Drama Korea terbaru Our Blues telah rilis di Netflix pada 9 April 2022. Bertabur bintang Korea papan atas, seperti Lee Byung Hun, Shin Min A, Cha Seung Won, Lee Jung Eun, Han Ji Min, Kim Woo Bin, dan Uhm Jung Hwa, drama sepanjang 20 episode ini bercerita tentang pahit-manis cinta dan naik-turun kehidupan dari sekelompok orang yang tinggal dan bekerja di Pulau Jeju.

Meraih rating 9% untuk dua episode perdananya, kamu masih belum terlambat, kok, untuk menyaksikan dan mengikuti serial satu ini. Sebelum menyaksikannya, simak dulu deretan fakta Our Blues berdasarkan virtual konferensi pers yang digelar pada 7 April 2022 lalu ini.

1. Cara bercerita yang tak biasa

7 Fakta 'Our Blues', K-Drama Baru yang Siap Temani Kamu Tiap MingguDok. Netflix

Berlatar di Pulau Jeju, Our Blues mengikuti perjalanan hidup 14 karakter yang saling berkaitan--beberapa di antaranya adalah sahabat, tetangga, dan sanak saudara, karena aktivitas mereka di Pasar Seopseop, Desa Pureung. Setiap episode akan menyuguhkan cerita yang berfokus pada satu atau dua orang, namun tetap diwarnai oleh kehadiran berbagai karakter yang menjadi sorotan di episode lainnya. Hal ini pun menjadi sebuah cara bercerita yang sangat unik dan berbeda.

"Bentuk penceritaan omniverse ini adalah sesuatu yang telah lama ingin saya coba dalam drama. Saya tidak paham mengapa hampir seluruh kisah hanya berkutat pada seorang laki-laki dan perempuan, padahal dalam kehidupan nyata kita semua adalah karakter utama," ungkap penulis naskah Our Blues, Noh Hee Gyoung dalam konferensi pers tersebut.

2. Para pemain dan chemistry mereka yang luar biasa

7 Fakta 'Our Blues', K-Drama Baru yang Siap Temani Kamu Tiap MingguDok. Netflix

Aktor ternama Lee Byung Hun akan menampilkan sisi yang berbeda dari peran-peran sebelumnya. Di serial ini ia berperan sebagai sebagai Lee Dong Seok, seorang sopir truk yang dilahirkan dan besar di Pulau Jeju.

"Saya selalu berharap bisa bekerja sama dengan Noh Hee Gyoung dan saya sangat terpukau dengan seluruh karakter dalam serial ber-genre omniverse ini," kata Lee Byung Hun.

Selain Lee Byung Hun ada pula Shin Min A yang memerankan Min Seon A, sebuah karakter yang juga jauh berbeda dari perannya di Hometown Cha-Cha-Cha. Untuk pertama kali dalam kariernya, Shin Min A akan berperan sebagai seorang ibu yang terpaksa meninggalkan anaknya dan pindah ke Pulau Jeju.

"Saya dapat memahami rasa pedih yang dirasakan Min Seon A, dan hati saya pun ikut sakit. Saya tertarik untuk memainkan karakter ini dan ingin menantang diri saya sendiri," ungkap Shin Min A saat berbicara soal perannya.

3. Serial comeback-nya Kim Woo Bin pasca hiatus

7 Fakta 'Our Blues', K-Drama Baru yang Siap Temani Kamu Tiap MingguDok. Netflix

Sementara itu, serial ini juga menandai kembalinya Kim Woo Bin ke drama Korea setelah
enam tahun lamanya hiatus. Kim Woo Bin memilih hiatus untuk fokus pada pemulihan kesehatannya pasca dinyatakan sembuh dari kanker nasofaring yang diidapnya di tahun 2017 lalu.

Kim Woo Bin dipercaya memerankan tokoh Park Jeong Jun, seorang pria romantis dengan kehidupan yang sibuk. Yakni, mulai dari mengantarkan para penyelam ke tempat mereka bekerja, hingga menjual ikan di pasar dan tempat pelelangan.

"Untuk mendalami karakter ini, saya tinggal di Pulau Jeju untuk beberapa waktu. Di sana saya bertemu dengan seorang kapten kapal, mengikuti para penyelam ke tempat mereka bekerja, dan bahkan belajar memotong ikan di pasar," jelasnya.

