Arti dari ucapan minal aidin wal faizin sebenarnya bukanlah ‘mohon maaf lahir dan batin’. Karena kedua frasa tersebut sering disandingkan, maka banyak yang mengira bahwa kalimat tersebut memiliki makna yang sama.

Meski arti dari ucapan minal aidin wal faizin bukanlah ‘mohon maaf lahir dan batin’, namun arti sebenarnya nggak kalah bagus lho. Simak yuk penjelasan singkat arti dari ucapan minal aidin wal faizin berikut ini.

Arti dari Ucapan ‘Minal Aidin Wal Faizin’ Adalah Orang yang Kembali dan Beruntung

Arti dari Ucapan ‘Minal Aidin Wal Faizin’Unsplash.com/Oana-Maria Sofronia

Menurut Arwani Faishal, anggota komisi fatwa MUI mengatakan bahwa minal aidin wal faizin memiliki arti ‘semoga kita termasuk orang-orang yang kembali ke jalan yang benar atau ke jalan Allah dan termasuk orang yang beruntung atau berbahagia’.

Kalau diperhatikan maksud dan arti dari ucapan minal aidin wal faizin adalah ‘orang yang kembali ke jalan yang benar atau ke jalan Allah’, kalimat tersebut ditujukan bagi umat Muslim yang berhasil menjalankan ibadah sebulan penuh selama Ramadan. Fokus mengerjakan amal ibadah, membuat kita kembali ke jalan yang benar atau ke jalan Allah bukan?

Sementara untuk kalimat ‘orang yang beruntung atau berbahagia’ juga ditujukan kepada umat Muslim yang bersuka cita merayakan Hari Kemenangan setelah sebulan penuh melawan hawa nafsu dan beribadah dengan tekun. Diharapkan, semua umat Muslim kembali berbahagia dan beruntung karena dapat merayakan lebaran.

Jika diulik kembali, ternyata minal aidin wal faizin memiliki makna yang indah dan mengandung doa serta pengharapan yang positif. Sehingga, tidak ada salahnya jika kita mengucapkannya saat lebaran nanti.

‘Minal Aidin Wal Faizin’ Dipopulerkan oleh Shafiyuddin al-Huli pada Zaman Andalusia

Arti dari Ucapan ‘Minal Aidin Wal Faizin’Pexels.com/Metatdtg

Jika melihat kembali sejarahnya, minal aidin wal faizin adalah sebuah syair yang mengisahkan tentang dendang kaum perempuan saat hari raya. Dalam kitab Dawawin Asy-Syi’ri al-Arabi ala Marri Al-Ushur jilid ke-19 disebutkan salah satu syairnya berbunyi jaalna minal aidina wal faizina yang berarti ‘jadikan kami orang-orang yang kembali dan orang-orang yang beruntung’.

Istilah minal aidin wal faizin sendiri hanya dikenal di negara-negara di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunie Darussalam. Bahkan di Arab Saudi sendiri mereka tidak mengetahui istilah tersebut dan hanya mengetahui arti per katanya saja.

Meski arti dari ucapan minal aidin wal faizin bukanlah ‘mohon maaf lahir dan batin’, namun karena artinya juga positif, tidak ada salahnya jika kamu ingin tetap mengucapkannya saat hari raya nanti.

Baca Juga: Model dan Trend Baju Lebaran Terbaru 2019!