Transportasi menjadi salah satu kebutuhan penting bagi warga Indonesia yang tinggal di kota besar. Karena dengan adanya transportasi, akan lebih memudahkan kita yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi.

Namun, keadaan lalu lintas di kota besar, Jakarta khususnya, sulit diprediksi. Berangkat dari hal itu, maka kita dituntut untuk lebih cermat memilih jasa transportasi. Salah-salah, kita malah terjebak di kemacetan lalu lintas tersebut dan membuat semua rencana kita berantakan.

Bukan hanya kita, mereka yang memiliki kebutuhan khusus pun juga punya tingkat mobilitas yang sama tingginya. Menyadari akan kebutuhan itu, perusahaan transportasi berbasis online, Grab bekerja sama dengan Rexona dan Google meluncurkan GrabGerak yang dikhususkan untuk penumpang penyandang disabilitas.

Berikan Layanan Khusus Difabel, Ini 5 Keistimewaan GrabGerakPopbela.com/Grab Indonesia

Berdasarkan data yang dirilis oleh Program Perlindungan dan Layanan Sosial (PPLS) pada tahun 2012, terdapat 3.838.985 penyandang disabilitas yang tinggal di Indonesia. Mereka menghadapi beragam isu mobilitas sehari-hari, seperti trotoar yang dipenuhi pedagang kaki lima, jembatan bagi pejalan kaki tanpa fasilitas elevator, bahkan area khusus penyandang disabilitas yang disalahgunakan oleh para pengemudi transportasi umum.

Tak hanya itu, jika dibandingkan antara penyandang disabilitas dengan pemerintah, masyarakat termasuk organisasi sosial yang berfokus pada penyandang disabilitas dan keluarga mereka, kemampuan mereka untuk menangani dan memberikan perawatan memadai bagi penyandang disabilitas berada pada rasio yang mengkhawatirkan, yakni 101:1. Dengan besarnya kesenjangan ini, sektor swasta diharapkan dapat berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan transportasi yang inklusif.

Dalam acara peluncurannya yang diadakan pada 25 April 2018 di Epicentrum Mall, Jakarta Selatan kemarin, Popbela merangkum lima keistimewaan GrabGerak yang dapat dimanfaatkan oleh para penyandang disabilitas. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Layanan yang ramah bagi penyandang disabilitas

Berikan Layanan Khusus Difabel, Ini 5 Keistimewaan GrabGerakPopbela.com/Grab Indonesia

GrabGerak memberikan layanan yang ramah bagi penyandang disabilitas. Mengutamakan keamanan dan kenyamanan, para penyandang disabilitas nggak perlu ragu dan takut untuk memesan layanan transportasi tersebut untuk membantu menjalankan aktivitas sehari-harinya.

2.  Armada yang didedikasikan

Berikan Layanan Khusus Difabel, Ini 5 Keistimewaan GrabGerakInstagram.com/GrabID

GrabGerak memiliki armada khusus dengan stiker pada badan mobilnya. Saat ini Grab menyediakan 118 armada GrabCar yang dikhususkan untuk GrabGerak selama dalam tahap uji coba.

3. Mitra pengemudi yang telah mendapatkan sertifikasi

Berikan Layanan Khusus Difabel, Ini 5 Keistimewaan GrabGerakInstagram.com/GrabID

Sebanyak 118 mitra pengemudi GrabGerak telah melalui proses pelatihan khusus seputar kesetaraan dan layanan bagi penyandang disabilitas, serta pengetahuan mengenai keamanan mendasar yang dilakukan oleh Audisi. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mereka dalam melayani penyandang disabilitas dengan bantuan khusus.

4. Ikut GrabGerak sembari berbagi

Berikan Layanan Khusus Difabel, Ini 5 Keistimewaan GrabGerakInstagram.com/GrabID

Lebih jauh lagi, Grab juga bermitra dengan Kitabisa.com untuk menggalang donasi bagi Difa Bike, layanan transportasi khusus disabilitas di Yogyakarta. Jadi, kita bisa berkonstribusi untuk mereka yang membutuhkan dengan cara yang lebih mudah.

5. Berpartisipasi lewat kampanye Movement for Movement

Berikan Layanan Khusus Difabel, Ini 5 Keistimewaan GrabGerakInstagram.com/GrabID

Selain berpartisipasi lewat donasi, kita bisa berpatisipasi melalui kampanye Movement for Movement. Kita hanya diminta untuk berbagi informasi mengenai lokasi yang sedang kita kunjungi melalui aplikasi Gerak yang bisa kamu unduh di App Store dan Play Store. Melalui aplikasi tersebut kita bisa berbagi informasi apakah lokasi tersebut ramah bagi penyandang disabilitas atau tidak.

BACA JUGA: 6 Hal Penting Biar Aman Saat Gunakan Transportasi Online​