4. Cerita yang dekat dengan kehidupan banyak orang

7 Fakta 'Our Blues', K-Drama Baru yang Siap Temani Kamu Tiap MingguDok. Netflix

Our Blues menyajikan berbagai cerita mengenai orang-orang biasa, serta memiliki faktor kedekatan yang kuat.

"Secara kisah, serial ini memang berlokasi di Pulau Jeju. Namun, emosi yang dihadirkan di sana, seperti kesedihan dan harapan adalah apa yang dialami oleh banyak orang di dunia," ungkap Lee Byung Hun.

"Penulis Noh selalu berhasil membuat para karakter yang umumnya kita jumpai sehari-hari, namun ia dapat membuat mereka terasa spesial. Percakapan mereka dapat bersifat menyentuh, sehingga meninggalkan kesan tersendiri bagi penonton," tambah Han Ji Min, pemeran Yeong Ok dalam serial ini.

5. Latar lokasi yang unik

7 Fakta 'Our Blues', K-Drama Baru yang Siap Temani Kamu Tiap MingguDok. Netflix

Pulau Jeju dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di Korea. Dalam Our Blues, pulau ini menjadi lokasi syuting maupun latar belakang berbagai kisah yang menjadi daya tarik tersendiri. Sutradara Kim Kyu Tae mengenang bahwa pengalaman syuting di pulau tersebut menyenangkan sekaligus cukup menantang akibat faktor cuaca yang tak terduga.

"Angin di Jeju kadang sangat kuat dan dingin, sehingga memengaruhi tampilan rambut para aktor, namun di saat yang sama juga memberikan suasana yang berbeda ke dalam serial ini," ungkap Kim Kyu Tae.

"Jeju terkenal dengan keindahan laut dan gunung, tapi yang sangat saya sukai adalah rumah-rumahnya. Seluruh rumah di sana seperti punya kisah dan tampak hangat," tambah Shin Min A.

6. Alasan Shin Min A dan Kim Woo Bin tidak muncul sebagai pasangan dalam serial Our Blues

7 Fakta 'Our Blues', K-Drama Baru yang Siap Temani Kamu Tiap MingguDok. Netflix

Sebelum serial ini rilis dan membaca nama pemainnya, mungkin banyak dari kita yang berspekulasi kalau Shin Min A dan Kim Woo Bin akan muncul sebagai pasangan. Pada kenyataannya, mereka justru dipasangkan dengan aktor lain. Terkait hal ini, Noh Hee Gyoung memiliki alasan tersendiri.

"Saya tahu mereka tidak akan bergabung dengan proyek ini jika mereka muncul sebagai pasangan. Saat aku casting mereka, aku memberi tahu mereka bahwa mereka tidak akan muncul sebagai pasangan dan mereka masing-masing akan memiliki hubungan romantis Dengan orang lain. Dan untungnya mereka baik-baik saja dengan itu. Saya memilih keduanya karena mereka adalah aktor yang hebat dan sangat profesional," kata Noh Hee Gyoung.

7. Makna 'blues' pada judul serial Our Blues

7 Fakta 'Our Blues', K-Drama Baru yang Siap Temani Kamu Tiap MingguDok. Netflix

Tentu banyak pula yang bertanya, apa makna 'blues' dalam judul Our Blues ini. Dengan ringkas, Noh Hee Gyoung menjelaskannya bahwa 'blues' diambil dari genre musik yang banyak dinikmati oleh orang Afrika-Amerika, yakni musik blues. Lebih luas, musik juga diibaratkan sebagai salah satu hal untuk mengatasi kegundahan atau kegalauan hati.

"Musik bisa juga merepresentasikan perasaan sedih dan mengekspresikan kebahagiaan. Saya dan Sutradara Kim sangat berhati-hati dalam memilih musiknya agar pas dengan emosi yang ditampilkan. Jadi, 'blues' di sini mewakili salah satu genre lagu yang akan mengiringi setiap kisah, sehingga semakin terasa nyata," ungkap Noh Hee Gyoung.

https://www.youtube.com/embed/WX1A-iyTAAM

Bagaimana, Bela? Siap menyaksikan banyak kisah dari 14 tokoh utama di dalam satu serial? 

Baca Juga: Riset Sampai 2 Tahun, 5 Fakta KDrama 'Forecasting Love and Weather'

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Nonton KDrama "Twenty Five Twenty One"

Baca Juga: Berakhir, 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari KDrama 'Our Beloved Summer'