Film animasi memang menjadi favorit semua orang. Jalan ceritanya yang ringan, tapi sarat pesan moral membuat film animasi bisa ditonton bersama seluruh anggota keluarga.

Akhir pekan ini, yuk, ajak anggota keluarga lainnya untuk menyaksikan film animasi bersama di rumah. Bingung pilih film animasi yang mana? Berikut 18 rekomendasi film animasi terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton.

1. Frozen (2013), Frozen II (2019)

https://www.youtube.com/embed/TbQm5doF_Uc

Frozen menjadi salah satu rekomendasi film animasi terbaik sepanjang masa karena soundtrack-nya “Let It Go” nempel banget di kepala. Sejak rilisnya di tahun 2013 lalu, Frozen menjadi salah satu film dengan keuntungan fantastis. Film yang dibintangi oleh Kristen Bell, Idina Menzel, Jonathan Groff dan Josh Gad ini berhasil mengantongi US$1,280 miliar.

https://www.youtube.com/embed/Zi4LMpSDccc

Karena kesuksesannya ini pula, yang membuat Disney akhirnya merilis sekuel Frozen II di tahun 2019 lalu. Ternyata film ini pun berhasil meraup US$1,450 miliar. Kisah yang indah, tampilan visual yang cantik, serta lagu yang mudah diingat membuat sekuel Frozen sukses di industri film.

2. Toy Story (1995), Toy Story 2 (1999), Toy Story 3 (2010), Toy Story 4 (2019)

https://www.youtube.com/embed/rNk1Wi8SvNc

Bukan hanya Frozen yang merilis sekuelnya di tahun 2019, Toy Story bahkan lima bulan lebih dulu merilis Toy Story 4 pada Juni 2019 lalu. Kisah yang unik dengan karakter utama mainan Andy, membuat kita betah menyaksikannya. Bahkan banyak juga yang tak sabar menunggu kehadiran sekuel selanjutnya untuk mengetahui bagaimana perjalanan para mainan tersebut.

https://www.youtube.com/embed/wmiIUN-7qhE

Toy Story disebut-sebut sebagai film terbaik sepanjang masa karena menghadirkan kisah yang disukai oleh banyak orang. Karena sudah ada empat film, di akhir pekan ini, tak ada salahnya untuk maraton film Toy Story.

3. Monster, Inc. (2001)

https://www.youtube.com/embed/CGbgaHoapFM

Pernah menyangka nggak, sih, kalau listrik yang kita gunakan saat ini menggunakan tenaga dari suara jeritan anak-anak? Hal itulah menjadi tema besar dalam film Monster, Inc. Beragam monster penuh warna yang lucu adalah salah satu alasan mengapa film ini jadi favorit anak-anak pada masanya.

4. Monster University (2013)

https://www.youtube.com/embed/xBzPioph8CI

Monster University merupakan prequel dari Monster, Inc. Dalam film ini akan diceritakan bagaimana para monster belajar sebelum bekerja di pabrik monster. Berbeda dengan Monster, Inc. yang jalan ceritanya berpusat pada tokoh James P. Sullivan, kisah pada Monster University justru berpusat pada Mike Wazowki, sahabat Sully yang berwarna hijau menggemaskan.

5. The Incredibles (2004), The Incredibles 2 (2018)

https://www.youtube.com/embed/-UaGUdNJdRQ

Punya keluarga dengan kekuatan super masing-masing memang menyenangkan, bukan? Meskipun harus menyembunyikan identitas pahlawan super mereka, namun keluarga Bob Parr bisa berperilaku layaknya keluarga normal biasa.

https://www.youtube.com/embed/i5qOzqD9Rms

Mendapat rating 8/10 dari situs IMDB.com, The Incredibles akhirnya merilis sekuel mereka yang berjudul The Incredibles 2 pada tahun 2018.

6. Coco (2017)

https://www.youtube.com/embed/Rvr68u6k5sI

Tak salah memang jika lagu “Remember Me” dari film Coco berhasil menyabet Oscar sebagai Original Song 2018. Soalnya, lagu tersebut langsung terngiang di kepala bahkan saat pertama kali menonton filmnya.

Coco berkisah tentang Miguel yang pergi ke The Land of The Dead untuk mencari kebenaran silsilah keluarganya. Film keluarga ini semakin apik karena dibalut dengan lagu-lagu indah di sepanjang ceritanya. Psst, siap-siap tisu, ya!

7. Zootopia (2016)

https://www.youtube.com/embed/jWM0ct-OLsM

Kalau Monster, Inc. berkisah tentang kehidupan para monster, di Zootopia kita bisa melihat bagaimana para hewan menjalani kehidupan layaknya manusia. Film yang juga dibintangi oleh Shakira sebagai pengisi suara dan pembawa lagu soundtrack ini bercerita tentang Judy Hopps, seekor kelinci yang bercita-cita menjadi seorang polisi.

