Bagi kamu yang sangat menyukai dunia kecantikan, pasti nggak asing dengan Ryan Ogilvy. Make up artist yang mengawali kariernya sebagai jurnalis ini, tak hanya dikenal di Indonesia. Nama Ryan sudah dikenal di mancanegara lewat keahliannya merias wajah.

Saking suksesnya, orang-orang yang pernah dirias oleh Ryan pun bukan orang sembarangan. Dari Ibu Negara hingga selebritas dunia pernah menjadi kliennya. 

Ditemui di acara Judges Gathering Beauty Awards 2020 beberapa waktu lalu, Ryan sempat berbagi tips kepada Popbela agar sukses berkarier di dunia kecantikan. Seperti apa tipsnya? Simak, yuk!

1. Perbanyak relasi dan jangan ragu untuk menawarkan kerja sama dengan pihak lain

5 Tips Sukses Berkarier di Dunia Kecantikan dari Ryan Ogilvy

Jika melihat sepak terjang Ryan, ia menjadi salah satu makeup artist yang telah merintis kariernya jauh sebelum ada media sosial. Ryan mulai kariernya sebagai penata rias lewat majalah. Awalnya, Ryan banyak mengirimkan email ke berbagai majalah untuk menawarkan kerja sama. Gayung pun bersambut, salah satu majalah tertarik untuk melakukan kerja sama dengan Ryan.

Meski telah mendapatkan kerja sama dengan salah satu majalah, Ryan tak serta merta mendapat dukungan dari orang terdekat. Salah seorang temannya meragukan hal tersebut. Karena telah memiliki tujuan yang jelas, Ryan tetap melakukan pekerjaannya tersebut.

“Tujuan saya saat itu bukan untuk mempromosikan diri supaya ada yang mau make up sama saya. Tapi, yang saya tahu majalah itu nantinya akan ada di production house, di brand. Contohnya, majalah yang dulu ini ada di brand Unilever dan L’oreal. Dari situ, mereka jadi tahu kalau saya ada di majalah itu. Secara tidak langsung, mereka jadi terbiasa dan tahu kalau saya ada di majalah itu,” ungkap Ryan.

2. Konsisten dengan taste makeup yang kamu miliki

5 Tips Sukses Berkarier di Dunia Kecantikan dari Ryan Ogilvy

Tips selanjutnya yang Ryan berikan adalah supaya kamu tetap konsisten dengan taste makeup yang kamu miliki. Pria asal Pontianak ini menyarankan supaya makeup artist nggak terlalu terbawa tren. Jika bisa, justru seorang makeup artist-lah yang harus menjadi tren.

“Yang pasti sejak dulu saya punya satu taste yang saya mau, yakni neutral, simple, flawless. Saya mau, taste saya itu yang konsisten saya pegang. Saya nggak mau mengikuti tren karena menurut saya, saya harus menjadi trennya,” kata Ryan.

3. Manfaatkan media sosial untuk menyimpan hasil riasan kita

5 Tips Sukses Berkarier di Dunia Kecantikan dari Ryan OgilvyPopbela.com/Michael Richards

Bagi Ryan, kehadiran media sosial saat ini benar-benar bisa membantunya melebarkan sayap hingga ke kancah internasional. Bahkan, lewat portofolionya yang tersimpan rapi di media sosial itu pula, Ryan berkesempatan menjadi makeup artist Indonesia pertama yang bisa masuk dan merias di ajang New York Fashion Week.

“Saat ini, lewat media sosial, semua orang bisa akses portofolio dan hasil kerja kita dengan mudah tanpa batas. Karena ada smartphone, jarak kita dengan orang lain menjadi lebih dekat. Tentu hal ini membuat kita lebih nyaman dalam berkomunikasi. Terutama bagi mereka yang jauh.”

4. Tak hanya media sosial, website pribadi juga menjadi salah satu hal penting dan bentuk profesionalitas make up artist

5 Tips Sukses Berkarier di Dunia Kecantikan dari Ryan Ogilvy

Seolah media sosial tak cukup, Ryan menyarankan untuk membuat pula website pribadi sebagai wadah menyimpan database dan portofolio. Sebab menurut Ryan, hal ini sebagai salah satu bentuk profesionalitas makeup artist.

Ryan merasakan sendiri manfaat memiliki website pribadi. Lewat website-nya itu, ia dipercaya oleh Caitylin Jenner untuk meriasnya saat Caitlyn berkunjung ke Indonesia awal 2019 lalu.

“Dari sana saya belajar, bahwa Instagram itu nggak cukup. Saya merapikan database saya di internet, membuat web pribadi untuk menyimpan semua hasil kerja saya. Ternyata, orang luar negeri itu ternyata lebih percaya jika make up artist punya website pribadi dan nggak hanya Instagram. Lewat website pribadi terkesan lebih profesional juga.”

5. Bekerja dengan hati

5 Tips Sukses Berkarier di Dunia Kecantikan dari Ryan Ogilvy

Bagi Ryan, menjadi seorang makeup artist bukanlah sekadar pekerjaan. Lebih dari itu, makeup artist baginya adalah sebuah kebahagiaan. Makanya, ia selalu bekerja dengan hati saat merias siapa pun.

“Menjadi makeup artist bukan hanya sekadar profesi tapi juga kebahagiaan. Membuat perempuan bahagia karena hasil make up saya, itu juga membuat saya bahagia.”

Karena selalu tulus dalam mengerjakan profesinya, Ryan tak pernah menyangka dipercaya oleh Iriana Joko Widodo untuk meriasnya di hari pelantikan Presiden Joko Widodo.

“Sebagai orang daerah, saya juga bangga sekali bisa merias Ibu Iriana Joko Widodo. Saya dipercaya merias Ibu Iriana saat pelantikan Presiden Joko Widodo. Rasa bangga itu bukan hanya saya yang merasakan, tapi juga orangtua dan keluarga.”

Ryan Ogilvy menjadi salah satu juri yang turut berperan dalam memilih brand beauty terbaik di ajang Beauty Awards 2020. Beauty Awards 2020 akan diumumkan dalam rangkaian acara BeautyFest Asia 2020 x Shopee.

Tahun ini BeautyFest Asia 2020 by Popbela.com akan tampil secara virtual dan bisa kamu nikmati melalui website BeautyFestAsia.popbela.com. Berkolaborasi dengan Shopee sebagai exclusive online event shopping platform, kamu bisa mendapatkan berbagai penawaran produk beauty & skincare yang menarik. Jangan lupa ikutan berbagai courses & workshops selama tiga hari, 6 - 8 November 2020, dengan guest star seperti Rossa, Raisa dan global influencer tahun ini, PONY. Stay tuned!

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Anpa Suha, MUA Langganan Petinggi Negara

Baca Juga: Andre Wiredja, Fotografer Penerjemah Karakter 

Baca Juga: 5 Kunci Kesuksesan Sulung Landung untuk Para Millennials