang Kerok 2 merupakan sekuel dari film Benyamin Biang Kerok yang rilis pada tahun 2018 lalu. Film yang masih dibintangi oleh Reza Rahadian, Rano Karno, dan Meriam Bellina ini mengusung genre action komedi dengan lawakan segar khas lenong Betawi.

Film yang bisa kamu menikmati di aplikasi Disney+ Hotstar ini berkisah tentang Pengki (Reza Rahadian) yang berhasil merebut jam saku dari bos mafia. Jam saku tersebut berisikan informasi tentang harta karun yang tersimpan di jantung hutan Kalimantan. Berhasil nggak, ya, mereka menemukan harta karun tersebut?

2. Mudik

https://www.youtube.com/embed/M6SscWtGNCQ

Film besutan sutradara terbaik Adriyanto Dewo ini rilis pada bulan Agustus 2020 di aplikasi Mola TV. Mudik berkisah tentang Aida (Putri Ayudya) yang sedang mengalami konflik rumah tangga dengan sang suami, Firman (Ibnu Jamil).

Di tengah konflik yang mereka hadapi, Aida dan Firman memutuskan untuk pulang ke kampung halaman mereka di Yogyakarta. Mereka berharap, dengan melakukan mudik bersama, konflik yang mereka alami dapat teratasi. Di perjalanan, mereka dihadapi oleh sebuah kecelakaan yang merenggut nyawa seseorang dan mempertemukan mereka dengan pasangan suami istri lainnya.

3. Guru-Guru Gokil

https://www.youtube.com/embed/Z7kRxHxJ4dQ

Film yang menjadi debut Dian Sastrowardoyo sebagai seorang produser ini, menjadi film original Netflix kedua yang berasal dari Indonesia setelah The Night Come For Us. Tak hanya di Indonesia, melalui aplikasi Netflix, Guru-Guru Gokil juga tayang di 190 negara lengkap dengan subtitel dalam 17 bahasa.

Guru-Guru Gokil bercerita tentang kisah pencurian yang dipenuhi romansa dan komedi. Sang tokoh utama, Taat Pribadi (Gading Marten) adalah seorang guru baru, dan rekan-rekannya bekerja sama demi mendapatkan kembali gaji mereka yang dicuri oleh penjahat berbahaya. Taat yang semula sangat tidak ingin menjadi seorang guru, dalam perjalanan ini malah menemukan persahabatan, cinta dan perdamaian dengan masa lalunya.

4. Story of Kale

https://www.youtube.com/embed/yx2SNC9VqLo

Siapa yang terpesona dengan sosok Kale saat menyaksikan film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini? Jika kamu salah satunya, film Story of Kale menjadi salah satu film yang wajib kamu tonton.

Film besutan sutradara Angga Dwimas Sasongko ini berkisah tentang kehidupan Kale (Ardhito Pramono) jauh sebelum ia bertemu Awan (Rachel Amanda). Dalam film ini mengisahkan kehidupan percintaan Kale yang toxic dan membuatnya menjadi sosok yang tak bisa berkomitmen.

5. Sejuta Sayang Untuknya

https://www.youtube.com/embed/J3a2xqvDUnQ

Sejuta Sayang Untuknya mempertemukan aktor senior Deddy Mizwar dengan aktris muda Syifa Hadju. Film yang dapat kamu nikmati di aplikasi Disney+ Hotstar ini rilis pada bulan Oktober 2020.

Sejuta Sayang Untuknya bercerita tentang Sagala (Deddy Mizwar) yang rela kerja serabutan demi anak tunggalnya Gina (Syifa Hadju). Sagala bekerja apa saja asalkan Gina bisa mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya.

Di sisi lain, Gina merasa apa yang dilakukan ayahnya tidaklah cukup. Mengingat sebentar lagi ia akan masuk bangku kuliah dan memerlukan biaya yang lebih banyak. Gina meminta Sagala untuk berhenti bekerja dan ia berusaha mencari pekerjaan dengan bayaran lebih tinggi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berhasil nggak, ya, Gina mendapat pekerjaan sesuai keinginannya?

6. Sabar Ini Ujian

https://www.youtube.com/embed/AuwTX6pw1z8

Masih dari Disney+ Hotstar, film Sabar Ini Ujian menjadi film Indonesia pertama yang rilis di aplikasi tersebut. Film yang rilis pada bulan September 2020 ini juga menjadi film Indonesia pertama dengan konsep time-looping.