Karena badannya yang kecil, banyak hewan lainnya meragukan kemampuan Judy. Sampai akhirnya Judy membuktikan kalau ia bisa bekerja seperti hewan besar lainnya dengan mengungkap kasus besar.

8. Sing (2016)

https://www.youtube.com/embed/SH5N44b5Rrw

Masih di tahun 2016, Sing mewarnai liburan dengan kisah kompetisi menyanyi yang seru. Sama seperti Zootopia, karakter utama dalam film Sing adalah hewan-hewan.

Bukan hanya menyuguhkan kisah tentang perjuangan dan pembuktian diri, deretan aktor papan atas turut terlibat sebagai pengisi suara dalam film ini. Sebut saja Tori Kelly, Taron Egerton, Scarlett Johansoon, Reese Witherspoon, Matthew McConaughey, dan Jennifer Hudson. Serunya, Sing diisi dengan soundtrack lagu-lagu populer yang membuat kita bisa ikutan bernyanyi sepanjang menonton.

9. Ratatouille (2007)

https://www.youtube.com/embed/NgsQ8mVkN8w

Apa jadinya kalau makanan yang kamu makan ternyata dimasak oleh seekor tikus? Apakah kamu akan jijik atau malah menyukainya karena rasanya yang lezat?

Berlatar di Paris, Prancis, Ratatouille bercerita tentang seorang koki baru yang mendapat banyak bantuan dari tikus yang tak sengaja ia temui di dapur. Tikus tersebut jauh lebih pandai memasak dibandingkan dengan dirinya dan membuat reputasinya naik dalam waktu satu malam.

10. Cars (2006), Cars 2 (2011), Cars 3 (2017)

https://www.youtube.com/embed/SbXIj2T-_uk

Kalau Toy Story menghadirkan kisah dengan karakter mainan yang bisa berbicara, Cars menyajikan kisah tentang mobil balap yang hidup layaknya manusia. Lightning McQueen adalah mobil balap muda yang terobsesi dengan piala Piston Cup. Apa saja ia lakukan demi mendapatkan piala tersebut, sampai akhirnya ia menyadari bahwa piala dan gelar hanyalah ilusi semata.

https://www.youtube.com/embed/2LeOH9AGJQM

Sukses dengan film pertamanya di tahun 2006, Cars merilis sekuelnya pada tahun 2011 dan 2017. Masing-masing film memiliki kisah dan permasalahan yang membuat kita selalu penasaran untuk menontonnya hingga selesai.

11. The Lion King (1994)

https://www.youtube.com/embed/GibiNy4d4gc

The Lion King menjadi film Disney terlaris nomor 8 sepanjang masa. Saking larisnya, film animasi ini pun dibuat versi live action-nya yang rilis di tahun 2019. 

The Lion King berkisah tentang Simba, anak sang raja hutan, Mufasa, yang dipersiapkan sang ayah untuk memimpin kelak. Namun, di perjalanannya, Mufasa mati setelah bertarung dengan saudaranya, Scar yang sangat menginginkan tahta. Simba yang melihat kematian sang ayah merasa bersalah dan memutuskan untuk kabur sebelum ia siap menjadi raja.

Meski mengangkat tema film animasi hewan, namun The Lion King akan membuatmu menitikan air mata karena jalan ceritanya yang menguras emosi.

12. Up (2009)

https://www.youtube.com/embed/HWEW_qTLSEE

Bukan hanya menyajikan visual indah dan penuh warna, Up juga kaya akan pesan kehidupan. Film animasi yang rilis di tahun 2009 ini begitu ikonik dengan balon dan anak pramuka gemuk bernama Russell.

Film ini bercerita tentang seorang kakek tua bernama Carl Fredricksen yang merasa hidupnya semakin membosankan setelah sang istri meninggal dunia. Hidupnya kemudian berubah menjadi penuh petualangan saat Russell datang ke rumahnya dan bersikeras menawarkan bantuan untuk melengkapi lencana pramukanya. 

Bagaimana petualangan mereka selanjutnya? Apakah Carl Fredricksen mampu memenuhi janji istrinya untuk memulai petualangan baru?

13. Soul (2020)

https://www.youtube.com/embed/Gs--6c7Hn_A

Film terbaru dari Disney Pixar ini bercerita tentang Joe Gardner (Jamie Foxx), seorang guru band sekolah menengah yang mendapatkan kesempatan untuk bergabung di sebuah klub jazz terbaik. Sayang, karena sebuah insiden, Joe malah terperangkap di The Great Before, sebuah tempat ajaib di mana jiwa-jiwa baru mendapatkan kepribadian, kebiasaan, serta minat sebelum mereka pergi ke Bumi.

Di tempat itu, Joe bertemu sesosok jiwa dengan kode 22 (Tina Fey). Tidak seperti jiwa pada umumnya, 22 tidak pernah tertarik untuk turun ke Bumi dan menjadi manusia. Ketika Joe berusaha untuk menunjukkan kepada 22, betapa hebatnya hidup sebagai manusia. Joe justru menemukan jawaban atas beberapa pertanyaan terpenting dalam kehidupan.

