9 Ciri-Ciri Dajjal Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

Pahami dan Waspada, Ini 9 Ciri Dajjal Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

Jangan sampai kita terperdaya fitnahnya

Pahami dan Waspada, Ini 9 Ciri Dajjal Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

Salah satu tanda akan datangnya hari kiamat adalah munculnya dajjal yang akan menghasut umat manusia untuk menjadi pengikutnya. Namun, jika kita adalah golongan yang beriman, Insya Allah kita akan dilindungi dari fitnah dajjal. Dikisahkan dalam Alquran, di akhir zaman nanti, dunia akan dikuasai oleh dajjal dan ia merupakan penyebab segala fitnah yang muncul di masyarakat.

Untuk menghindari dajjal di akhir zaman nanti, berikut ciri-ciri dajjal berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari tafsir Ibnu Katsir. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sosoknya menyerupai pemuda berambut keriting dan bermata satu

Pahami dan Waspada, Ini 9 Ciri Dajjal Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

Bagaimana sosok rupa dajjal pernah dijelaskan secara terperinci dalam hadis Rasulullah. Sosok dajjal yakni menyerupai pemuda berambut keriting dan bermata satu yang menonjol. Hal ini sesuai dengan hadis berikut.

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ، حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ جَابِرٍ الطَّائِيُّ -قَاضِي حِمْصَ-حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ جُبَير بْنِ نُفَير الْحَضْرَمِيُّ، عَنِ أَبِيهِ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّوّاس بْنَ سمْعانَ الْكِلَابِيَّ قَالَ: ذَكَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدَّجَّالَ ذَاتَ غَداة، فخَفَض فِيهِ ورَفَع، حَتَّى ظَنَنَّاهُ فِي طَائِفَةِ النَّخْلِ، [فَلَمَّا رُحْنَا إِلَيْهِ عَرَفَ ذَلِكَ فِي وُجُوهِنَا، فَسَأَلْنَاهُ فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، ذَكَرْتَ الدَّجَّالَ الْغَدَاةَ، فَخَفَّضْتَ فِيهِ وَرَفَّعْتَ حَتَّى ظَنَنَّاهُ فِي طَائِفَةِ النَّخْلِ]. فَقَالَ: "غَيْرُ الدَّجَّالِ أخْوَفُني عَلَيْكُمْ، فَإِنْ يَخْرُجْ وَأَنَا فِيكُمْ فَأَنَا حَجِيجُه دُونَكُمْ، وَإِنْ يَخْرُجْ وَلَسْتُ فِيكُمْ فَامْرُؤٌ حَجِيجُ نَفْسِهِ، وَاللَّهُ خَلِيفَتِي عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ: إنه شاب جَعْدُ قَطَط عينه طَافِيَةٌ، وَإِنَّهُ يَخْرُجُ خَلَةَ بَيْنَ الشَّامِ وَالْعِرَاقِ، فَعَاثَ يَمِينًا وَشِمَالًا يَا عِبَادَ اللَّهِ اثْبُتُوا"

Artinya: Nabi SAW bersabda, "Bukan Dajjal yang aku khawatirkan akan memudaratkan kalian. Karena jika Dajjal muncul, sedangkan aku masih berada di antara kalian, maka akulah yang akan menghadapinya, bukan kalian. Jika dia muncul, sedangkan saya tidak lagi berada di antara kalian, maka setiap orang muslim wajib membela dirinya, dan Allah-lah yang menjaga setiap orang muslim sepeninggalku. Sesungguhnya Dajjal adalah seorang yang berusia muda, berambut keriting, dengan bola mata yang menonjol. Dan sesungguhnya pasukan berkudanya memenuhi kawasan antara negeri Syam dan Irak, lalu menyebar ke segala penjuru. Hai hamba-hamba Allah, berpendirian teguhlah kalian." (HR Ibnu Majah)

2. Menguasai bumi selama 40 hari

Pahami dan Waspada, Ini 9 Ciri Dajjal Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

Di akhir zaman nanti, diriwayatkan jika dajjal akan menguasai bumi selama 40 hari. Namun, lamanya 40 hari ini tidak sama dengan durasi satu hari seperti saat ini. Ada satu hari yang rasanya seperti satu tahun, satu hari yang rasanya seperti satu bulan, dan satu hari yang rasanya satu minggu. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW berikut ini.

يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَا لُبْثُهُ فِي الْأَرْضِ؟ قَالَ: "أَرْبَعِينَ يَوْمًا، يَوْمٌ كَسَنَةٍ، وَيَوْمٌ كَشَهْرٍ، وَيَوْمٌ كَجُمُعَةٍ، وَسَائِرُ أَيَّامِهِ كَأَيَّامِكُمْ

Rasulullah SAW menjawab, "Empat puluh hari; sehari ada yang lamanya sama dengan satu tahun, sehari ada yang lamanya sama dengan satu bulan, sehari ada yang lamanya sama dengan satu minggu, sedangkan hari-hari lainnya sama dengan hari-hari kalian sekarang ini."

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes
Aries

Ramalan Zodiak Aries Hari Ini - Zodiak Aries berasal dari konstel... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Free Download: POPBELA Gen Z Dictionary

Free Download: POPBELA Gen Z Dictionary

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

7 Selebritas Hollywood Ini Juga Puasa, Lho!

7 Selebritas Hollywood Ini Juga Puasa, Lho!