Setelah mengumumkan bahwa dirinya adalah transgender, Elliot Page kembali menarik perhatian publik dengan menjadi model pria transgender pertama di sampul majalah Time. Dalam caption foto sampul bergambar dirinya di Instagram resmi Time, Elliot mengatakan bahwa kini ia sepenuhnya menjadi dirinya sendiri dan gencar menyuarakan kesetaraan bagi transgender.

Sebelum dikenal seperti saat ini, Elliot memiliki perjalanan karier yang cukup panjang dan menantang. Pada wawancaranya dengan Time, ia menceritakan sebuah percakapan dengan ibunya. Sekitar usia 9 tahun, dia akhirnya diizinkan untuk memotong pendek rambutnya. “Aku merasa seperti anak laki-laki,” katanya. “Aku ingin menjadi anak laki-laki. Aku akan bertanya pada ibuku apakah aku bisa suatu hari nanti. ”

Berikut deretan fakta Elliot Page yang perlu kamu tahu.

1. Lahir di Kanada sebagai seorang perempuan

7 Fakta Elliot Page, Transgender Pria Pertama di Sampul Majalah Timethelist.com

Elliot lahir pada 21 Februari 1987 di Halifax, Nova Scotia, Kanada sebagai seorang perempuan dengan nama Ellen Grace Philpotts-Page. Ayahnya, Dennis Page adalah seorang desainer grafis dan ibunya, Martha Philpotts adalah seorang guru.

Elliot menghabiskan masa kecilnya di Halifax ,hingga menyelesaikan sekolah menengah atas dan kemudian pindah ke Toronto. Di Toronto inilah kariernya di dunia hiburan dimulai. Pada Desember 2020 lalu, ia memutuskan untuk mengubah identitasnya menjadi laki-laki dan mengubah namanya menjadi Elliot Page.

2. Memulai karier di usia 10 tahun

7 Fakta Elliot Page, Transgender Pria Pertama di Sampul Majalah TimeDok. Internet

Pada tahun 1997, atau saat Elliot masih berusia 10 tahun, ia pertama kali terlibat dalam film berjudul Pit Pony dan berperan sebagai Maggie Maclean. Karena kesuksesan film tersebut, Pit Pony akhirnya dibuat versi serial yang tayang di CBC pada tahun 1999-2000 dan Elliot dipercaya untuk memerankan tokoh yang sama.

3. Perankan tokoh superhero

7 Fakta Elliot Page, Transgender Pria Pertama di Sampul Majalah Timescreenrant.com

Bakat akting Elliot yang luar biasa membuka kesempatan untuk mendapatkan peran menantang dan menarik lainnya. Salah satunya adalah peran sebagai superhero Kitty Pride dalam film X-Men: The Last Stand (2006) dan X-Men: Days of Future Past (2014). Tak hanya itu, Elliot juga berhasil memerankan karakter Vanya dalam serial Umbrella Academy.

Namun kesuksesan itu tidak lepas dari perasaan yang tak keruan. Kepada TIME ia mengungkapkan, “Aku tidak pernah mengenali diriku sendiri,” ucapnya. "Untuk waktu yang lama aku bahkan tidak bisa melihat foto diriku sendiri," tambahnya lagi sambil melanjutkan rasa kesulitan untuk menonton film, terutama di mana ia memainkan peran yang lebih feminin.

4. Bakat aktingnya membawa Elliot meraih banyak penghargaan

7 Fakta Elliot Page, Transgender Pria Pertama di Sampul Majalah Timehollywoodreporter.com

Tapi, dedikasinya terhadap dunia hiburan secara profesional, membawa Elliot meraih banyak penghargaan. Salah satunya melalui karakter Juno MacGuff dalam film Juno yang rilis pada tahun 2007. Juno berhasil masuk ke dalam 30 nominasi penghargaan bergengsi, salah satunya nominasi Best Actress Academy Awards atau Oscar di tahun 2008.

Dari 30 nominasi penghargaan sebagai aktris terbaik, 17 di antaranya, Elliot berhasil membawa pulang penghargaan tersebut.

5. Aktivis yang peduli lingkungan dan kesehatan anak

7 Fakta Elliot Page, Transgender Pria Pertama di Sampul Majalah Timetheguardian.com

Sukses dengan kariernya di dunia hiburan, tak membuat Elliot lupa dengan lingkungan sekitar. Ia merupakan aktivis yang vokal menyuarakan kepedulian tentang lingkungan dan kesehatan. Elliot bahkan terlibat langsung dalam film dokumenter yang memperlihatkan perjuangan warga atas bencana lingkungan yang diabaikan oleh pemerintah yang berjudul Vanishing of the Bees sebagai narator dan There's Something in the Water sebagai produser.

Tak hanya itu, Elliot juga aktif di kegiatan sosial Lunchbox Fund yang fokus pada kesehatan dan gizi anak-anak. Kini Elliot juga vokal terhadap kesetaraan transgender di lingkungan kerja.

6. Vegetarian terseksi versi PETA tahun 2014

7 Fakta Elliot Page, Transgender Pria Pertama di Sampul Majalah TimeDok. Internet

Fokus terhadap kelestarian lingkungan membuat Elliot memilih menjadi seorang vegetarian. Bahkan atas pilihan hidupnya ini, People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) memilih Elliot dan Jared Leto sebagai vegetarian terseksi pada tahun 2014 lalu.

7. Pria transgender pertama yang muncul di sampul majalah Time

Pada tahun 2014, Elliot mengumumkan bahwa dirinya adalah seorang lesbian. Pengumuman itu disampaikan di sebuah konferensi pers di Las Vegas. Elliot mengatakan bahwa ia lelah berpura-pura dan ia merasa lega telah jujur mengenai identitasnya.

Empat tahun setelah pengumuman tersebut, yakni Januari 2018, Elliot menikah dengan seorang koreografer bernama Emma Portner. Hubungan mereka kandas di tahun 2021 setelah Elliot memutuskan untuk menjadi transgender.

Kisah hidup Elliot ternyata menarik perhatian majalah Time untuk menjadikannya sebagai pria transgender pertama sebagai model sampul mereka. Kepada majalah Time, Elliot menceritakan semua hal yang dirasakan saat menjadi seorang transgender, termasuk perjuangannya mendapatkan pengakuan dan kesetaraan di kehidupan sosial.

Baca Juga: Bercerai Setelah Jadi Transgender, Ini 6 Fakta Pernikahan Elliot Page

Baca Juga: Ellen Page Jadi Elliot Page, Begini Nasib 'The Umbrella Academy 3'

Baca Juga: 7 Transgender dengan Karier Sukses di Dunia