Film ini memberikan banyak pelajaran tentang hidup. Termasuk, pelajaran untuk selalu memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat kesempatan terbuka di depan mata.

14. Inside Out (2014)

https://www.youtube.com/embed/yRUAzGQ3nSY

Pernah terbayang nggak kalau di dalam otak, terdapat lima makhluk kecil yang mengendalikan emosi kita? Masing-masing makhluk tersebut mengendalikan emosi bahagia, marah, takut, jijik dan sedih. Namun, apa jadinya jika mereka tak terkendali? 

Hal itulah yang dirasakan Riley. Kehidupan bahagia Riley berubah saat orangtuanya memutuskan untuk pindah ke kota kecil. Riley yang tadinya selalu ceria, kini bingung dengan perasaannya sendiri. Riley takut merasakan kesedihan karena menurutnya hal ini akan mengacaukan hidupnya. 

Bisakah Riley mengambil alih kembali emosinya dan hidup bahagia seperti dulu?

15. Luca (2021)

https://www.youtube.com/embed/mYfJxlgR2jw

Luca, seorang monster laut yang selalu penasaran dengan kehidupan di atas sana. Ia membayangkan bagaimana serunya kehidupan manusia beserta benda-benda ajaibnya. Hidup Luca berubah saat secara tak sengaja bertemu dengan Alberto.

Bersama Alberto, Luca menjelajah dunia manusia yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Namun, saat berada di dunia manusia, ia harus hati-hati. Sebab, banyak manusia yang masih tak bisa bersahabat dengan monster laut meski mereka sudah tak lagi berbahaya.

16. Raya and The Last Dragon (2021)

https://www.youtube.com/embed/1VIZ89FEjYI

Film Princess Disney terbaru, Raya and The Last Dragon menjadi salah satu film animasi yang paling ditunggu. Sebab, film ini mengangkat budaya Asia Tenggara yang belum pernah diangkat dalam film-film pendahulunya.

Raya and The Last Dragon bercerita tentang Raya yang harus berkeliling mencari naga terakhir untuk menyatukan kembali Kumandra yang telah terpecah belah oleh Druun, roh jahat yang membuat orang-orang berubah menjadi batu. Di tengah perjalanan mencari naga terakhir, Raya dipertemukan dengan mereka yang senasib.

Seharusnya, perjalanan mencari naga terakhir bisa lebih mudah jika saja mereka saling percaya. Sejak kemunculan Druun, rasa percaya satu sama lain memudar. Bisakah Raya menemukan naga terakhir dan mengembalikan rasa saling percaya.

17. Tangled (2010)

https://www.youtube.com/embed/2f516ZLyC6U

Kisah Rapunzel yang melegenda, dibuat menjadi lebih modern dan menyenangkan untuk disaksikan melalui film Tangled. Film yang rilis di tahun 2010 ini membuat Rapunzel masuk ke dalam jajaran Disney Princess.

Tangled bercerita tentang Eugene, seorang pencuri yang secara tak sengaja menemukan menara tempat tinggal Rapunzel, gadis cantik berambut ajaib. Bersama Eugene, Rapunzel diam-diam pergi dari menara hanya untuk melihat lampion yang selalu muncul tepat di hari ulang tahunnya.

Akankah Rapunzel mengetahui identitas dirinya yang asli dan menyadari bahwa ia bukanlah sosok gadis biasa?

18. Moana (2016)

https://www.youtube.com/embed/LKFuXETZUsI

Hidup di wilayah kepulauan, rakyat Pulau Motunui di Polinesia menggantungkan hidupnya pada hasil laut dan pertanian. Sayangnya, belakangan ini, tangkapan ikan menyusut drastis dan tumbuhan banyak yang tak bisa dipanen. 

Moana, calon pemimpin Pulau Motunui menyarankan warganya untuk pergi mengarungi lautan dan menuju Pulau Karang. Sayangnya, ayah dan warga lainnya menolak usulan itu karena menurut mereka laut kini dikuasai iblis yang jahat.

Moana harus pergi menemui Dewi Te Fiti yang menurut sang nenek akan dapat membantu rakyatnya keluar dari kesulitan itu. Berhasilkan Moana menemui Dewi Te Fiti?

Itulah tadi deretan film animasi terbaik sepanjang masa yang bisa kamu nikmati bersama keluarga di akhir pekan ini. Kira-kira mau nonton yang mana, nih? Atau mau maraton semuanya?

Baca Juga: Ada Kontribusi Orang Indonesia, Ini 5 Fakta Film Animasi Disney ‘Soul’

Baca Juga: 5 Fakta “Luca”, Film Animasi Terbaru dari Disney Pixar

Baca Juga: 6 Film Animasi Disney Versi Live Action yang Tayang Mulai Tahun 2019