Piala Dunia atau World Cup 2018 sudah dimulai. Pesta sepakbola terbesar di dunia ini selalu menarik perhatian dunia dan di seluruh negara merasakan euforianya. Tahun ini World Cup 2018 diadakan di Rusia.

Diselenggarakan pada tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018, Piala Dunia diikuti oleh 32 negara yang ikut bertanding. Setiap negara yang mengikuti ajang kompetisi ini telah mempersiapkan pemain-pemain terbaiknya untuk membawa pulang trofi World Cup 2018 ke negaranya.

Selain pertandingannya yang selalu ditunggu, beberapa fakta tentang Piala Dunia 2018 berikut ini juga menarik untuk kamu simak. Apa saja?

1. Pertama kali ikut Piala Dunia

Selain Keluarkan Biaya Tertinggi, Ini 5 Fakta Lain Seputar FIFA World Cup 2018Grapevine.co

Di tahun 2018 ini ada dua negara yang pertama kali ikut bertanding dalam Piala Dunia, yakni Islandia dan Panama. Keduanya sempat dipandang sebelah mata oleh berbagai pihak. Namun, Islandia berhasil membuktikan bahwa dirinya layak untuk lolos dalam kualifikasi peserta Piala Dunia 2018. Bahkan Islandia sempat menumbangkan Inggris yang dikenal sebagai tim besar.

Sementara itu Panama, akhirnya dapat menempatkan dirinya dalam jajaran 32 besar negara yang akan bertanding dalam Piala Dunia 2018. Padahal Panama sudah mengikuti kualifikasi Piala Dunia sejak tahun 1978. Butuh waktu 40 tahun bagi Panama untuk bisa berlaga langsung di ajang sepakbola paling bergengsi ini.

2. Negara besar tak lolos kualifikasi

Selain Keluarkan Biaya Tertinggi, Ini 5 Fakta Lain Seputar FIFA World Cup 2018Dok. Internet

Kebalikan dari Islandia dan Panama, lima negara besar yang digadang-gadang akan berlaga di pentas sepakbola terbesar ini justru malah nggak lolos kualifikasi. Kelima negara tersebut adalah Belanda, Amerika Serikat, Cili, Wales, dan Italia.

3. Pemain termuda

Selain Keluarkan Biaya Tertinggi, Ini 5 Fakta Lain Seputar FIFA World Cup 2018Melbournecity.com.au

Meski masih didominasi oleh bintang-bintang besar di lapangan, seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, namun ada satu pemain yang mencuri perhatian. Yakni Daniel Arzani. Tergabung dalam Timnas Australia, Arzani tercatat sebagai pemain termuda yang ikut bertanding dalam Piala Dunia. FYI Bela, Arzani baru berusia 19 tahun lho!

4. Pemain tertua

Selain Keluarkan Biaya Tertinggi, Ini 5 Fakta Lain Seputar FIFA World Cup 2018Dok. Internet

Selain pemain termuda, tentu ada pula pemain tertua yang turut serta bertanding dalam Piala Dunia 2018. Dalam pertandingan Piala Dunia tahun ini Essam El-Hadary menjadi pemain tertua dengan usia 45 tahun. El-Hadary sudah membela Timnas Mesir selama 22 tahun.

5. Penyelenggaraan Piala Dunia termahal sepanjang sejarah

Selain Keluarkan Biaya Tertinggi, Ini 5 Fakta Lain Seputar FIFA World Cup 2018Dok. Internet

Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia tentu ingin menjamu para tamunya dengan sebaik mungkin. Tercatat, untuk menggelar turnamen ini, Rusia menghabiskan dana hingga 187 miliar rupiah. Dana tersebut merupakan yang termahal sepanjang sejarah Piala Dunia.

Ada lagi fakta menarik seputar Piala Dunia 2018 yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar ya!

BACA JUGA: Kenalan dengan Natalia Vodianova, Si Supermodel Rusia yang Membawa Piala Dunia 2018​