Film animasi memang banyak ragamnya. Mulai dari genre, hingga negara yang memproduksinya. Selain Disney, film animasi asal Jepang atau anime, juga tak kalah keren. Sebab, film ini bukan hanya menghadirkan visual yang memanjakan mata, tetapi juga menyajikan kisah menarik yang tak akan bosan untuk ditonton berulang kali.

Tertarik untuk menyaksikan film anime di akhir pekan ini? Simak daftar anime movie terbaik sepanjang masa ini, yang bisa kamu tonton bersama seluruh keluarga.

1. My Neighbor Totoro (1988)

https://www.youtube.com/embed/92a7Hj0ijLs

Rilis di tahun 1988, My Neighbor Totoro menjadi film anime terbaik dengan visual yang dibuat menggunakan teknologi terbaik pada masanya. Film yang mengambil latar tahun 1950-an ini benar-benar menghadirkan kisah dan pengalaman menonton yang berbeda.

My Neighbor Totoro bercerita tentang keluarga Tatsuo Kusakabe yang baru saja pindah ke desa. Alasan kepindahan mereka adalah agar anak-anaknya, Satsuki dan Mei lebih mudah mengunjungi ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit.

Saat sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya, Mei secara tak sengaja bertemu dengan makhluk menggemaskan berbentuk seperti kelinci. Setelah mencari tahu, makhluk tersebut ternyata merupakan roh Totoro. Sejak saat itu, kehidupan Mei dan Satsuki dipenuhi dengan hal-hal magis yang membuat mereka betah tinggal di rumah barunya.

2. Grave of the Fireflies (1988)

https://www.youtube.com/embed/4vPeTSRd580

Kalau menonton film ini, siap-siap tisu, ya. Sebab, kisah Grave of The Fireflies benar-benar bisa membuat kita meneteskan air mata. Mengambil latar waktu setelah Perang Dunia II, film yang rilis di tahun 1988 ini bercerita tentang kakak-beradik korban perang bernama Seita dan Setsuko.

Orangtua Seita dan Setsuko meninggal dunia akibat perang yang membuat mereka terpaksa tinggal bersama bibinya yang kejam. Karena tak tahan dengan kekejaman sang bibi, Seita dan Setsuko kabur. Hal ini membuat Seita dan Setsuko hidup terlantar.

3. Spirited Away (2001)

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Bagaimana rasanya jika kamu terjebak di dunia roh demi menyelamatkan orangtuamu? Apakah kamu akan bertahan seperti Chihiro Ogino? Atau menyerah saja dengan keadaan?

Chihiro Ogino dan orangtuanya sedang berlibur di suatu tempat. Di tengah perjalanan, mereka tak sengaja masuk ke dalam kampung yang sepi. Penasaran, mereka memasuki kampung tersebut dan mampir ke sebuah warung makan. Di warung makan tersebut, orangtua Chihiro makan sangat banyak dan membuat mereka berubah menjadi babi. Chihiro pun berusaha keras untuk mengembalikan orangtuanya, meskipun harus masuk ke dunia roh.

Spirited Away menjadi salah satu film anime terbaik sekaligus legendaris, yang diproduksi Ghibli pada tahun 2001. Beragam bentuk roh yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, dijamin memanjakan imajinasi penonton.

4. 5 Centimeters per Second (2007)

https://www.youtube.com/embed/wdM7athAem0

Bukan hanya fantasi, film anime terbaik juga ada yang ber-genre romance. Salah satunya, yakni 5 Centimeters per Second. Drama romantis ini terdiri dari tiga babak dengan plot twist yang membuat kamu patah hati.

Anime yang rilis di tahun 2007 ini bercerita tentang Takaki Tono yang menyukai teman masa kecilnya, Akari Shinohara. Namun, saat akan mencari dan membuat pengakuan, Takaki justru dihadapkan dengan kenyataan yang mengejutkan hati.

5. Wolf Children (2012)

https://www.youtube.com/embed/ed1xwAtF728

Apa jadinya jika pria yang kamu cintai adalah manusia serigala? Apakah kamu akan melanjutkan hubungan itu atau menyudahinya saja?

