Masa karantina di rumah karena pandemi di bulan Maret sampai Juni 2020 ini mengubah kebiasaan banyak orang. Salah satunya untuk mulai menyaksikan drama Korea untuk membunuh rasa bosan selama di rumah.

Nggak terkecuali aku. Jujur saja, sampai berusia 27 tahun, aku sama sekali nggak tertarik untuk menyaksikan drama Korea. Padahal di zaman kuliah dulu, teman sekelasku banyak yang ketagihan nonton drama Korea dan berusaha meracuniku untuk menontonnya juga. Alasanku nggak mau menonton drama Korea saat itu adalah karena takut waktuku tersita untuk menonton drama yang katanya bisa bikin ketagihan. Lagi pula, aku cukup puas menonton film produksi Hollywood yang menurutku lebih keren.

Sampai akhirnya masa karantina itu datang tanpa diundang. Aku harus melakukan semua hal, termasuk bekerja dari rumah. Sesuai perkiraanku, bekerja dari rumah membuat waktu luangku lebih banyak karena pekerjaan lebih cepat selesai.

Bingung mau melakukan kegiatan apa lagi selepas bekerja, aku melirik Netflix dan mencoba menonton satu judul drama Korea. Tak disangka, aku ketagihan dan hanya dalam waktu sebulan, aku berhasil menyelesaikan lima judul drama Korea.

Apa saja judul drama Korea yang aku selesaikan dalam waktu satu bulan dan cukup menarik perhatianku?

1. Crash Landing on You

#DiRumahAja Ketagihan Nonton KDrama Gara-Gara 5 Judul Ini Dok. Netflix

Ini dia satu drama Korea pertama yang berhasil aku selesaikan. Alasanku memilih Crash Landing On You sebagai drama Korea pertama yang aku tonton adalah drama ini sedang viral dan episode terakhirnya mendapat rating tertinggi saat itu.

Sebagai penggemar kisah romantis, aku sangat terbius dengan cerita yang disajikan oleh Crash Landing On You. Meski akhir kisah antara Kapten Ri Jung Hyuk (Hyun Bin) dan Yoon Se Ri (Son Ye Jin) sudah tertebak sejak pertengahan episode, aku tetap terpaku untuk menyaksikan cerita mereka sampai selesai. Tak hanya disuguhkan kisah khas drama Korea yang penuh dengan adegan romantis, lewat serial ini pula aku bisa belajar sekaligus tahu tentang budaya Korea Utara dan Korea Selatan yang sangat berbeda.

Secara pribadi, aku merasa beruntung memilih Crash Landing on You sebagai serial drama Korea pertamaku. Sebab, secara kualitas dan kisah yang diangkat, membuatku benar-benar terbius. Efeknya, aku jadi penasaran dengan kualitas ddrama Korea lainnya.

2. Memories of the Alhambra

#DiRumahAja Ketagihan Nonton KDrama Gara-Gara 5 Judul Ini Dok. Netflix

Terpesona dengan wajah menawan Hyun Bin membawaku untuk menonton Memories of Alhambra. Dibandingkan dengan Crash Landing on You, Memories of Alhambra menghadirkan kisah yang cukup ‘berat’.

Memiliki genre science fiction, Memories of the Alhambra mengisahkan tentang Yoo Jin-woo (Hyun Bin) yang bekerja sebagai CEO perusahaan pengembang game online. Suatu hari, Yoo Jin-woo diminta untuk mengembangkan game virtual reality yang cukup berbahaya. Sebab, game tersebut memiliki bug (permasalahan) yang dapat mengakibatkan sang pemainnya meninggal dunia.

Karena serial drama ini, aku jadi belajar tentang penciptaan dan pengembangan game dengan cara yang cukup menyenangkan. Visual dan spesial efek dari game virtual reality yang dihadirkan dalam drama ini membawa Memories of the Alhambra menyabet penghargaan Technical Award dalam ajang 56th Baeksang Arts Awards 2019.

3. Itaewon Class

#DiRumahAja Ketagihan Nonton KDrama Gara-Gara 5 Judul Ini Dok. Netflix

Setelah belajar soal pengembangan games, lewat drama Korea juga aku belajar bagaimana membangun bisnis dan strategi investasi di serial drama Itaewon Class. Menghadirkan Park Seo Joon dan Kim Da Mi, Itaewon Class cukup membuatku gregetan dengan jalan ceritanya.

