Bukan rahasia lagi kalau saat ini kita lebih suka menikmati tayangan video melalui YouTube di ponsel pintar dibandingkan harus menonton televisi. Tidak seperti televisi yang tayangannya sudah diatur oleh pihak stasiun televisi, melalui YouTube, kita hanya akan menyaksikan konten yang kita sukai saja.

Namun terkadang, ada saja video yang nggak kita inginkan muncul di beranda YouTube dan bahkan bisa mengganggu kenyamanan saat sedang menikmati konten yang ada di YouTube. Supaya nggak lagi mengganggumu, yuk simak cara mengatur video yang muncul di beranda YouTube dengan tiga cara ini.

1. Eksplorasi topik dan video terkait di halaman Beranda dan Video berikutnya

Cara Atur Video yang Kita Inginkan Muncul di Beranda pexels.com/fancycrave.com

Sekarang kamu dapat mengeksplorasi topik dan video terkait dengan lebih mudah. Misalnya video membuat roti, episode terbaru dari acara malam favorit, atau genre musik favorit, serta melihat lebih banyak konten lainnya yang kamu sukai di YouTube.

Pilihan video yang kamu lihat didasarkan oleh saran yang telah kamu sesuaikan sendiri, supaya kamu bisa lebih cepat menemukan video yang dicari. Saran-saran tersebut bisa berupa video yang berkaitan dengan video yang sedang ditonton, video yang dipublikasikan oleh channel yang sedang disaksikan, atau topik lainnya yang mungkin menarik minat kamu. Fitur baru ini dapat diakses di halaman beranda ketika kamu men-scroll layar ke atas, atau di bagian Video berikutnya saat kamu sedang menjelajahi video.

2. Hapus saran konten dari channel yang tidak ingin kamu tonton

Cara Atur Video yang Kita Inginkan Muncul di Beranda Popbela.com/YouTube Indonesia

Walaupun YouTube sering menyarankan video yang mungkin dapat kamu nikmati, saran yang diberikan tersebut mungkin saja tidak sesuai harapan. Oleh sebab itu, sekarang YouTube memberikan kontrol lebih banyak kepadamu jika kamu ingin berhenti melihat saran video dari suatu channel.

Cukup ketuk menu tiga titik di sebelah video yang muncul di halaman Beranda atau Video berikutnya, kemudian ketuk “Jangan rekomendasikan channel”. Setelah itu, kamu akan berhenti menerima saran atau rekomendasi video dari channel tersebut. Namun kamu masih bisa melihat video itu jika kamu subscribe ke channel-nya, menelusuri video tersebut, atau mengunjungi halaman channel atau di tab Trending. 

3. Pelajari lebih lanjut mengapa suatu video disarankan untuk kamu

Cara Atur Video yang Kita Inginkan Muncul di Beranda Popbela.com/YouTube Indonesia

Terkadang YouTube merekomendasikan video dari channel-channel yang belum pernah kamu tonton, berdasarkan video yang disukai dan telah ditonton oleh pengguna yang memiliki minat serupa denganmu. Ketika YouTube memberikan saran video berdasarkan hal tersebut, kamu akan melihat lebih banyak informasi dalam kotak kecil yang muncul di bawah video.

Fungsi dari informasi ini adalah untuk menjelaskan mengapa video muncul di halaman beranda kamu, serta untuk memudahkanmu menemukan video dari channel yang mungkin kamu sukai.

Cara mengatur video yang muncul di beranda YouTube ini membantu untuk membuatmu semakin nyaman menonton video yang kamu sukai. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: 5 Aplikasi Download Video YouTube Tercepat di PC