Selain mengangkat kisah tentang kehidupan dari profesi tertentu, ternyata serial drama Korea juga sering lho mengangkat tema anak sekolahan sebagai benang merah cerita mereka. Mulai dari cara bertahan menghadapi orangtua yang ambisius, hingga kisah persahabatan semuanya ada di serial drama Korea.

Sedang mencari rekomendasi drama Korea bertema sekolah? Simak daftarnya berikut ini, ya.

1. Do You Like Brahms? (2020)

https://www.youtube.com/embed/xD-uZkTv0-I

Do You Like Brahms? menjadi serial drama Korea bertema sekolah yang baru saja tayang pada tanggal 31 Agustus 2020. Serial drama ini bercerita tentang kisah cinta klasik antara Chae Song-ah (Park Eun-bin) dengan Park Joon-young (Kim Min-jae). Keduanya bertemu di sekolah musik secara tak sengaja. Perbedaan usia tak menghalangi mereka untuk menjalin hubungan. Kisah cinta mereka semakin seru karena keduanya juga sama-sama berjuang untuk mengejar mimpinya.

2. Extracurricular (2020)

https://www.youtube.com/embed/aV_DBz2rKsI

Pernah terbayang nggak sih kalau ada anak SMA yang bekerja paruh waktu menjadi mucikari demi mendapatkan uang tambahan? Serial drama yang tayang pada tahun 2020 ini bercerita tentang Ji Soo, anak SMA yang juga bekerja sebagai mucikari. Karena pekerjaan itulah, ia mendapatkan uang yang sangat banyak. Penasaran, teman sekelas Ji Soo, Gyu Ri, mencari tahu apa pekerjaan Ji Soo. Namun karena hal ini, nyawa mereka terancam karena terlibat prostitusi di bawah umur.

3. How to Buy A Friend (2020)

https://www.youtube.com/embed/C55IqyaKIn8

Kalau kamu nggak suka dengan serial drama yang memiliki banyak episode, How to Buy A Friend bisa menjadi pilihanmu. Sebab, serial drama ini terhitung pendek karena hanya memiliki delapan episode. How to Buy A Friend bercerita tentang sekelompok anak SMA yang tiba-tiba menjadi sangat akur (padahal tadinya saling bully) karena di antara mereka memiliki kepentingan yang saling menguntungkan. Apa, ya, kepentingan itu?

4. Class of Lies (2019)

https://www.youtube.com/embed/jLrWXxEAgXk

Karena ada sebuah tindakan kriminal yang terjadi di salah satu SMA, seorang pengacara menyamar menjadi guru dan mengajar di sana demi kepentingan penyelidikan. Dari penyelidikan yang ia lakukan itu, sang pengacara mendapati banyak sekali rahasia buruk yang dilakukan oleh anak-anak SMA. Berhasil nggak, ya, sang pengacara mengungkap kasus yang ia selidiki sekaligus mengetahui rahasia buruk tentang murid-murid di sana?

5. Love Alarm (2019)

https://www.youtube.com/embed/IUdnf1JjBz4

Jika kamu suka kisah cinta yang manis dan bahkan bisa membuatmu senyum-senyum sendiri, Love Alarm jadi salah satu pilihannya. Secara visual, serial drama ini sangat memanjakan mata karena warnanya yang adem dan dinominasi warna pastel.

Kalau dari segi jalan cerita, Love Alarm bercerita tentang sebuah aplikasi yang bisa mendeteksi sosok yang kita cintai tanpa harus menunjukan identitasnya. Kalau ada aplikasi sungguhan di dunia nyata, kita pasti akan langsung coba, deh. 

6. At Eighteen (2019)

https://www.youtube.com/embed/qLup8QT2PJI

Idol Kpop memang nggak hanya jago menyanyi dan menari, beberapa bahkan piawai berakting. Salah satunya Ong Seong Wu, member dari Wanna One. Dalam serial drama At Eighteen, Ong Seong Wu dipercaya menjadi pemeran utama. Ia berperan sebagai anak SMA berusia 18 tahun yang hidup serba kekurangan. Di sisi lain, ia juga mendapat tekanan untuk menjadi sosok anak baik di sekolahnya.

7. SKY Castle (2018)

https://www.youtube.com/embed/P6coIgyV9e0

SKY Castle menjadi serial drama yang berhasil meraih rating tertinggi di masa tayangnya. Serial drama yang rilis tahun 2018 ini juga sangat digemari karena jalan ceritanya yang fresh sehingga banyak orang penasaran untuk menontonnya.

SKY Castle berkisah tentang sekumpulan orang kaya yang tinggal di kawasan elit bernama SKY Castle. Para orangtua di kawasan tersebut sangat berambisi agar anak-anaknya dapat diterima di universitas terkemuka. Mereka pun menghalalkan segala cara untuk meraih ambisinya itu.

8. The Heirs (2013)

https://www.youtube.com/embed/XbQfJNtDSCI

Masih bercerita tentang kehidupan orang-orang kaya, The Heirs berhasil membuat penonton gregetan dengan jalan cerita yang mereka tampilkan. The Heirs bercerita tentang kehidupan mewah anak-anak konglomerat dengan konflik seputar sekolah, persahabatan dan cinta segitiga.

9. Reply 1997 (2012)

https://www.youtube.com/embed/uQOwbp3m_Ec

Sama seperti serial drama Reply lainnya, Reply 1997 membuat kita bernostalgia dan membawa kita kembali ke tahun 1997. Serial drama ini bercerita tentang kehidupan anak SMA di tahun 1997. Pada tahun tersebut industri Kpop tengah bangkit dan menjadi awal mula majunya musik Kpop seperti saat ini.

10. Dream High (2011)

https://www.youtube.com/embed/Dh8t8tdwAiA

Dari serial drama ini nama-nama idol Kpop seperti Bae Suzy, Taecyeon, IU, dan Kim Soo Hyun memulai debutnya sebagai aktor. Dream High berkisah tentang sekumpulan anak SMA yang berjuang demi meraih mimpinya menjadi idola remaja. Banyak tantangan yang harus mereka hadapi untuk mencapai mimpinya itu.

Itulah tadi sepuluh serial drama Korea bertema sekolah. Sudah kamu tonton semua belum? 

Baca Juga: 5 Serial Drama Korea Ini Angkat Kehidupan Chaebol, Bikin Iri!

Baca Juga: Seru, Nih! 9 Drama Korea yang Rilis Bulan September 2020 

Baca Juga: Seru Banget! Ini 7 Rekomendasi Drama Korea Bergenre Action Terbaik