Itaewon Class bercerita tentang Park Sae-ro-yi (Park Seo Joon) yang berusaha keras membangun restoran pasca keluar dari penjara. Perjuangannya semakin sulit lantaran ia berhadapan dengan pesaingnya, Jang Dae-hee (Yoo Jae-myung) pemilik perusahaan Jangga Group yang sangat ingin menjegal jalannya.

Dari Park Sae-ro-yi, aku belajar bahwa untuk mendapatkan kesuksesan jalannya tak akan mudah. Klise memang. Namun itu benar adanya. Setelah drama ini selesai aku tamatkan, aku jadi semangat untuk menjalani semua hal yang aku rasakan dengan semangat. Jujur, aku belum pernah merasa sangat termotivasi pasca menonton serial atau film seperti aku menonton Itaewon Class.

4. Descendants of the Sun

#DiRumahAja Ketagihan Nonton KDrama Gara-Gara 5 Judul Ini Dok. Netflix

Beres nonton Itaewon Class, aku semakin ketagihan untuk menonton drama Korea lainnya. Saat itu, drama Korea The World of the Married dan Hi, Bye Mama! sedang on going. Aku ingin menonton dua judul tersebut tapi rasa malas untuk menunggu episode barunya tayang setiap minggu mengurungkan niatku.

Jadilah aku memilih Descendants of the Sun sebagai drama yang akan aku tonton lainnya. Drama Korea yang rilis di tahun 2016 ini juga sangat ringan untuk diikuti. Tapi bagiku, dibandingkan Crash Landing On You (yang sama-sama mengangkat kisah cinta anggota militer) lebih bagus dibandingkan Descendants of the Sun ini. Alasannya, kisah cinta di Crash Landing On You terasa lebih dewasa dan nggak cheesy serta penuh gombalan seperti di Descendants of the Sun ini.

Ada yang sepemikiran denganku juga?

5. Reply 1988

#DiRumahAja Ketagihan Nonton KDrama Gara-Gara 5 Judul Ini Dok. Netflix

Enam belas episode Descendants of the Sun berhasil aku selesaikan dalam waktu satu minggu saja. Sebelum menamatkan Descendants of the Sun, aku sudah siap mengunduh Reply 1988 sebagai tontonan selanjutnya. Alasanku menonton Reply 1988 adalah karena drama Korea ini sedang hits dibicarakan di Twitter. Reply 1988 memang bukan drama Korea baru. Tapi, drama Korea ini tak ketinggalan zaman dan bisa disaksikan kapan saja, kok.

Pilihanku untuk menonton Reply 1988 memang tepat. Sebab, drama Korea ini benar-benar ringan, hangat dan tanpa terasa membuatku senyum-senyum sendiri saat menontonnya. Persahabatan lima tetangga dari kecil hingga dewasa membuatku ingin memiliki sahabat dekat sekaligus tetangga yang baik seperti mereka.

Saking bagusnya drama ini, aku bahkan sampai nggak rela Reply 1988 ini berakhir. Aku berharap akan ada lanjutan dari drama Korea ini (tapi sepertinya tidak mungkin karena drama Korea bukan sinetron Indonesia yang episode-nya sengaja dipanjangkan demi rating semata).

Sebagai pemula yang baru saja ‘berkenalan’ dengan serial drama Korea, aku merasa beruntung telah memilih judul yang tepat untuk ditonton. Lima judul drama Korea di atas tak ada yang membosankan dan semuanya meninggalkan kesan untukku.

Karena karantina ini aku jadi ketagihan menonto drama Korea dan berhasil membuat kegiatan ini menjadi hobi baruku. Aku yang tadinya abai dengan berita drama Korea terbaru, jadi lebih perhatian untuk mencari tahu. Sekarang aku sedang menyelesaikan drama Korea Hospital Playlist.

Setelah Hospital Playlist selesai, kira-kira judul drama Korea apa lagi ya yang harus aku tonton? Ada saran? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Sensasi Berbeda, Ini Pengalaman Minggu Pertama WFO Setelah Karantina

Baca Juga: Solo Traveling, Salah Satu Keputusan Terbaik dalam Hidup

Baca Juga: 7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera Terbaik