Sabar Ini Ujian mengisahkan tentang Sabar (Vino G. Bastian) yang selalu terbangun di hari Sabtu, di hari mantannya menikah. Awalnya Sabar mengira ia sedang dikerjai oleh teman-temannya. Di hari ketiga, Sabar menyadari kalau ia terjebak di hari itu. Ia pun mencari cara agar dapat keluar dari hari Sabtu, 11 April 2020 tersebut dan melanjutkan kehidupannya dengan normal.

7. Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

https://www.youtube.com/embed/I2RPo_szXDs

Siapa yang pernah terjebak friendzone, nih, Bela? Kalau kamu pernah mengalaminya, film Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi menjadi film yang cocok untuk kamu tonton.

Film yang diangkat dari novel karya Boy Chandra ini berkisah tentang Kevin (Jefri Nichol) yang diam-diam menaruh perasaan kepada sahabatnya sedari kecil, Nara (Aurora Ribero). Sayangnya, Nara benar-benar hanya menganggapnya sebagai sahabat dan ia malah jatuh cinta kepada Juned (Axel Matthew Thomas) yang baru ditemuinya. Tak ingin kalah dan kehilangan Nara, Kevin berusaha mati-matian untuk menyatakan perasaannya kepada Nara.

8. Pelukis Hantu

https://www.youtube.com/embed/r_mCg_ZAyAw

Tayang di Disney+ Hotstar, Pelukis Hantu merupakan film debut Arie Kriting sebagai seorang sutradara. Film bergenre horor komedi ini dibintangi oleh beberapa komika yang memulai kariernya lewat ajang pencarian bakat Stand Up Comedy. Sebut saja Ge Pamungkas, Abdur Arsyad, Uus, dan Ernest Prakasa.

Pelukis Hantu bercerita tentang Tutur (Ge Pamungkas) seorang pelukis amatir yang mendapat tawaran pekerjaan untuk melukis hantu di reality show berjudul Arwah. Tutur melukis hantu yang dilihatnya selama syuting. Namun, hal ini membawa petaka baginya. Lukisan-lukisan Tutur menuntunnya kepada sebuah kasus besar yang sampai saat ini belum terungkap. Kira-kira kasus apa dan bagaimana Tutur menyelesaikannya, ya?

9. Bucin

https://www.youtube.com/embed/xSdAC9WSJ5s

Bucin menjadi film original Netflix ketiga yang tayang di aplikasi streaming tersebut. Film ini ditulis dan dibintangi sendiri oleh Jovial Da Lopez.

Bucin, bercerita tentang empat sahabat pria yang terjebak dalam hubungan yang nggak sehat dengan pacar mereka masing-masing. Hubungan ini disebabkan karena keempatnya terlalu bucin (budak cinta). Agar terbebas dari hubungan itu, mereka memutuskan untuk mengikuti kelas anti-bucin. Berhasil nggak, ya, mereka?

10. Di Bawah Umur

https://www.youtube.com/embed/duwMeUDAfvo

Apa jadinya kalau ada sosok pria berandalan dan paling bermasalah di sekolah, tapi jatuh cinta dengan gadis pendiam? Pasti proses pendekatannya akan sangat panjang dan nggak mudah. Hal inilah yang terjadi pada Aryo (Angga Yunanda) dan Lana (Yoriko Angeline).

Aryo merupakan anak paling bermasalah di sekolah dan sering terlibat perkelahian. Suatu hari, Aryo jatuh cinta kepada Lana, siswi pendiam yang baru pindah dari Bandung. Lana yang cuek benar-benar mengabaikan Aryo sampai akhirnya ia luluh karena Aryo tak putus asa. Baru saja Lana membuka hati, Aryo dituduh menghamili teman sekolahnya yang lain. Lana sangat kecewa dan patah hati. Bagaimana keduanya menghadapi masalah ini?

Itulah tadi deretan film Indonesia yang rilis di aplikasi streaming yang bisa kamu akses secara online di rumah. Memang, pengalaman menonton film di bioskop dengan di aplikasi streaming sangat berbeda. Namun, sambil menunggu pandemi ini mereda, tak ada salahnya untuk menghibur diri di rumah dengan film-film di atas bukan?

Baca Juga: Selain 'Gonjiam', Ini 7 Film Horor Terbaru Rekomendasi Popbela

Baca Juga: Inilah 10 Film India Terbaik Sepanjang Masa

Baca Juga: 7 Film Keluarga Terbaik yang Siap Menemani di Akhir Pekan