Hal itulah yang dirasakan oleh Hana. Hana tidak mengetahui kalau pria yang disukainya adalah manusia serigala yang berubah wujud ketika bulan purnama tiba. Karena hubungan tersebut, Hana memiliki dua anak. Tak lama, suami Hana meninggal dunia dan membuatnya harus membesarkan dua anak manusia serigala sendirian. 

6. The Garden of Words (2013)

https://www.youtube.com/embed/FMabhvDoolc

Kisah cinta beda usia juga dapat kamu saksikan dalam anime. The Garden of Words bercerita tentang murid SMA bernama Takao Akizuki yang menyukai gurunya sendiri, Yukari Yukino. Takao yang bercita-cita menjadi desainer sepatu berjanji akan membuatkan Yukari sepatu istimewa.

Namun, masalah kemudian muncul karena keduanya harus menyembunyikan status mereka di sekolah dan ketidakjelasan mau dibawa ke mana hubungan mereka.

7. I Want to Eat Your Pancreas (2014)

https://www.youtube.com/embed/MmoBvmJA9XI

Seram dengan judulnya? Sebenarnya tidak seperti itu, kok. I Want to Eat Your Pancreas bercerita tentang Haruki yang tanpa sengaja menemukan dan membaca buku harian teman sekolahnya bernama Sakura. Dalam buku harian tersebut, Haruki mengetahui bahwa Sakura mengidap kanker pankreas dan usianya tidak akan lama lagi.

Haruki pun berjanji akan menemani Sakura sampai hembusan nafas terakhirnya. Namun, tonton sampai habis, deh. Kamu akan menemukan plot twist yang nggak terduga.

8. Silent Voice (2016)

https://www.youtube.com/embed/nfK6UgLra7g

Gara-gara sering menerima perlakukan perundungan dari Shouya Ishida, ibu Shouko Nishimiya pun memutuskan untuk pindah sekolah. Sejak kecil, Shouko memang tuna rungu dan hal ini membuatnya kerap mendapat perundungan saat duduk di bangku SD.

Ketika SMA, Shouko tak menyangka bahwa ia akan satu sekolah dengan Shouya. Saat bertemu kembali, kira-kira apa yang akan dilakukan keduanya, ya?

9. Kimi No Na Wa (2016)

https://www.youtube.com/embed/xU47nhruN-Q

Kisah dalam anime Kimi No Na Wa memang rumit. Namun, karena rumit dan nggak biasa itulah membuat anime yang rilis di tahun 2016 menjadi anime movie terbaik.

Kimi No Na Wa bercerita tentang siswa SMA di Tokyo, Taki Tachibana, serta siswi SMA di Desa Itomori, Mitsuha Miyamizu. Mereka tak sengaja bertukar tubuh setelah keduanya mengalami mimpi yang aneh. Namun, mereka tetap menjalani kehidupan seperti biasa dengan meninggalkan pesan agar masing-masing mengetahui apa yang terjadi saat keduanya bertukar tubuh.

Suatu hari Taki bermimpi bahwa desa tempat Mitsuha tinggal dilanda bencana. Taki berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan Mitsuha dari bencana itu.

10. Weathering With You (2019)

https://www.youtube.com/embed/Q6iK6DjV_iE

Film anime terbaik yang terakhir adalah Weathering With You. Film ini benar-benar membuat imajinasi kita terpuaskan. Weathering With You bercerita tentang sebuah kota yang tak pernah diguyur hujan dan matahari tak pernah muncul.

Sampai pada suatu hari, Hodaka yang bekerja di sebuah majalah kecil, bertemu dengan seorang gadis bernama Hina. Tanpa disadari, ternyata Hina dapat memunculkan matahari dan mendatangkan hujan. Kekuatan Hina ini mereka manfaatkan untuk mendapatkan uang. Apa yang terjadi selanjutnya?

Itulah tadi deretan anime movie terbaik yang wajib kamu tonton. Membaca sinopsisnya saja, menunjukkan kualitas cerita mencerminkan kualitas animasinya juga, bukan? Sudah berapa judul yang kamu tonton?

Baca Juga: Punya Kekuatan Super, Ini 7 Anime Seru Wajib Tonton

Baca Juga: 7 Anime Seru di Bulan Januari 2021 Ini Siap Temani Akhir Pekan Kamu

Baca Juga: Bikin Kecanduan Nonton, Ini 7 Rekomendasi Anime Terseru Sepanjang Masa