Putri Diana atau yang dikenal dengan nama Lady Diana ini memang sungguh ikonik. Kehadirannya di keluarga Kerajaan Inggris bukan hanya menimbulkan kesan mendalam bagi keluarga, tapi juga bagi rakyat Inggris dan warga dunia.

Meski nyawanya terenggut karena kecelakaan yang menimpanya pada 31 Agustus 1997, namun sampai saat ini namanya terus dikenang sebagai putri yang cantik dengan kepribadian baik.

Untuk mengenang sosoknya, banyak rumah produksi membuat kisah film dan serial yang terinspirasi dari Princess of Wales itu. Banyak artis pula yang sukses memerankannya dan menghidupkan karakter Putri Diana. Tapi, tak semuanya terbaik. Menurut Bestlineonline.com, berikut ini daftar aktris terbaik dan terburuk yang pernah memerankan sosok Putri Diana.

1. Elizabeth Debicki, The Crown

7 Aktris Terbaik dan Terburuk yang Pernah Memerankan Putri DianaDok. Internet

Melihat penampilan Elizabeth Debicki dalam serial The Crown di musim kelima dan enam, kita seolah melihat sosok reinkarnasi Putri Diana dalam tubuh yang lebih kecil, namun anggun. Elizabeth disebut menjadi aktris paling sukses yang pernah memerankan Putri Diana sepanjang masa.

Dalam perannya, Elizabeth sangat pas memerankan sosok perempuan kuat, sekaligus rapuh di dalam. Karena perannya ini pula, Elizabeth berhasil memukau penonton dan membuatnya menjadi aktris paling pas untuk memerankan Princess of Wales itu.

2. Emma Corrin, The Crown

7 Aktris Terbaik dan Terburuk yang Pernah Memerankan Putri DianaDok. Netflix

Dalam serial The Crown, Putri Diana diperankan oleh dua aktris berbeda yang menggambarkan fase hidup sang putri. Emma Corrin dipercaya untuk memerankan sosok Putri Diana muda dalam serial tersebut.

Tubuhnya yang mungil, rambut, serta tatapan mata Emma, benar-benar representasi sempurna untuk sosok Putri Diana. Bahkan karena aktingnya yang luar biasa, beragam penghargaan diraihnya lewat serial ini. Penghargaan tersebut antara lain, Breakthrough Award Broadcasting Press Guild Awards 2021, Best Actress in a Drama Series Critics' Choice Television Awards 2021, Breakthrough Performer of the Year dan Drama Actress Gold Derby TV Awards 2021, serta Best Actress – Television Series Drama Golden Globe Awards 2021.

3. Kristen Stewart, Spencer

7 Aktris Terbaik dan Terburuk yang Pernah Memerankan Putri DianaIMDB.com

Film Spencer yang mengisahkan kehidupan Putri Diana di tahun 1992, saat hubungannya dengan Pangeran Charles di ambang kehancuran. Rencananya, akan tayang pada akhir tahun 2021 ini. Maka dari itu, kita belum bisa melihat bagaimana Kristen Stewart memainkan peran tersebut.

Namun, kritikus film dan warganet mengatakan bahwa Kristen adalah doppelgänger Putri Diana. Wajahnya yang tirus, serta tatapan matanya yang tajam dan biru, benar-benar mengingatkan kita dengan sosok tersebut.

4. Genevieve O'Reilly, Diana: Last Days of a Princess

7 Aktris Terbaik dan Terburuk yang Pernah Memerankan Putri DianaElle.fr

Dari semua film dan serial yang menayangkan kisah Putri Diana, versi serial televisi Diana: Last Days of a Princess yang rilis di tahun 2007 terasa lebih hidup. Genevieve O'Reilly berhasil menghidupkan sosok Putri Diana dan membuatnya terasa sangat nyata. 

Diana: Last Days of a Princess mengisahkan hari-hari terakhir Putri Diana sebelum meninggal dunia. Serial yang sebagian besar adegannya menggunakan footage asli, seperti video wawancara dan cuplikan berita Putri Diana ini menggunakan gaya bercerita dokumenter. Bahkan, Genevieve seolah berdialog tanpa skrip karena aktingnya yang dinilai sangat natural.

5. Katie Brayben, King Charles III

7 Aktris Terbaik dan Terburuk yang Pernah Memerankan Putri DianaExpress.co.uk

Bisa dibilang, dari semua serial dan film yang mengisahkan Putri Diana, King Charles III  merupakan tayangan paling gelap. Bukan mengisahkan tentang perjalanan hidup Putri Diana, film yang tayang di tahun 2017 ini justru mengambil kisah jauh setelah Putri Diana meninggal.

Dikisahkan, Ratu Elizabeth meninggal dunia dan akhirnya Pangeran Charles naik takhta menjadi raja. Di hari penobatannya, hantu Putri Diana datang ke Istana Buckingham dan mengatakan bahwa ia menyayangi Pangeran Charles sampai akhir hidupnya.

Tentu kisah menimbulkan banyak kritik pedas. Banyak komentar negatif ditujukan kepada sang penulis naskah, Mike Bartlett yang dinilai menyerang keluarga Kerajaan Inggris secara halus. 

Karena filmnya yang begitu kontroversial, maka kritikan juga dialamatkan untuk Katie Brayben, sang pemeran Putri Diana. Katie dinilai sangat tidak merepresentasikan Putri Diana dan banyak pula yang mengatakan kalau aktingnya aneh.

6. Jeanna de Waal, Diana the Musical

7 Aktris Terbaik dan Terburuk yang Pernah Memerankan Putri DianaTheaterfansmanila.com

Pertunjukan broadway berjudul Diana the Musical yang mengisahkan tentang kehidupan Putri Diana rencananya akan digelar pada tahun 2020 lalu. Namun, baru satu kali pertunjukan digelar, teater terpaksa tutup karena pandemi.

Namun, kritikus telah melihat penampilan Jeanna de Waal pada drama musikal tersebut. Banyak kritik ditujukan pada Jeanna karena dinilai kurang merepresentasikan Putri Diana. Mulai wajahnya yang kurang mirip, hingga tinggi badannya yang jauh dari tinggi badan asli Putri Diana.

7. Amy Seccombe, Diana: A Tribute to the People's Princess

7 Aktris Terbaik dan Terburuk yang Pernah Memerankan Putri DianaDok. Internet

Amy Seccombe memerankan sosok Putri Diana di tahun-tahun terakhirnya sebelum meninggal dunia. Dalam serial ini, diceritakan pula hubungannya dengan Dodi Al-Fayed.

Peran Amy dalam serial Diana: A Tribute to the People's Princess dinilai biasa saja dan tidak ada yang istimewa. Kritikus mengatakan bahwa sebenarnya serial ini memiliki naskah yang bagus. Sayangnya, sang aktris dan sutradara tidak bisa menghidupkannya. Sehingga, sosok Putri Diana yang seharusnya bisa terlihat begitu memesona, terkesan biasa dan konyol karena pemilihan adegan kurang penting yang malah dimasukan ke dalam inti cerita.

Itulah tadi daftar aktris yang pernah memerankan sosok Putri Diana. Aktris mana yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 9 Gaya Aktris Hollywood saat Berperan Sebagai Putri Diana

Baca Juga: Intip Gaun Mewah Keponakan Putri Diana Diana yang Baru Menikah

Baca Juga: Kenang Masa Lalu, Ini Gaya Modis Putri Diana, Pangeran William & Harry