Apa itu FOMO? Berikut Penjelasan dan 5 Cara Mengatasinya

Pahami agar kesehatan mentalmu lebih terjaga

Apa itu FOMO? Berikut Penjelasan dan 5 Cara Mengatasinya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Jujur saja, Bela, semenjak adanya media sosial, beberapa kegiatan kita menjadi lebih dimudahkan, bukan? Kita bisa menghubungi teman-teman yang lokasinya jauh dari kita, atau bahkan terhubung kembali dengan kawan lama yang sudah lama tidak saling berkomunikasi.

Namun, bak dua mata pisau, media sosial dan segala kecanggihan internet juga memiliki sisi negatif. Secara tak sadar, media sosial ini membuat kita merasa FOMO atau fear of missing out. Istilah ini tentu sudah sering kita dengar sehari-hari, bukan? Namun, belum banyak yang menyadari pengetian dari istilah ini. Bahkan, secara tak sadar pula, FOMO memengaruhi kesehatan mental kita, lho.

Sebenarnya apa itu FOMO dan bagaimana cara kita mengatasinya? Simak selengkapnya berikut ini.

Pengertian FOMO

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai FOMO, kita bahas terlebih dulu pengertian tentang fear of missing out ini. Secara bahasa, FOMO memiliki arti sebuah kondisi yang membuat kita takut merasa ketinggalan. Kamu yang mengalami FOMO akan merasa cemas secara berlebihan jika orang lain bersenang-senang tanpa mengikutsertakan kamu dalam situasi tersebut.

Karena rasa cemas inilah, kita akan terlalu sering membuka media sosial, bahkan di waktu-waktu yang tidak ideal sekalipun. Misalnya, saat sedang menyetir mobil, atau mengorbankan waktu istirahat hanya untuk membuka media sosial demi mengetahui hal baru apa yang kamu lewatkan di media sosial.

Lama kelamaan, perasaan ini membuat kondisi kesehatan mental kita tidak stabil. Kita akan merasa cemas berlebihan dan terlalu memikirkan orang lain di atas diri kita sendiri. Padahal, apa yang kita saksikan di media sosial belum tentu merupakan kejadian yang sebenarnya. 

Sub-kategori FOMO yang perlu kita ketahui

Melansir dari Theconversation.com, kondisi FOMO bukan hanya mengacu pada rasa takut ketinggalan informasi atau momen tertentu. Lebih dari itu, FOMO memiliki sub-kategori yang lebih spesifik yang menggambarkan secara lebih detil mengenai kondisi ketakutan yang kita alami. 

Apa saja sub-kategori FOMO? Berikut penjelasannya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here