Setelah merilis single  "Jendela Waktu" sebulan yang lalu, tepat di tanggal 9 Mei 2020, kini Andien Aisyah merilis video musik dari single tersebut. Klip ini terasa sangat spesial bagi Andien karena proses pengerjaannya di tengah pandemi yang nggak biasa membuatnya harus berpikir sekreatif mungkin untuk membuatnya.

Selama kurang lebih satu bulan proses pengerjaan, akhirnya video musik tersebut rilis dan dapat kita nikmati melalui channel YouTube milik Andien. Tak hanya sekadar pelengkap lagu, musik video ini menyematkan pesan mengharukan bagi para pendengarnya. 

Simak kisah di balik lagunya berikut ini, yuk.

Merupakan kumpulan potongan video selama physical distancing

"Jendela Waktu", sebuah karya ciptaan Yovie Widianto dengan aransemen oleh Andi Rianto, telah rilis secara resmi melalui akun YouTube Andien Aisyah. Klip tersebut adalah kolaborasi antara Andien dengan masyarakat. Kolaborasi berupa kumpulan potongan video tentang cerita-cerita menarik yang direkam oleh masyarakat selama masa physical distancing dan dikumpulkan sebagai materi utama produksi visual video. Andien berharap, video ini dapat mengingatkan kita bahwa kita pernah berada pada suatu momen yang kita lalui bersama di jendela waktunya masing-masing.

Menurut Andien dan Shadtoto Prasetio selaku Art Director music video "Jendela Waktu", proses physical distancing bukan menjadi alasan untuk berhenti berkarya. Andien percaya bahwa karya yang sarat akan pesan dan energi positif pada saat sulit seperti ini justru diperlukan oleh masyarakat agar kita semua bisa saling mendukung satu sama lain. Menurutnya, hal ini merupakan cara yang bisa dilakukan oleh pekerja seni untuk membawa pesan dan energi positif pada situasi seperti ini.

Perpisahan tak selamanya membuat kita tenggelam dalam sedih

Andien Sematkan Pesan Haru di Klip Jendela Waktu, Ini LiriknyaDok. Andien

Melalui klip "Jendela Waktu", Andien menyampaikan pesan bahwa perpisahan yang dilambangkan oleh frase “Jendela Waktu” tidak selamanya membuat kita tenggelam ke dalam perasaan sedih. Perpisahan ini telah membuat kita menjadi jauh lebih dekat dengan orang-orang yang dulu terkesan jauh di mata, seperti keluarga dan para sahabat. 

Perpisahan yang membuat kita harus #DiRumahAja merupakan waktu yang tepat untuk menjalin kasih dan berbagi suka dengan yang terdekat, walaupun masih ada yang belum bisa merasakannya seperti tenaga kesehatan dan para perantau yang sedang berjuang melawan rindu. Andien mengajak mereka yang sedang berjuang untuk tetap yakin bahwa rasa cinta terhadap mereka tidak akan terhapus meski langit memisahkan kita semua.

“Rasa yang muncul karena sebuah perpisahan memang tidak mudah untuk dirasakan. Namun, aku yakin bahwa setiap jalan yang dilalui pasti ada hikmah yang patut kita syukuri, seperti kesempatan untuk menjalin kasih dengan yang terdekat yang dulu mungkin langka untuk didapatkan,” ujar Andien.

Lirik lagu "Jendela Waktu"

https://www.youtube.com/embed/e5giDoJk73A

Jendela Waktu

Mengapakah aku masih tak bisa mengubah hatiku?
Canda tawa itu melukis ulang potret yang lalu

Semakin ku mencoba melupakan dirinya
Semakin ingin ku menggapainya

Cinta ini takkan hilang
Meski langit tampaknya memisahkan kita
Walau langkah tak sejalan
Cinta ini tak terhapus meski
Jendela waktu berbeda

Terlalu berat kulangkahkan kaki
Semakin lama ku merasa sepi
Bayangan dirimu mengisi setiap langit
Terhanyut dalam sebuah cerita
Selamanya

Cinta ini takkan hilang
Meski langit tampaknya memisahkan kita
Walau langkah tak sejalan
Cinta ini tak terhapus meski
Jendela waktu berbeda
(Cinta ini takkan hilang)
(Meski langit) Tampaknya memisahkan kita
Walau langkah tak sejalan
Cinta ini tak terhapus meski
Jendela waktu berbeda

Bagaimana Bela, cukup mendalam bukan pesan di balik lagu ini? Semoga saja lagu ini bisa mengobati rasa rindu kamu kepada orang tersayang yang terpaksa terpisah karena physical distancing.

Baca Juga: RAN X HINDIA Rilis Lagu Baru, Inspirasi untuk Berhenti Berpura-Pura

Baca Juga: Meninggal Dunia, Ini 9 Lagu Patah Hati Didi Kempot yang Bikin Ambyar

Baca Juga: 7 Lagu yang Harus Kamu Dengar di Minggu Pertama Putus