Berita mengejutkan datang dari Republik Cinta Management atau yang dikenal dengan nama RCM. Manajemen artis ini sempat menjadi manajemen tersukses karena berhasil menelurkan musisi-musisi sukses. Kini manajemen tersebut dikabarkan bangkrut setelah Ahmad Dhani, sang pemilik memutuskan untuk vakum dari dunia musik dan serius di politik.

Namun, sebelum dinyatakan bangkrut dan tutup, RCM sempat menelurkan banyak musisi dan sukses di dunia musik Indonesia. Berikut ini delapan musisi paling sukses yang pernah bernaung di bawah Republik Cinta Management.

1. Dewa 19

8 Musisi Paling Sukses Pernah Bernaung di Republik Cinta ManagementDok. Internet

Dewa 19 pernah menjadi band yang sangat sukses di Indonesia di tahun 90-an. Sampai tahun 2000-an mereka berhasil menelurkan beberapa album yang hits dan penjualan album fisiknya pun mencapai jutaan copy. Sayangnya, Dewa 19 mulai goyah setelah album Kerajaan Cinta di tahun 2011 rilis. Setelah itu, masing-masing personelnya merintis kariernya masing-masing, yakni Once dengan proyek solonya, Ahmad Dhani dengan band baru dan mulai terjun ke dunia politik, serta Andra yang mulai serius dengan band Andra & The Backbone.

2. Once

8 Musisi Paling Sukses Pernah Bernaung di Republik Cinta ManagementInstagram.com/oncemekelofficial

Sebelum memutuskan untuk hengkang dari RCM, proyek solo Once sempat ditangani oleh manajemen RCM. Di awal karier solonya, Once berhasil merilis single Dealova hasil kolaborasinya dengan Opick yang viral. Tak lama setelah itu, ia merilis album berjudul Once di tahun 2012 dan album Intrinsik di tahun 2015.

3. Andra & The Backbone

8 Musisi Paling Sukses Pernah Bernaung di Republik Cinta ManagementDok. Internet

Siapa yang tak kenal dengan lagu Sempurna. Lagu yang sering diputar di acara pernikahan atau momen romantis lainnya memang menjadi lagu paling terkenal dari Andra & The Backbone. Sesuai namanya, Andra & The Backbone merupakan band yang digawangi oleh Andra, gitaris dari Dewa 19. Di awal terjunnya ke dunia musik, Andra & The Backbone sempat bergabung dengan RCM.

4. Dewi Perssik

8 Musisi Paling Sukses Pernah Bernaung di Republik Cinta ManagementInstagram.com/dewiperssikreal

Pada awal terjunnya Dewi Perssik di dunia musik, ia sempat mempercayakan RCM sebagai manajemennya. Meski sudah terjun ke dunia hiburan pada awal tahun 2000-an, namun Dewi baru bergabung dengan RCM di tahun 2008. Tak lama setelah itu, ia merilis single bersama Glenn Fredly yang berjudul Mimpi Manis.

5. Alexa Key

8 Musisi Paling Sukses Pernah Bernaung di Republik Cinta ManagementInstagram.com/alexa_key

Bergabung dengan RCM di tahun 2008, perempuan yang memiliki nama asli Kyooma Alexa Dewanty D'Heureuse ini langsung melejit lewat single Aku Kangen Aku Rindu yang ditulis sendiri oleh Ahmad Dhani. Meski tak bertahan lama di dunia musik, Alexa Key kini lebih aktif sebagai aktris di beberapa judul layar lebar, seperti Garuda Superhero, Romeo dan Rinjani, dan Move On.

6. The Virgin

8 Musisi Paling Sukses Pernah Bernaung di Republik Cinta ManagementDok. Internet

Di tahun 2005, The Virgin menjadi duo band perempuan paling hits karena pada masa itu tak ada lagi musisi dengan format serupa. Dari semua lagu dan album yang pernah dirilis band yang beranggotakan Mitha dan Dara ini, hanya satu yang paling diingat dan viral hingga saat ini, yakni Cinta Terlarang.

7. Dewi Dewi

8 Musisi Paling Sukses Pernah Bernaung di Republik Cinta ManagementDok. Internet

Selanjutnya ada trio grup Dewi Dewi. Grup musik yang beranggotakan tiga perempuan, Tata Janeeta, Purie Andriani, dan Inna Kamarie, ini merupakan besutan Ahmad Dhani melalui sebuah audisi yang dilakukan di tahun 2007. Lagu Dokter Cinta dan Begitu Salah Begitu Benar menjadi lagunya yang paling hits karena albumnya Recycle+ berhasil mendapatkan penghargaan karena terjual lebih dari 150 ribu kopi.

8. Mulan Jameela

8 Musisi Paling Sukses Pernah Bernaung di Republik Cinta ManagementInstagram.com/mulanjameela1

Terakhir ada Mulan Jameela. Hengkang dari duo Ratu, Mulan bersolo karier dan bergabung dengan RCM. Bergabungnya Mulan dengan RCM semakin menguatkan isu perselingkuhan antara Mulan dan Ahmad Dhani yang saat itu merebak. Dari manajemen ini, satu lagu yang paling terkenal dari Mulan adalah Wonder Woman.

Baca Juga: Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia