Seberapa sering sih kamu menggunakan emoji saat sedang menulis komentar di Instagram atau Facebook? Dengan adanya emoji, kita bisa mengungkapkan apa yang kita rasakan tanpa menggunakan kata-kata.

Tapi jika kamu memang sering menggunakan emoji, hati-hati, sebab beberapa emoji ini dilarang penggunaannya di media sosial Instagram dan Facebook. Alasannya? Emoji ini dianggap sebagai simbol seksual dan penggunaannya akan dilarang. Apa saja emoji yang dilarang tersebut?

Dianggap Sebagai Simbol Seksual, Instagram & Facebook Larang Emoji IniDok. Internet

Setidaknya ada tiga emoji yang dilarang penggunaannya oleh Facebook dan Instagram. Tiga emoji tersebut adalah emoji terong, buah persik dan tetesan air. Terong disimbolkan sebagai alat kelamin pria, buah persik diibaratkan sebagai bokong dan tetesan air adalah ejakulasi.

Awalnya emoji ini paling banyak digunakan oleh para pekerja seks komersial yang menjajakan dirinya secara online. Namun, seiring berjalannya waktu, tak hanya para pekerja seks komersial saja yang menggunakan emoji tersebut. Pengguna biasa yang sedang berbalas komentar bernada seksual juga sering menggunakan emoji ini pada komentar mereka.

Dianggap Sebagai Simbol Seksual, Instagram & Facebook Larang Emoji IniUnsplash.com/Charles PH

Terong dan buah persik seringkali digunakan untuk menandai foto dan konten bernada seksual dan ini sangat mengganggu. Menanggapi hal ini, pada tanggal 24 Oktober 2019 lalu, Facebook memperbarui kebijakan pedoman komunitas mereka. Dalam kebijakan tersebut, Facebook melarang penggunaan emoji-emoji yang sudah disebutkan.

Untuk ke depannya, emoji terong, buah persik dan tetesan air tak akan lagi bisa digunakan di Facebook maupun Instagram.

Kamu sendiri sering menggunakan emoji apa nih, Bela?

Baca Juga: Sering Salah Kaprah, ini Makna 25 Emoji yang Sebenarnya